Review Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

14/04/2018

Share this post:

Daihatsu Terios 2018

Editor rate:

Lihat promo

Lebih dari satu dekade Daihatsu tidak melakukan perubahan berarti pada Daihatsu Terios. Alih-alih mendapat perbuahan, Daihatsu hanya memberikan facelift sana-sini dan diberikan fitur penunjang tambahan tanpa merubah model bentuknya sama sekali. Sampai akhirnya tiba, peluncuran generasi ke-2 mobil ini pada November 2017 kemarin. Berikut ini adalah Spesifikasi Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe.

Review Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe
Review Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Terios 2018

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Terios 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Value for money

Kabin terasa lebih lega

Hemat bahan bakar

Perbaikan dari sisi pengendalian dan kenyamanan

Kekurangan

Layanan aftersales Daihatsu belum sebaik Toyota

Tenaga mesin lebih kecil dari versi lama

Eksterior agak terlalu mirip Honda

gambar perbandingan antara daihatsu terios 2018 x dengan daihatsu terios 2018 r

Daihatsu Terios 2018 X di sebelah kiri dan Daihatsu Terios 2018 X di sebelah kanan

Spesifikasi Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe - Berbarengan dengan saudara kembarnya, Toyota Rush, Daihatsu Terios mendapatkan perubahan wajah menyeluruh di akhir 2017 dengan penjualan mulai dilakukan pada Januari 2018. Melihat penampilannya, jangan kaget menemukan kesamaannya dengan Toyota Rush karena keduanya memang merupakan produk kolaborasi antar-unit dalan Toyota Group. Versi cintamobil.com review pada kesempatan ini adalah spesifikasi Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe. Yuk baca review selengkapnya di bawah ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Daihatsu Terios 2018

Eksterior Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya berbentuk mirip mobil jip. Perubahan bentuk baru ini membuat Daihatsu All New Terios terlihat semakin elegan dan modern, meski ada kritik menyebut bentuknya mengarah ke MPV, atau malah menjadi memiliki desain seperti Honda.

Review Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe: Desain bagian depan

gambar mobil Daihatsu Terios X AT Deluxe 2018 berarna putih dilihat dari sisi depan

Bagian depan Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe yang begitu sporty dan gagah

Desain bagian depan Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe menggunakan head lamp dengan desain menyipit yang sudah disematkan fitur DLR dan LED Position Lamp yang akan memberikan penerangan maksimal. Di bagian bumper depan terdapat fog lamp dengan bezel hitam yang menambah kesan sporty All New Terios. Gril depan didesain memiliki 4 garis horizontal dan logo Daihatsu beraksen krom yang semakin memberikan kesan gagah dan elegan.

Review Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe: Desain bagian samping

gambar bagian samping Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Bagian samping Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe yang juga terlihat sporty

Bagian samping Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe terlihat tangguh berkat adanya roof rail yang menonjol di sisi atas mobil dan shark fin antenna yang ditaruh di bagian atas mobil. Penggunaan pelek alloy berukuran 16 inci semakin menguatkan kesan sporty pada mobil ini. Dari sisi penampilan, tipe X Deluxe memiliki perbedaan dengan X biasa dengan hadirnya stiker Deluxe, muffler cutter dan spare wheel cover.

Review Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe: Desain bagian belakang

gambar bagian belakang Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Bagian belakang Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe yang terlihat sporty

Di bagian belakang Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe dilengkapi dengan stop lamp yang menggunakan lampu LED dan didesain menyatu dengan plat hitam di bagian pintu belakang sehingga semakin memberikan kesan yang sporty pada bagian belakang mobil ini. Tidak lupa ada duck tail roof spoiler di bagian belakang dan desain bumper belakang yang berbeda yang membuat mobil ini terlihat sangat sporty.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Daihatsu Terios 2018

Bagian interior Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe didesain berbeda dan memiliki beberapa fitur-fitur penunjang yang membuat bagian dalam mobil ini terasa stylish dan mewah. Interior X Deluxe pun dibedakan dengan X melalui backdoor scuff plate dan center console box.

Review Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe: Dashboard dan setir

gambar bagian interior mobil Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Bagian dashboard dan setir Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe yang terlihat sederhana

Bagian dashboard mobil ini memiliki desain interior yang terlihat lebih modern karena menggunakan kombinasi dua warna yang begitu pas berpadu. Di bagian tengah dashboard terdapat sistem audio Double Din dengan layar sentuh yang memiliki fitur seperti DVD Player, USB Port, Aux Input, dan Mirrorring. Layar sentuh ini juga mampu menampilkan suasana yang ditangkap oleh kamera parkir yang membuat parkir dan mundur semakin mudah. Fitur AC Control pada mobil ini dilengkapi dengan Double Blower dan Air Ventilation yang akan membuat ruang kabin mendapat kenyamanan yang merata.

Sayangnya untuk tipe X setir kemudinya belum dilengkapi dengan Audio Steering Switch sehinnga masih harus mengatur pilihan melalui layar sentuh pada dashboard.

Review Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe: Kursi dan Bagasi

gambar bagian kursi mobil Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Susunan kursi 3 baris Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Kursi pada Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe didesain memiliki 3 baris dan mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Kursi pada mobil ini menggunakan bahan dari fabric yang akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.

Bagian bagasi belakang Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe memiliki ruang bagasi yang lebih luas jika kursi baris ketiga tidak dipakai dan dilipat.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Daihatsu Terios 2018

gambar fitur airbag di bagian depan mobil Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Fitur airbag pada Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Fitur keselamatan pada Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe berupa bodi mobil yang sudah dilengkapi dengan Side Impact Beam sehingga mencegah bodi tidak mudah penyok ke dalam kabin ketika terjadi benturan. Fitur ini semakin lengkap dengan adanya Dual SRS Airbags yang dilengkapi dengan seat belt with pretensioner akan memberikan perlindungan khusus bagi penumpang bagian depan untuk menghindari resiko cedera berat ketika terjadi benturan. Fitur pengereman pada mobil ini dilengkapi dengan ABS dan EDB yang akan mengoptimalkan pengereman pada mobil ini.

Fitur keamanan pada Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe berupa Immobilizer dan Alarm untuk meminimalisasi terjadinya pencurian kendaraan. Selain itu ada fitur Seat Belt Warning Buzzer yang akan terus menyala dan berbunyi apabila semua seat belt-nya tidak dipakai saat mesin dihidupkan atau saat mobil ini berjalan. Tak lupa kehadiran rear parking camera, yang tidak terdapat pada Daihatsu Terios X.

>>> Klik sini untuk lihat semua tulisan review mobil Daihatsu

Operasi Daihatsu Terios 2018

gambar bagian mesin mobil Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Bagian mesin Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Mesin Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe menggunakan mesin 2NR-VE 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan sistem VVT-i dan berkapasitas 1.496 cc yang menghasilkan tenaga maksimal mencapai 104 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 137 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mobil ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis 4 percepatan.

>>> Klik sini untuk lihat daftar semua mobil dijual di pasar Indonesia dengan harga terbaik

Spesifikasi Daihatsu Terios 2018

Spesifikasi Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Tipe

2NR VE DOHC Dual VVTi, 4 silinder segaris 16 katup

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga Maksimum

104 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

137 Nm / 4.200 rpm

Diameter X Langkah

72,5 x 90,6 mm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Transmsi

Otomatis 4 Percepatan

Dimensi Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Dimensi (P x L x T)

4.435 x 1.695 x 1.705 mm

Berat

1.255 kg (Kosong) / 1.870 kg (Total)

Jarak Pijak

1.445 mm (Depan) / 1.460 mm (Belakang)

Jarak Terendah ke Tanah

220 mm

Jarak Sumbu Roda

2.685 mm

Kapasitas tangki

45 Liter

Suspensi dan Kaki-Kaki Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe

Suspensi depan

McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer

Suspensi belakang

5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

215/65 R16

Daftar Harga Daihatsu Terios 2018

Harga mobil Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe berkisar di harga Rp 215.200.000. Ini berarti ia lebih murah 34,7 juta Rupiah dari varian Toyota Rush bertransmisi otomatis.

>>> Klik sini untuk cek harga dan promosi mobil lainnya

Kesimpulan Daihatsu Terios 2018

Setelah beberapa tahun bersikeras dengan desain yang tidak mau diubah sama sekali. Akhirnya Daihatsu berani mengambil langkah untuk merubah desainnya agar mampu menarik calon pembeli mobil SUV ini. Mesin pun dibekali unit baru, plus perbaikan signifikan pada pengendalian dan kenyamanan. Harganya pun jauh lebih rendah dibandingkan dengan saudaranya yang sama-sama bertransmisi otomatis.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Handy Goeyana
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Daihatsu Terios TX 2006: Rekomendasi SUV 7-Seaters Di Harga Rp. 100 Jutaan

30/11/2018

Editor rate:

Ingatkah Anda dengan Daihatsu Terios TX? Varian tertinggi Terios di kategori Sport Utility Vehicle (SUV) besutan Daihatsu. Di zamannya, mobil berwajah tangguh ini sangat populer di hati masyarakat khususnya bagi pecinta SUV perkotaan. Ada beberapa kelebihan menarik sehingga kami menuliskannya kembali kali ini dalam review Daihatsu Terios TX 2006.

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2019 Malaysia

30/11/2018

Editor rate:

Hanya di Cintamobil.com, kami mendapatkan kesempatan istimewa mengetes mobil yang tidak dijual bebas di Indonesia. Berikut ini kami persembahkan review Daihatsu Sirion Malaysian Domestic Market atau di Malaysia akrab disapa dengan Perodua Myvi 1.5L AV 2019

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2015: Hatchback Paling Sporty Di Kelasnya

10/01/2019

Editor rate:

Dari lini Hatchback, Daihatsu memiliki dua model Line-Up yakni Ayla yang dibanderol mulai Rp. 90 jutaan dan Sirion dengan harga mulai Rp. 180 jutaan. Jika Anda menginginkan performa dan fitur mumpuni lebih daripada Ayla, Sirion bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik dari kami. Ada beberapa keunggulan menarik yang ditawarkan oleh mobil satu ini. Kira-kira apa ya? Mari kita cari tahu bersama dalam review Daihatsu Sirion 2015.

Lihat juga

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Rp 183.350.000

16/01/2019

Editor rate:

Lima belas tahun silam Daihatsu meluncurkan kendaraan MPV Daihatsu Xenia yang menjadi mesin penggerak kesuksesan Daihatsu hingga kini. Dan dengan usia ‘remaja’ tersebut, Daihatsu kini semakin membawa Xenia ke level lebih dewasa dengan jantung pacu baru dan tampilan yang lebih berkelas.

Lihat juga

Review Daihatsu Ayla 1.2 R AT Deluxe 2017

Rp 151.850.000

07/02/2019

Editor rate:

Mobil LCGC 5-Seater dari Daihatsu ini kini sudah menginjak usia dua tahun. Apakah mobil ini masih relevan digunakan sebagai kendaraan sehari-hari keluarga maupun masyarakat urban?

Lihat juga
back to top