Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: SUV Macho dengan Harga Menggoda

08/05/2020

Share this post:

Daihatsu Terios 2008

Editor rate:

Rp. 95.000.000

Jual mobil Daihatsu Terios Lihat promo

Jika Anda mencari sebuah mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) dengan harga menarik maka Anda harus melirik mobil ini: Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: SUV Macho dengan Harga Menggoda
Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: SUV Macho dengan Harga Menggoda
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Terios 2008

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Terios 2008 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan gagah

Harga terjangkau

Mesin bertenaga

Kekurangan

Tanpa ABS dan Airbag

Konsumsi BBM tidak begitu irit

Headrest tidak di semua kursi

Gambar menunjukkan Daihatsu Taruna F-Series

Daihatsu Taruna merupakan pendahulu Terios

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 - Membahas Daihatsu Terios tentunya tidak terlepas dari pembahasan Daihatsu Taruna. Sebenarnya Terios yang dipasarkan di Indonesia adalah generasi kedua. Generasi pertama dari Daihatsu Terios sendiri di Jepang dan berbagai negara lain bernama Daihatsu Be-Go. Daihatsu Indonesia sengaja tidak menggunakan nama tersebut karena berkonotasi negatif. Taruna sendiri cukup sukses diterima oleh pasar mobil Indonesia lantaran value for money yang ditawarkan menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

Gambar menunjukkan tampak eksterior belakang Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Terios pertama kali diperkenalkan bulan desember tahun 2006 dan dijual 2017

Daihatsu Terios pertama kali diperkenalkan di publik Indonesia bulan Desember tahun 2006 dan diluncurkan sebagai model untuk dijual setahun setelahnya. Selama usianya yang panjang sampai 2017, Terios mengalami beberapa kali ubahan, yang pertama tahun 2009 berubah sekitar bumper depan dan belakang, ubahan agak banyak terjadi di tahun 2013 dimana bumper dan detail interior berubah. Kini saatnya membahas Daihatsu Terios TS Extra MT 2008, yang mana jadi SUV dengan perawakan macho namun berharga menarik.

Eksterior Daihatsu Terios 2008

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Grill depan mobil tes kami ini sudah tidak orisinal

Bagian eksterior depan Daihatsu Terios tipe TS Extra 2008 ini tampil kokoh dan berkarakter. Bahkan bila dibandingkan dengan All New Daihatsu Terios yang terasa lebih ke arah MPV (Multi Purpose Vehicle) dibandingkan SUV (Sport Utility Vehicle). Sayangnya, untuk tipe TS Extra ini headlampnya belum menganut proyektor dan masih multi reflektor biasa dengan bohlam jenis halogen. Fog Lamp dan grill tanpa logo Daihatsu yang terlihat pada gambar merupakan tambahan dari pemilik mobil.

Gambar menunjukkan headlamp Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Headlamp Tipe TS dan TS Extra masih belum menganut model proyektor

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Aslinya pakai pelek kaleng berdiamter 15 inch

Lanjut ke bagian samping mobil Daihatsu Terios dengan trim TS Extra ini, yang langsung terlihat adalah kelengkapan pada mobil ini yang trondol. Maklum saja, TS Extra merupakan tipe kedua terbawah dari Terios pada tahun tersebut. Kini tipe TS Extra setara dengan trim X pada Daihatsu All New Terios. Pelek yang digunakan di mobil tes kami ini bawaan Honda HR-V, untuk pelek aslinya sendiri menggunakan diameter 15 inci berbahan baja. Demikian juga cover spion berlapis krom merupakan tambahan dari pemilik mobil.

Gambar menunjukkan spion Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Spion masih harus diatur manual dengan tangan dan tidak terdapat cover spion chrome ini

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Ban serep 'konde' menambah aura macho

Pada bagian buritan inilah Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 terlihat macho. Ban serep yang terpasang pada pintu bagasi menyerupai ikatan konde pada rambut. Desain seperti ini membuat mobil ini seolah memiliki karakter tersendiri O ya, ban belakang yang tertutup cover juga membuatnya terlindung dari kotoran. Sayangnya, karena TS Extra merupakan trim rendah, ia tidak dilengkapi dengan wiper belakang, defogger kaca belakang, bahkan juga tidak dilengkapi dengan sensor parkir.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Daihatsu Terios 2008

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Layout Dashboard

Gambar menunjukkan layout dasbor Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Layout dashboard yang sama tetap bertahan hingga 10 tahun masa peredaran

Layout dashboard pada Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 ini cukup timeless. Lantaran desain yang sama terus dipertahankan bahkan hingga 10 tahun masa peredaran Terios model ini. Tata letak tombol maupun kompartemennya juga terbilang sederhana dan fungsional. Sayangnya, dashboard ini minim tempat penyimpanan, hanya ada satu buah laci penyimpanan tertutup, satu buah asbak dan satu buah tempat penyimpanan terbuka yang terletak di depan tuas transmisi.

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Kursi

Gambar menunjukkan kursi depan Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Kursi depan memang lega...

Meski dari luar terlihat dimensi Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 ini besar, namun tidak dengan interior di dalamnya. Kabin Terios ini terasa pas-pasan terutama legroomnya, apalagi jika Anda duduk di kursi baris kedua dan ketiga. Untunglah, hal tersebut tidak terasa ketika Anda duduk di kursi penumpang depan atau kursi pengemudinya. Pengaturan joknya juga cukup lengkap, untuk kursi pengemudi dapat diatur kerebahan joknya (reclining) dan juga sandarannya dapat diatur ketinggiannya (height adjuster).

Gambar menunjukkan kursi baris ketiga Daihatsu Terios TX Extra MT 2008

Tapi leganya kursi depan tidak diikuti oleh kursi baris kedua dan ketiga

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Bagasi terasa luas hanya bisa kursi baris ketiga tidak digunakan

Bagasi Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 memang terlihat luas di foto, namun itu tidak terjadi ketika seluruh kursi digunakan untuk membawa penumpang. Padahal salah satu keunggulan Daihatsu Terios pada tahun tersebut bila dibandingkan dengan Toyota Rush adalah kemampuannya mengangkut tujuh penumpang yang tak akan Anda temukan di saudara Toyota-nya. Apalagi kursi paling belakang juga tidak bisa dilipat dengan format 50:50 dan mengangkat kursi ini terasa berat membuat kabin Terios ini terasa kurang praktis.

>>> Baca juga:

Fitur Daihatsu Terios 2008

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan head unit Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

TS Extra sudah mendapat head unit aftermarket ini...

Salah satu keunggulan trim TS Extra pada Daihatsu Terios adalah kemampuan mobil ini menghadirkan tatanan sistem audio. Maklum saja, seingat kami pada tahun tersebut tipe TS sebagai trim terendah tidak menyediakan perangkat audio apapun. Tapi pada Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 ini sudah dilengkapi dengan head unit double din dengan kemampuan kaset serta memutar kepingan CD, dan tentunya menangkap gelombang sinyal radio. Kualitas suaranya juga seadanya, karena tanpa dilengkapi tweeter.

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan teromol rem

Terios keluaran pertama tidak tersedia peranti keselamatan aktif maupun pasif

Pada Daihatsu Terios generasi awal semua tipenya dari mulai TS hingga TX tidak ada yang dilengkapi dengan peranti keselamatan aktif seperti rem ABS (Anti-lock Braking System) apalagi EBD (Electronic Brake-force Distribution) maupun peranti keselamatan pasif seperti dual SRS Airbag. Baru pada saat facelift pertama tahun 2009 peranti tersebut sudah tersedia. Namun, jangan khawatir seluruh kursi sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman dan dua buah rem cakram di roda depan serta dua rem tromol pada buritan cukup siap menghentikan laju dengan sigap.

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Panel Instrumen

Gambar menunjukkan panel instrumen Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Indikator terlihat keren di masanya

Panel instrumen Daihatsu Terios tipe TS Extra MT 2008 ini sama dengan yang digunakan trim tertingginya yakni TX bahkan saudara satu perakitannya yakni Rush. Hanya ada tiga buah dial besar yang fungsinya masing-masing untuk takometer, spidometer dan indikator suhu. Sementara indikator digital hanya untuk menunjukkan fuel meter, odometer lengkap dengan trip A dan B. Terlihat sederhana, namun pada masanya panel ini terlihat cukup modern.

>>> Review Toyota Fortuner VRZ 2017: Lebih Sporty, Modern dan Mewah!

Operasi Daihatsu Terios 2008

Gambar menunjukkan mesin 3SZ-VE Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Mesin 3SZ-VE bertenaga di putaran rendah

Mesin yang digendong oleh Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 ini pun masih sama dengan Terios yang meluncur pertama kali di 2007. Yakni unit 4-silinder 1.500 cc berkode 3SZ-VE. Sebenarnya mesin ini cukup bertenaga dan efisien dalam mengolah bahan bakar, hanya saja bobot serta rasio gigi Terios yang kasar dari lahir justru membuatnya relatif boros bahan bakar. Bagaimana tidak 'kasar'? Saat mobil dipaksa melaju konstan pada kecepatan 100 km/jam saja, di transmisi manual rpm-nya sudah 'teriak' di angka 3.700 rpm.

Gambar menunjukkan tampak depan Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Dimensi kompak membuat mobil ini lincah di perkotaan

 

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 109 ps atau sekitar 106,5 hp pada putaran mesin  6,000 rpm dan torsi sebesar 140 Nm yang dicapai pada putaran mesin  4,400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan. Karakter tenaga Terios ini terasa galak terutama di putaran rendah, namun saat dibawa keluar kota tenaga putaran atasnya terasa kurang disebabkan oleh karakter rasio giginya tadi. Jika mesin sehat konsumsi BBM mobil ini untuk dalam kota berkisar di 10 kilometer per liter.

>>> Review All New Toyota Rush G 2019: Medium SUV Keluarga Teraman di Tanah Air

Spesifikasi Daihatsu Terios 2008

Berikut ini adalah spesifikasi Daihatsu Terios TS Extra MT 2008.

Mesin Daihatsu Terios TS Extra MT 2008
 Seri mesin  3SZ-VE, 4 Silinder Segaris, DOHC, VVT-i
 Pasokan Bahan Bakar  Electronic Fuel Injection
 Jumlah Katup  4 Katup Per Silinder (2 Inlet & 2 Outlet)
 Tenaga Maksimum  106,5 Hp (109 Ps) @ 6,000 rpm
 Torsi Maksimum  140 Nm @ 4,400 rpm
 Kapasitas Silinder  1,495 cc
 Bore X Stroke  72,0 mm X 91,8 mm
 Tipe Transmisi  Manual 4 Percepatan, Penggerak Roda Belakang
  Rangka Daihatsu Terios TS Extra MT 2008
  Panjang X Lebar X Tinggi  4.385 mm x 1.745 mm x 1.740 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,685 mm
 Jarak Terendah Ke Tanah  200 mm
 Jumlah Tempat Duduk  7-Seats
 Kapasitas Tangki  45 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Daihatsu Terios TS Extra MT 2008
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut with Coil Spring & Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring
Sistem Kemudi  Rack and Pinion with Hydraulic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc Brake & Drum Leading Triling Brake
Teknologi Sistem Pengereman  N/A
Teknologi Safety Sasis  Side Impact Beam
Struktur Sasis  Semi Monokok, A-Segment
 Pelek  Steel, 15 inch
Jenis Ban  Radial, 215/65 R15

Daftar Harga Daihatsu Terios 2008

Gambar menunjukkan harga bekas Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Dengan harga hampir Rp100 juta Anda sudah bisa memiliki SUV macho ini

Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 dijual antara Rp 90 hingga Rp 105 juta tergantung kondisi aktual kendaraan. Saran kami jika ingin membelinya dalam keadaan bekas, pastikan riwayat servis mobil yang Anda incar tercatat dengan benar. Jangan ragu minta bukti (bon) penggantian part mengingat mobil ini sudah berusia lebih dari 10 tahun. Dan pastikan mobil tidak bekas terkena tabrakan parah dan tidak pernah terendam banjir.

>>> Mau membeli mobil Daihatsu Terios TS Extra? Klik sini untuk mendapat tawaran terbaik

Kesimpulan Daihatsu Terios 2008

Gambar menunjukkan kesimpulan review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008

Kami merekomendasikan mobil ini, sebab...

Mobil ini layak untuk dimiliki oleh Anda yang mencari mobil SUV kompak untuk tujuh penumpang. Apalagi bagi Anda yang akses jalan tempat tinggalnya tidak rata, ground clearance tinggi yang mencapai 20 cm membuat mobil ini sangat mumpuni untuk digunakan di berbagai kondisi jalan. Terlebih PT Astra Daihatsu Motor menjamin ketersediaan suku cadang mobil ini serta pelayanan bengkel resminya bisa dibilang ramah dan solutif. Namun, semua itu harus dibayar dengan konsumsi BBM mobil ini yang patut diakui tidak bisa dibilang irit.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Toyota C-HR GR Sport 2019: Tak Hanya Terlihat Makin Sporty

29/10/2019

Editor rate:

Bagaimana jika mobil yang dari awal sudah tampil sporty kini diberikan sentuhan yang lebih sporty? Tapi, ketika ditelisik lebih dalam, mobil ini tak hanya terlihat makin sporty, tapi lebih dari itu. Mari simak ulasan lengkap kami tentang mobil Toyota C-HR GR Sport 2019.

Lihat juga

Review Honda CR-V 2020: Ucapkan Selamat Datang Pada SUV Hybrid Pertama Besutan Honda

16/10/2019

Editor rate:

Honda CR-V 2020 akhirnya mendarat di Amerika Serikat, mengusung teknologi Hybrid untuk pertama kali dalam sejarah. Fitur-fiturnya pun semakin lengkap, memprioritaskan kenyamanan berkendara serta bodi tangguh. Mari kita intip bersama dalam review Honda CR-V 2020.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson GLS 2005: SUV Enak Dengan Harga Bekas Kini Rp 60 Jutaan

05/10/2019

Editor rate:

Inilah SUV yang cukup diperhitungkan merek lain asal Jepang. Kehadirannya mampu mencuri perhatian dengan bentuk tak lazim plus transmisi otomatis shifttronic. Lantas, dengan harga bekasnya yang kini hanya Rp 60 jutaan, layakkah ia untuk dimiliki?

Lihat juga

Review Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012: Mau Beli LCGC? Mobil Ini Seharga LCGC Dan Jauh Lebih Bergengsi!

29/09/2019

Editor rate:

Dalam kondisi baru, mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 306 juta (tahun 2012), namun kini Anda bisa miliki dengan uang tak sampai Rp 150 juta. Inilah ulasan kami mengenai Mitsubishi Outlander Sport GLS CVT 2012.

Lihat juga

Review Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo A/T 2016: Versi Pamungkas Dan Tertinggi Toyota Rush Berkonde

28/09/2019

Editor rate:

Inilah pembaharuan terakhir yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor terhadap salah satu produk andalannya. Yakni Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo. Mobil ini menjadi varian top of the line Rush saat itu bahkan diatas TRD Sportivo. Apa istimewanya mobil ini?

Lihat juga