Review Chevrolet Orlando 2012

19/01/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,3
Chevrolet Orlando merupakan sebuah mobil MPV yang dilucurkan untuk pasar internasional. Dengan mengambil desain yang cukup lebar, mobil ini mendapatkan cukup banyak perhatian dari para penggemar otomotif di seluruh dunia. Lalu, bagaimanakah sebenarnya performa dari mobil yang diluncurkan? Berikut ini adalah sedikit review Chevrolet Orlando 2012!

PENGANTAR Chevrolet Orlando 2012

Review Chevrolet Orlando 2012 - Chevrolet Orlando merupakan produk General Motors yang dikembangkan di Korea untuk pasar global di dunia. Dengan meningkatnya  permintaan untuk pasar MPV di negara-negara Asia, Chevrolet Orlando menjadi salah satu produk unggulan untuk bersaing dalam segmen pasar ini.  Chevrolet Orlando merupakan pengembangan dari Chevrolet Cruze yang didesain ulang untuk mendapatkan kendaraan yang mampu menampung penumpang lebih banyak. Diperkenalkan pertama kali dalam ajang Paris Motor Show tahun 2008 dan dirilis untuk pasar internasional pada tahun 2011. Mari kita lihat sedikit review Chevrolet Orlando 2012 yang cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia ketika pertama kali diluncurkan. 

EKSTERIOR Chevrolet Orlando 2012

Desain sporty

Secara desain, Chevrolet Orlando memilii bentuk yang cukup boxy dan agak kaku ala mobil Amerika. Bila dibandingkan dengan MPV pesaingnya seperti Avanza atau Ertiga, beberapa review Chevrolet Orlando 2012 menyebutkan bahwa mobil ini memang nampak lebih bongsor, tetapi dalam kenyamanan rasanya mobil ini tidak akan kalah dengan para pesaingnya. Untuk cek informasi itu, mari kita membahas satu bersatu, mulai dari eksterior Chevrolet Orlando 2012 dulu ya. 

Desain bagian depan 

Gambar Mobil Chevrolet Orlando 2012 berwarna silver dilihat dari bagian depan

Bagian depan terlihat cukup gagah dengan front grill cukup beasr

Di bagian depan desainnya cukup gagah dengan menggunakan front grill yang cukup besar ala mobil truck Amerika serta headlamp dengan ukuran yang cukup besar. 

Desain bagian samping 

Gambar mobil Chevrolet Orlando 2012 berwarna merah dilihat dari sisi samping sedang berlaju di jalan

Bagian samping elegan dan aerodinamis

Walaupun nampak sangat boxy, mobil ini bila dilihat dari samping cukup terlihat elegan dan aerodinamis. Tetapi, memang tidak bisa sembunykan bahwa untuk desain sebuah mobil diatas tahun 2012, Chevrolet Orlando ini bisa dibilang nampak sebagai mobil yang keluar di akhir era 90-an. 

Desain Bagian belakang

Mobil Chevrolet Orlando 2012 berwarna merah dilihat dari bagian belakang sedang parkir di dekat sungai

Bagian belakang kelihatan sangat sederhana

Kesan boxy dibagian belakang memang sangat terasa di mobil ini, dengan desain yang cukup sederhana, mobil ini berusaha menunjukkan sedikit kemewahan dengan sentuhan chrome di bagian tengah. Selain itu kita juga bisa melihat rear guard untuk meningkatkan kesan crossover yang berusaha diusung oleh mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Chevrolet Orlando 2012

  • Ruang kabin nyaman

Gambar ruang kabin mobil Chevrolet Orlando 2012 dengan kursi berwarna abu-abu

Ruang kabin Orlando 2012 memberikan rasa nyaman

Desain Chevrolet Orlando yang boxy sebenarnya digunakan bukan tanpa alasan. Mobil yang memang didesain untuk tujuh orang penumpang ini berusaha memberikan kenyamanan secara maksimal. Dengan desain yang cukup boxy, mobil ini memiliki ruang yang cukup luas untuk bagian kepala dan kaki penumpangnya agar lebih nyaman.

  • Desain bagian dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Chevrolet Orlando 2012 dengan warna tema yaitu abu-abu

Dashboard Chevrolet Orlando 2012 cukup dinamis dan canggih

Desain dashboard dari review Chevrolet Orlando 2012  ini bisa dibilang cukup rapih dengan desain yang meningkat untuk setiap pengaturan. Bentuknya cukup dinamis dan canggih, menimbulkan kesan yang berbeda dibandingkan dengan desain bodynya yang sangat kaku.   

  • Desain bagian setir

Gambar bagian steering mobil Chevrolet Orlando 2012 dengna warna utama yaitu hitam

Bagian setir sudah ada fitur audio steering switch

Desain setir mobil ini cukup sederhana dan hanya mengandalkan sentuhan chrome di beberapa bagian saja dengan fitur audio steering switch.

  • Desain kursi

Gambar bagian kursi belakang mobil Chevrolet Orlando 2012

Kursi Chevrolet Orlando 2012 sangat kaku karena menggunakan meterial dari kain

Desain kursi dari mobil ini bisa diblang sangat kaku dengan menggunakan material dari kain. Walaupun begitu, ruang untuk kepala dan kaki dari penumpang cukup mendapat prosi yang luas sehingga masih cukup nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

  • Ruang bagasi

Gambar ruang kabin mobil Chevrolet Orlando 2012 dengan sebuah bagasi yang luas

Orlando memiliki ruang bagasi berkapasitas 108 liter

Ruang bagasi mobil ini memang tidak terlalu besar yaitu hanya memiliki kapasitas sebesar 108 liter saja. Tetapi bila Anda membutuhkan ruang yang lebih besar, cukup melipat kursi di baris ketiga maka Anda akan mendapat ruang yang cukup luas karena permukaan bagasi yang rata. Bagus kan interior Chevrolet Orlando 2012 ini?

>>> Mungkin Anda tertarik:

FITUR Chevrolet Orlando 2012

Dari sisi fitur Chevrolet Orlando 2012 memiliki fitur keselamatan dan hiburan sebagai berikut.

  • Fitur keselamatan

Untuk fitur keselamatan, mobil ini tergolong sangat royal dalam memberikan fitur ini karena memberikan banyak airbag untuk penumpang depan hingga ada knee airbag. Fitur lainnya yang ada di mobil ini adalah adanya traction control untuk mengatur traksi dari kendaraan ini diantaranyassafety belts, Anti-locking brakes dengan Hydraulic Brake Assist sudah tersedia untuk mobil ini. Untuk keamanannya sendiri dilengkapi dengan fitur Alarm dan Immobiliser

  • Fitur hiburan

Di bagian hiburan terdapat sebuah head unit yang cukup canggih untuk memainkan musik dari CD dan juga USB. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh mobil ini adalah adanya sistem navigasi GPS dalam dashboard sehingga memudahkan Anda untuk berkendara. 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan review mobil lainnya

OPERASI Chevrolet Orlando 2012

Gambar bagian mesin mobil Chevrolet Orlando 2012

Mesin LT 1.8 AT mobil CHevrolet Orlando 2012

Di bagian mesin Chevrolet Orlando 2012 menggunakan mesin LT 1.8 AT dengan teknologi Double Continous Variable Cam Phasing (D-CVCP). Mesin ini memiliki tenaga sebesar 141 Ps dan bisa menghasilkan torsi maksimal hingga 176 Nm pada putaran mesin 3.800 Rpm. Dengan tenaga sebesar ini sebenarnya mesin Chevrolet Orlando memang tidak terlalu spesial, tetapi dengan teknlogi pendukung dan body monoqocoque membuat mobil ini akan sangat nyaman untuk dikendarai. Untuk bagian suspensinya sendiri, mobil ini menggunakan McPherson Strut di bagian depan dan Compound Crank Axle untuk memberikan kenyamanan maksimal ketika digunakan.

>>> Untuk cek harga mobil baru atau bekas di Indonesia, klik sini

spesifikasi Chevrolet Orlando 2012

Berikut ini adalah spesifikasi Chevrolet Orlando 2012.

Mesin Chevrolet Orlando 2012

Tipe mesin

LT 1.8 AT

Diameter x langkah

80,5 X 88,2 MM

Daya maksimal

141 PS/6.200 RPM

Torsi maksimal

176 NM/3.800 RPM

Sistem suplay bahan bakar

Multi point Fuel injection

Tipe bahan bakar

Gasonline

Transmisi

6 speed automatic triptonic

Dimensi Chevrolet Orlando 2012

P x L x T

4.652 x 1.836 x 1.633 mm

Wheelbase

2.700 mm

Ground clearance

Ground clearance

Kapasitas tangki

64 liter

Kaki-kai Chevrolet Orlando 2012

Suspensi depan

McPherson Strut

Suspensi belakang

Compound Crank Rear Axle

Rem depan

Ventilated disc

Rem belakang

Solid disc

Ban

225/50 R17

 

kelebihan & kekurangan Chevrolet Orlando 2012

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Chevrolet Orlando 2012 yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Teknologi cukup tinggi

Sparepart mahal

Build quality terbaik dan ruangan kabin luas

Bentuk tidak terlalu menarik

Fitur keamanan penumpang sangat baik

Tenaga mesin kecil

daftar harga Chevrolet Orlando 2012

Berikut ini adalah daftar harga Chevrolet Orlando  2012 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya.

Tipe mobil

Harga Chevrolet Orlando 2012

Chevrolet Orlando 1.8 LT

Rp 200-250 juta

*) Harga Chevrolet Orlando 2012 di atas merupakan harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu 

Video Chevrolet Orlando 2012

KESIMPULAN Chevrolet Orlando 2012

Sebagai sebuah kendaraan MPV, Chevrolet mencoba menawarkan pilihan lain dalam produk Orlando kepada masyarakat Indonesia. Bentuknya yang tidak umum untuk sebuah mobil MPV memungkikan para penggunanya mendapatkan pengalaman berbeda dalam berkendara dengan mobil ini. Beberapa review Chevrolet Orlando 2012 banyak menyoroti masalah pada mahalnya biaya maintenance dan juga kekuatan mesin dari mobil ini. Tetapi dengan kualitas teknologi dan pembuatan, sebenarnya memang sangat wajar mengingat mobil ini memilliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil buatan Jepang. Jadi, bila Anda sedang mencari sebuah mobil MPV dengan fitur berkelas maka mobil ini bisa menjadi pilihan Anda. 

 

Ryan Sugandy
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil