Review Chevrolet Captiva 2010

05/01/2018

Share this post:

Chevrolet Captiva 2010

Editor rate:

Rp 120.000.000 - 150.000.000

Lihat promo

Nama Captiva memang bukanlah nama baru di industry otomotif. Mobil besutan Chevrolet ini sudah malang melintang di berbagai lintasan sejak memulai debutnya di tahun 2006 silam. Sekedar meremain, kami akan coba mengulas Captiva edisi 2010 yang notabene merupakan generasi pertama dari SUV asal negeri paman Sam ini. Seperti apa penampakannya? Semua jawaban ada dalam tulisan review Chevrolet Captiva 2010 ini.

Review Chevrolet Captiva 2010
Review Chevrolet Captiva 2010
0 Gambar

Pengantar Chevrolet Captiva 2010

Mari kita simak spesifikasi Chevrolet Captiva 2010 di bawah ini.

Kelebihan

Konsumsi BBM Irit

Fitur Keamanan Lengkap

Tenaga Besar

Kekurangan

Suspensi Terasa Kasar

Sparepart Mahal

Seat Baris Ketiga Terlalu Sempit

 

Gambar mobil CHevrolet Captival 2010 berwarna hitam dilihat dari bagian depan dan bagian itu cukup garang

Chevrolet Captiva 2010 SUV Elegan yang Siap Melibas Berbagai Lintasan

Review Chevrolet Captia 2010 - Captiva merupakan mobil asal Amerika yang memang coba dipasarkan di berbagai negara dengan market yang menyukai mobil elegan namun tetap mampu menampung banyak penumpang. Asia dan Australia menjadi sasaran market dari Chevrolet untuk Captiva. Mobil ini sendiri resmi masuk ke Indonesia pada tahun 2007 silam. Kecenderungan konsumen tanah air yang gemar memakai mobil dnegan kapasitas penumpang banyak menjadi landasan General Motor Indonesia (GMI) selaku distributor Chevrolet untuk tanah air membawa SUV gemuk ini ke Indonesia.

Di samping memiliki postur besar dan mampu membawa banyak penumpang, Captiva juga memiliki nilai jual lain yakni mesin yang bandel, handling yang mumpuni hinnga fitur yang melimpah demi menunjang kenyamanan. Dan, tiga tahun setelah prototype anyar diluncurkan, tiga tahun berselang GMI membawa mobil ini dengab berbagai pembaharuan demi membuatnya terlihat begitu fresh. Apa saja yang ditawarkan Captiva 2010? Dan, bagaimanakah wujud dari mobil ini? Berikut ini adalah review Chevrolet Captiva 2010 dari cintamobil.com.

Eksterior Chevrolet Captiva 2010

Dari sisi eksterior Chevrolet Captiva 2010 memiliki body yang tidak menggambarkan mobil asal Amerika yang cenderung berbentuk mengotak hingga ke bagian belakang. Captiva justru lebih terlihat sebagai mobil SUV Asia. Bahkan jika mau diperhatikan secara seksama, Captiva 2010 nampak 11-12 dengan Honda CR-V. Namun tentunya Chevrolet melakukan pembenahan agar mobil ini tak terlihat begitu mirip dengan kompetitornya yakni dengan membuat dimensinya nampak lebih besar dan tinggi demi pancarkan jatidiri sebagai mobil Amerika. Apakah bentuk desain Captiva sendiri merupakan kompromi pasar karena mobil ini sendiri akan beredar di negara Asia? Entahlah.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Chevrolet Captiva 2010 berwarna abu-abu dilihat dari bagian depan

Sisi depan yang cukup garang bukan?

Di bagian depan, Captiva nampak begitu sangar dengan menyematkan lampu besar yang sudah disusupi teknologi halogen sebagai dasar pencahayaannya. Sementara di bagian grill, desain membelah dua yang disematkan nampak membuat sisi ini begitu elegan. Tak lupa pula, aksen chrome di bagian list dihadirkan guna membaut tampilannya sedikit lebih mewah. Sementara untuk menghadirkan identias, logo Chevrolet dihadirkan pada sisi tengah dan diberikan ruang khusus. Nantinya, penempatan logo ini menjadi trademark Chevrolet untuk mobil lain di tahun-tahun berikutnya.

Bergeser ke bagian bawah, tersemat bumper berukuran besar yang mengusung kesan aerodinamis. Kesan tersebut muncul karena keberadaan beberapa rongga di sisi bumper seperti di bagian tengah, kiri dan kanannya. Terkhusus di dua bagian terakhir, list chrome dengan lajur tipis dihadirkan. Selain itu, tersemat pula spoiler bergradasi di bagian bawahnya. Untuk mempercantik sisi bumper, dihadirkan pula fog lamp untuk menambah pencahayaan saat mobil melaju di medan-medan yang minim pencahayaan.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Chevrolet Captiva 2010 barwarna putih dilihat dari bagina samping

Kesan minimalis terasa di bagian samping Chevrolet Captiva 2010

Bergerak ke samping, Captiva memiliki kesan elegan dengan menyematkan sein di kedua sisi spion. Keberadaan sein tersebut sengaja disematkan agar sisi ini tak terlihat kering. Sementara di bagian pintu, tersemat guratan garis yang melintang dari depan hingga ke belakang. Keberadaan garis ini juga membuat Captiva menjadi lebih dinamis. Sebagai tambahan, spoiler berwarna hitam dope dihadirkan di bagian bawha guna mengisi kekosongan. Untuk menampung barang tambahan berkapasitas besar, roof rail berwarna silver juga dihadirkan.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Chevrolet Captiva 2010 berwarna abu-abu dilihat dari bagian belakang

Kesan garang dan berotot tersaji di bagian belakang

Meluncur ke bagian belakang, nuansa Fortuner lama hadir disini. Hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan lampu belakang yang berukuran besar. Kaca belakang berukuran besar juga membuat mobil ini nampak begitu perkasa. Di samping itu, spoiler berwarna hitam dope juga kembali dihadirkan. Artinya, dari bagian depan hingga ke belakang, Captiva 2010 memang dihadirkan dengan spoilernya yang membentang guna melapisi sisi bawah. Sebagai penutup, duo knalpot dihadirkan guna membuat mobil ini memiliki sedikit kesan sporty. Secara keseluruhan, Chevrolet memang sengaja membuat mobil ini mirip dengan kompetitornya guna mempermudah konsumen dalam memilih. Meskipun terasa sama, jelas ada perbedaan yang disematkan di beberapa sisi bukan?

>>> Baca juga:


Interior Chevrolet Captiva 2010

Setelah menilik berbagai sisi eksterior dari mobil ini, kini tiba waktunya untuk mendedah lebih lanjut bagian  interior Chevrolet Captiva 2010. Di sisi dalamnya, mobil ini masih mengusung kenyamanan layaknya mobil sedan pada umumnya. Selain itu, material bagian dalam juga dibuat semaksimal mungkin guna meredam suara bising dari bagian luar agar tak menyelinap ke sisi kabin. Di samping itu, tersemat pula berbagai fitur terbaik guna menunjang pengalaman berkendara.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Chevrolet captiva 2010

Sisi dashboard sudah dilengkapi penunjang infotaiment

Untuk berbagai fitur penunjang kenyamanan, sisi dashboard menjadi opsi terbaik untuk meletakan fitur multimedia. Di bagian tersebut, tersemat fitur multimedia yang siap suguhkan berbagai musik terbaik melalui perangkat CD, Digital hingga radio. Semuanya dikemas dalam satu kesatuan utuh. Di samping itu, tersemat pula fitur USB yang juga bisa berfungsi untuk menjaga ponsel anda tetap dalam keadaan full. Di bagian atas, tersemat tiga lubang Ac yang siap memberikan kesejukan ke seluruh ruangan kabin. Sementara di bagian bawah, tersemat tombol-tombol standar seperti lampu hazard, pengatur Ac dan Volume hingga rongga kecil di bagian tengah untuk meletakan koin maupun uang.

  • Setir

Gambar bagian setir mobil Chevrolet Captiva 2010

Sisi setir sudah dilengkapi dengan steering switch control

Bergeser ke bagian setir, Captiva 2010 sudah dilengkapi dengan steering switch control yang berguna untuk mengatur besar keculnya suara pada fitur multimedia di bagian tengah. Material leather di bagian setir juga dirasa cukup nyaman untuk digenggam. Satu yang terpenting, sisi ini sudah dilengkapi dengan fitur powersteering yang siap memberikan keramahan bantingan saat dibutuhkan. Sebagai pelengkap, speedometer dengan tiga panel sudah disiapkan guna memberikan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari jarak tempuh yang digunakan, penggunaan bahan bakar dan lain sebagainya. Di sisi kanan juga sudah tersemat fitur electric spion yang berfungsi untuk mengatur letak spion dari sisi kabin.

  • Kursi

Gambar mobil Chevrolet Captiva 2010 dengan bagian kursi berwarna coklat muda

Sisi seat ditasa cukup nyaman dan mumpuni untuk menunjang kaki dan kepala

Di bagian kursi, mobil yang mampu menampung 7 orang ini tak memiliki material yang mewah. Meski demikian, material leather tersebut dirasa cukup bersahabat untuk menopang kenyamanan penumpang sepanjang menempuh perjalanan.  Selain itu, ruang di sisi kursi pertama dan kedua juga masih cukup mumpuni. Untuk seat ketiga, penumpang mungkin akan merasa kurang nyaman karena ruang yang disediakan cukup terbatas. Sehingga mobilitas yang dapat dilakukan pada sisi ini terbilang cukup minim. Namun, apabila seat ketiga kurang fugnsiona, seat ini bisa dilipat guna memberikan space tambahan di bagian kargo. Sekedar catatan, sisi kargo sendiri dirasa cukup mumpuni. Pelipatan kursi baris ketiga bisa dilakukan apabila barang yang dibawa melebihi batas maksimum bagasi.

>>> Mungkin Anda tertarik:

Fitur Chevrolet Captiva 2010

Gambar mobil Chevrolet Captiva 2010 dengan airbag di bagian depan

Airbag yang mampu mengurangi resiko cidera saat kecelakaan

Sebagai SUV tangguh, rasanya agak mengherankan jika Captiva tak dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan untuk membuat mobil menjadi lebih nyaman dan aman bagi para penggunanya. Untuk mengakomodir dua hal tersebut, disematkan pula berbagai fitur pilihan seperti dual airbag untuk dua penumpang bagian depan. Kedua airbag ini berfungsi untuk meminimalisir resiko terjadinya cidera saat mobil mengalami keadaan terburuk. Untuk penumpang bagian belakang., sisi safety dihadirkan dengan adanya seatbelt yang sudah tersemat di seat bagian belakang.

Sementara itu, untuk pengereman sendiri, dihadirkan pula kombinasi pengereman ABS dan EDB. Keduanya mampu memberikan pengereman lebih optimal dan meminimalisir terjadinya selip saat mobil diharuskan melakukan pengereman darurat. Keduanya sendiri siap memberikan rasa aman kepada para penggunanya.

Dan untuk memberikan proteksi rasa aman, dihadirkan pula berbagai fitur proteksi tambahan agar kendaraan tetap aman meskipun tengah dalam keadaan kosong. Berbagai pelengkap seperti Engine Immobilizer, Power Door Locks hingga Anti-Theft Alarm juga dihadirkan agar pemilik kendaraan tetap tenang saat berada jauh dari mobil. Bagaimana, cukup lengkap bukan apa yang ditawarkan Captiva 2010 ini?

Operasi Chevrolet Captiva 2010

Gambar bagian mesin mobil Chevrolet Captiva 2010 berwarna putih dan hitam

Mesin bertenaga cukup besar ini siap membawa Captiva melintas berbagai medan

Dari sisi operasi, SUV gemuk ini sudah dilengkapi dengan dua jenis mesin. Untuk lebih jelasnya, kita akan menelaah satu per satu mesin yang menjadi sumber kehidupan dari mobil ini. Pada mesin pertama, Captiva menggunakan mesin 2,4 liter DOHC yang mampu melontarkan tenaga maksimal hingga 141 Hp pada putaran 5.000 rpm. Sementara untuk torsinya sendiri, Captiva mampu mengeluarkan daya puntir hingga 212 Nm pada putaran 2.200-4.000 rpm.

Pada mesin kedua, mobil ini memiliki seri mesin 2.0L 148bhp VCDi. Mesin dengan kubikasi 1991 cc ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 150 Hp  pada putaran 4.000 rpm. sementara torsinya sendiri mampu mencapai titik 32.6 kgm pada putaran  2.000 rpm. Sebagai penggerak, kedua mesin tersebut telah dipersenjatai dengan transmisi manual yang mampu melahap lima percepatan.

Spesifikasi Chevrolet Captiva 2010

Bagaimana spesifikasi lebih lanjut dari Chevrolet Captiva 2010? Berikut paparannya.

Mesin  Chevrolet Captiva 2010

Seri mesin

2,4 liter DOHC

Jumlah Silinder

4 Silinder

Tenaga Maksimum

141 Hp/5.000 rpm

Torsi Maksimum

212 Nm/ 2.200-4.000 rpm

Transmisi

Manual  with 5 Speed

Dimensi Chevrolet Captiva 2010

Panjang Keseluruhan

4660 mm

Lebar Keseluruhan

1870 mm

Tinggi Keseluruhan

1755 mm

Jarak Poros Roda

2705 mm

Tempat Duduk

7 Seats

Lain-lain Chevrolet Captiva 2010

Ban

235/60 R17

Suspensi Depan

Mac Pherson Struts

Suspensi Belakang

Multi link

Velg

Alloy 17 Inch

 

Daftar Harga Chevrolet Captiva 2010

Bicara soal harga, Chevrolet Captiva memiliki harga yang cukup lumayan untuk kategori mobil second. Berapa harga Chevrolet Captiva 2010 ini?

Tipe mobil

Harga Chevrolet Captiva

Chevrolet Captiva 2010 All Variant

Rp 120-150 Jutaan (Second)

>>> Klik sini untuk melihat harga mobil Chevrolet Captiva 2010

Kesimpulan Chevrolet Captiva 2010

Memiliki SUV dengan kapasitas penumpang yang besar serta mesin yang cukup mumpuni merupakan dambaan setiap pecinta otomotif. Anda ingin merasakan perjalanan yang berkelas bersama orang tersayang? Captiva siap menterjemahkan keinginan tersebut. Meskipun mobil ini sudah lumayan lama diluncurkan, desain serta performa dari mobil ini masih cukup kompetibel untuk melibas berbagai medan yang hendak dilalui. Anda penggemar mobil Amerika? Pastinya anda tak akan melewatkan Captiva 2010 begitu saja.

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

LION MOTOR

Jawa Barat

Speed Mobilindo

DI Yogyakarta

Anda Mobilindo Jogja

DI Yogyakarta

Review lain

New Chevrolet Trax 2017: Mid SUV yang Kental dengan Rasa Amerika

09/12/2017

Editor rate:

Tahun 2017 boleh dibilang merupakan tahun bagi dua varian mobil, MVP dan SUV. Kedua jenis mobil ini memang tengah merajai industri otomotif di berbagai negara tak terkecuali Indonesia. Berbagai pabrikan seakan berlomba-lomba merengkuh hati konsumen dengan memperkenalkan berbagai model dari kedua mobil tersebut. Pun demikian dengan Chevrolet. Pabrikan asal negeri Paman Sam ini juga mengeluarkan SUV anyarnya dalam wujud New Chevrolet Trax 2017. Apa yang membuat New Chevrolet 2017 menjadi spesial?

Lihat juga

Harga Chevrolet Colorado 2017: Pick Up Truck dengan Rasa SUV

Rp. 405.000.000

27/10/2017

Editor rate:

Chevrolet kembali mengeluarkan salah satukatalog terbaiknya di ranah pick up Truck yakni Chevrolet Colorado. Meskipun peminat mobil 4X4 ini bisa dibilang cukup segmented, pabrikan asal negeri Paman Sam itu tak gentar dan siap bersaing dengan kompetitornya macam Mitsubishi Triton, Nissan Teana dan lain sebagainya. Ada apa yang baru dari mobil ini? Silahkan bacalah tulisan review Chevrolet Colorado 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014: Mobil Keluarga yang Lebih Murah dari LCGC

06/11/2019

Editor rate:

Mencari mobil keluarga yang murah namun nyaman digunakan untuk keperluan sehari-hari? Chevrolet Spin 1.5 LTZ 2014 bisa menjadi pilihan Anda. Low MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini memiliki bahan bakar yang irit serta mesin yang responsif, cocok untuk dibawa di tengah padatnya lalu lintas perkotaan.

Lihat juga

Review All New Chevrolet Captiva 2019

03/04/2019

Editor rate:

Setelah men-discontinue generasi pertamanya, Chevrolet kembali menghadirkan wajah baru Captiva pada gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2019, 26 Maret-4 April 2019. Karena bodi mobil nampak tidak asing, Cintamobil.com tertarik untuk mereviewnya.

Lihat juga

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Terwujudnya Mimpi Duntov, The Godfather of Corvette

26/07/2019

Editor rate:

Menciptakan Mid-Engine Corvette bukanlah proses mudah bagi seorang Zora Arkus-Duntov. Perlu banyak kegagalan, hambatan dan bahkan sukses membuat Duntov depresi hingga akhir hayatnya. Ya, mobil yang akan dibahas kali ini bukanlah hal baru, tapi sebuah realisasi dari gagasan The Godfather of Corvette, Duntov. Secara spesial, tim Cintamobil.com akan mengupasnya secara tuntas dalam review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020.

Lihat juga