Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Coupe Empat-Pintu Termewah BMW

04/08/2020

Share this post:

BMW 8 Series 2020

Editor rate:

Rp 2.409.000.000

harga terbaru BMW Seri-8 Indonesia Lihat promo

Bukan hanya iterasi terbaru dari The 8 Coupe, BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 merupakan coupe empat pintu paling mewah dari pabrikan Bavarian di Indonesia.

Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Coupe Empat-Pintu Termewah BMW
Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Coupe Empat-Pintu Termewah BMW
0 Gambar

Pengantar BMW 8 Series 2020

Mari kita simak spesifikasi BMW 8 Series 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Sports car paling mewah BMW

M Technic Package menghadirkan kesan yang lebih sporty

Kabin lebih lapang dibandingkan model THE 8 Coupe

Dibekali fitur dan teknologi yang lengkap

Kekurangan

Harga cukup tinggi

Ground clearance rendah

Bodi bongsor

Konsumsi bahan bakar tak bisa dibilang irit

BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 menjadi varian terbaru milik BMW Indonesia. Iterasi terbaru dari BMW Seri-8 ini memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan edisi Coupe dua pintunya. Dirakit di BMW Plant Dingolfing di Lower Bavaria, tambahan anyar model BMW di Indonesia ini semakin menarik perhatian karena kesan eksklusif yang ditawarkan.

mobil lawas BMW Seri-8 generasi pertama berwarna putih
BMW Seri-8 selalu menjadi model termewah BMW sejak 1990-an

“THE 8 Gran Coupé adalah sports car luar biasa, karena ini adalah satu-satunya kendaraan di segmennya yang dikembangkan langsung dari sports car dua pintu. Dengan hadirnya varian empat pintu BMW Seri 8 Coupé, BMW Group secara sistematis perluas portofolio BMW di kelas sports car mewah. Sports car ini dikembangkan bersama BMW 8 Series Coupé dan BMW M8 GTE,” jelas Ramesh Divyanathan selaku President Director BMW Group Indonesia.

THE 8 Gran Coupe menghadirkan kombinasi bahasa desain ekspresif dan material eksklusif milik BMW. Kesan sporty semakin terasa ketika BMW membawa edisi M Technic Sport Package yang 840i semakin sporty. Maka hadirlah BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 yang disebut sebagai sports car paling mewah BMW.

mobil baru BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Iterasi anyar BMW 840i M Technic Gran Coupe di Indonesia

BMW 840i memang menawarkan kesan premium dari luar hingga bagian dalam mobil ini. Meski harga bukanlah yang termahal dari keluarga BMW di Indonesia. Tertarik meminangnya? Intip terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan mobil ini dari review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 di bawah ini.

Eksterior BMW 8 Series 2020

BMW memperkenalkan desain elegan dengan kombinasi garis minimalis melalui bahasa desain terbaru yang ditanamkan pada 840i M Technic Gran Coupe terbaru. Inovasi terbaru yang ditawarkan dalam BMW M Technic Sport Package menghadirkan desain yang lebih sporty dibandingkan edisi standar BMW Seri-8.

Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Eksterior Depan

Layaknya iterasi baru dari keluarga BMW lainnya, tampilan depan 840i M Technic Gran Coupe memiliki desain yang identik dengan Seri-8 Coupe. Termasuk ujung depan yang dibuat lebar dan rendah hingga posisi pilar A. Lampu depan yang dibuat menyipit sudah dilengkapi fitur BMW Laserlight dengan jangkauan lampu jauh hingga 530 meter.

tampilan depan BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Tampilan depan BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Fender yang panjang mengisyaratkan kesan mobil bergaya sporty serta kap mesin yang dibuat lebih ringan guna meringankan bobot kendaraan. Selain untuk meningkatkan aerodinamika mobil, bumper bawah dibuat besar sehingga mengalirkan udara lebih banyak ke ruang mesin.

Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Eksterior Samping

Bodi 840i Gran Coupe dibuat lebih besar dibandingkan edisi standar. Dengan penambahan panjang 201 mm dibandingkan edisi Coupe, bodinya semakin bongsor untuk meningkatkan kapasitas kabin yang lebih lapang. Tampilan sampingnya dilengkapi velg alloy ringan 20 inci Y-Spoke serta desain pintu samping tanpa frame.

tampilan samping BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Tampilan samping BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Proporsinya cukup berbeda dengan edisi coupe. Termasuk bingkai kaca depan yang lebih tegak, garis atap yang lebih tinggi, serta desain spion yang ramping untuk menjaga aerodinamika berkendara. Begitu pula dengan penggunaan plastik yang diperkuat serat karbon agar mengurangi bobot kendaraan dengan center of gravity yang lebih baik.

Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Eksterior Belakang

Garis atap menyatu ke bagian belakang melalui transisi pada sekitar pilar C membuat bodi belakangnya terkesan lebih berotot. Mulai dari lampu belakang hingga bumper masih senada dengan versi coupe. Tapi lekukan ducktail yang lebih panjang terasa lebih elegan dibandingkan edisi coupe.

tampilan belakang BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Tampilan belakang BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Namun yang membedakannya adalah kaca belakang yang menghadirkan garis yang lebih curam bertugas untuk menghasilkan ruang bagasi yang lebih besar. Begitu juga demi menjaga kesan Gran Coupe dengan kabin yang lebih lapang di baris belakang.


Interior BMW 8 Series 2020

Sebagai model termewah BMW, tentu saja kabin menawarkan kesan elegan dan premium sejauh mata memandang. Yang membuat tampilan interior semakin mewah adalah perpaduan trim interior ‘Carbon Fiber” dengan BMW Individual Headliner Alcantara serta aplikasi kaca ‘Crafter Clarity’ pada beberapa bagian interior.

Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Dashboard

Kesan elegan langsung terasa ketika duduk di baris depan mobil ini. Dilengkapi dengan pengaturan digital yang menghiasi bagian dashboard, termasuk head unit layar sentuh berukuran 10 inci bergaya floating seperti yang terdapat pada The 8 Coupe. Untuk teknologi di dalam kabin, pengaturan lebih mudah karena sudah menggunakan BMW Operating System 7.0 dan BMW Intelligent Personal Assistant.

dashboard BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Dashboard BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Beralih ke bawah, tampilan depan kabin mendapatkan ambient light sebagai perlengkapan standar. Selain itu, panel instrument dan pintu bagian dalam sepenuhnya sudah dibalut dengan bahan kulit Merino. Konsol tengah dipenuhi desain kaca dan gear shift khas BMW dengan armrest yang bisa dibuka untuk menyimpan berbagai barang bawaan Anda.

Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Setir

setir BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Setir BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Desain setir memang tak banyak berbeda dengan edisi Coupe. Roda kemudi palang tiga dengan berbagai tombol pengaturan dan aksen perak masih menemani Anda selama berkendara. Ada sensor memori, sehingga Anda tak perlu lagi mencari posisi setir yang Anda inginkan. Di belakang setir terdapat layar cluster instrument 12,3 inci yang menampilkan berbagai informasi selama berkendara, seperti speedometer, efisiensi mesin hingga konsumsi bahan bakar.

Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Kursi

Duduk di belakang kemudi atau baris belakang menghadirkan rasa nyaman sepanjang perjalanan. Kursi sport sudah dalam balutan kulit Merino dan hadir dengan pengaturan elektris untuk mendapatkan posisi berkendara yang menyenangkan. Begitu pula dengan kursi baris belakang yang sudah mendapatkan kontur dan pola jahitan yang sama dengan kursi sports di depan.

kursi BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Kursi BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

8 Gran Coupe menawarkan ruang kabin yang mengesankan. Ruang kaki dan ruang kepala yang lega bisa didapatkan karena BMW memberikan wheelbase yang cukup panjang. Begitu pula dengan konfigurasi kursi 4 + 1. Ada kursi ketiga yang bisa digunakan untuk perjalanan singkat dan sudah mendapatkan sabuk pengaman.

Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Bagasi

bagasi BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Bagasi BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Kepraktisan di dalam kabin bisa dibilang cukup baik. Kapasitas bagasi belakang pada awalnya tercatat 440 liter yang bisa menampung hingga tiga tas golf jarang ditemukan pada segmen sports car lainnya. Kapasitas penyimpanan bisa ditambah sesuai kebutuhan dengan melipat kursi belakang dengan pengaturan 40:20:40.

>>> Berapa harga BMW tawarkan untuk BMW 840i M ini? Nih simaklah artikel BMW 840i M Technic Gran Coupé Dijual Terbatas Seharga Rp 2,409 Miliar untuk mendapat jawaban terbaik

Fitur BMW 8 Series 2020

Berbagai fitur anyar BMW turut dipasangkan pada mobil ini. dari luar, desain menawan sudah dilengkapi dengan BMW Laserlight yang sudah termasuk BMW Selective Beam dengan fungsi adaptif. Begitu pula dengan sistem Contactless Access dimana pintu bagasi bisa terbuka dan tertutup tanpa sentuhan.

fitur BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Fitur BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Selain panoramic glass roof pada atap, fitur lainnya yang diberikan sepanjang pengendaraan seperti BMW Gesture Control, BMW Live Cockpit Professional, hingga BMW Display Key. Untuk meningkatkan kenyamanan di dalam kabin, ada 16 speaker dari Bowers & Wilkins Diamond beserta amplifier 10-saluran aktif serta Dynamic Sound Equalizing dan kompatibilitas Apple CarPlay.

Review BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020: Fitur keselamatan aktif

Beberapa fitur keselamatan yang disematkan berupa M Seat belt serta airbag depan, samping, lutut dan bagian bagian kepala bagi keempat kursi. Sistem pengeremannya dilengkapi Anti-lock Braking System dipadukan Parking Assistant Plus, Active Park Distance Control, Lane Change Warning, dan hingga Rear Collision Prevention dan Active Cruise Control dengan fungsi Stop & Go.

>>> Pembaruan iOS 14, Fitur Apple CarKey Siap Dipakai di BMW Terbaru

Operasi BMW 8 Series 2020

Kehadiran embel-embel M Technic pada nama 8 Gran Coupe menyiratkan tenaga mesin yang lebih sporty dan bertenaga dibandingkan model standarnya. Identitasnya mengemas mesin 6-silinder 3.0L dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 340 PS serta torsi puncak 500 Nm.

BMW menegaskan bagaimana respons instan serta kemampuan revving yang luar biasa menjadi ciri khas mesin 6-silinder yang digunakan pada 840i. begitu juga dengan unit 3.0L yang dibuat lebih ringan 6 kilogram dibandingkan pendahulunya mengurangi bobot kendaraan serta meningkatkan elastisitas pada seluruh rentang revving.

mesin BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 berwarna hitam
Mesin BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Meskipun didesain sebagai mobil mewah dengan kualitas premium, 840i Gran Coupe tak ketinggalan menawarkan performa yang mengagumkan. Pasalkan mobil ini mampu menempuh 100 km/jam dari keadaan diam hanya dalam waktu 5,2 detik. Begitu pula dengan kecepatan tertinggi yang harus dibatasi 250 km/jam agar membuat mobil tak terlalu ngebut.

>>> Cintamobil TV: Razia Dealer Mobil Bekas BMW Karunia Panca Selaras

Spesifikasi BMW 8 Series 2020

Dimensi BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

5.082 x 1.932 x 1.407 mm

Jarak Poros Roda

3.023 mm

Ground Clearance

128 mm

Mesin BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Tipe Mesin

3.0L M TwinPower Turbo 6-silinder segaris

Kapasitas Silinder

2.998 cc

Tenaga Maksimal

340 PS @ 5.000-6.500 rpm

Torsi Maksimal

500 Nm @ 1.600-4.500 rpm

Akselerasi (0-100 km/jam)

5.2 detik

Kecepatan Maksimal

250 km/jam

Transmisi

8-percepatan Sport Steptronic

Kaki-Kaki BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020

Suspensi

Adaptive M Suspension

Rem

M Sport Brake

Velg

20 inci alloy ringan Y-spoke

Daftar Harga BMW 8 Series 2020

Meskipun disebut sebagai coupe empat pintu paling mewah dari pabrikan Bavaria ini, ternyata harga BMW 840i Gran Coupe M Technic bisa dibilang bukanlah model termahal BMW di Indonesia. Mobil ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 2.4 miliar. Sudah meliputi BMW Service Inclusive untuk perawatan 5 tahun atau 60.000 km, garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh, hingga BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun.

Kesimpulan BMW 8 Series 2020

BMW 840i M Technic Gran Coupe 2020 datang sebagai alternatif dari coupe empat pintu milik BMW dengan tampilan eksterior yang cantik hingga ke belakang. Begitu juga dengan kesan mewah dan elegan yang ditawarkan sambil menghadirkan rasa berkendara yang lebih sporty dibandingkan edisi standarnya. Harganya memang di atas Rp 2 miliar. Tapi semua kelengkapan dan desain yang menawan membuat mobil ini menjadi salah satu pilihan mobil premium tepat bagi konsumen VVIP.

>>> Simak review mobil lain yang tidak kalah menariknya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review BMW Seri-6 Gran Turismo 2020: Penyegaran Baru Berteknologi Hybrid

Rp 1.000.000.000

16/07/2020

Editor rate:

BMW menampilkan edisi terbaru dari facelift BMW Seri-6 Gran Turismo 2020 dengan penyegaran bodi, interior yang lebih mewah, serta sistem mild-hybrid bagi setiap pilihan mesin.

Lihat juga

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Keindahan Seri-5 Untuk Keluarga

Rp 2.500.000.000

15/07/2020

Editor rate:

Jika Seri-5 Sedan disebut sebagai model premium untuk eksekutif, BMW Seri-5 Touring 2020 menawarkan desain elegan Seri-5 plus kepraktisan ala MPV keluarga.

Lihat juga

Spesifikasi BMW i8 2017

Rp. 3,550,000,000

29/12/2017

Editor rate:

BMW kembali memperkenalkan salah satu produk terbarunya yang diberi nama BMW i8 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 silam. Dan 2 tahun berikutnya, BMW Group Indonesia (BGI) resmi meluncurkan sportcar Plug-in Hybrid BMW i8 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE). Apa saja fitur yang ditawarkannya? Ulasan lengkap tentang spesifikasi BMW i8 2017 bisa dilihat di bawah ini.

Lihat juga

Review BMW 5 Series 2021: Modernisasi Saloon Eksekutif Bavaria

Rp 662.600.000

09/06/2020

Editor rate:

Pekan lalu, BMW 5 Series mendapatkan facelift untuk model 2021 dengan beberapa sentuhan di segi eksterior, interior, dan powertrain yang membuat mobil lebih modern dan berkelas. Bagaimana lengkapnya?

Lihat juga

Review BMW 3 Series Touring 2020: Penyempurna Kebangkitan BMW Seri 3

Rp. 1.289.000.000

18/04/2020

Editor rate:

BMW 3 Series Touring mempertahankan nilai sebagai Driver’s Car yang tetap memanjakan keluarga. BMW Indonesia kini secara resmi mulai memasarkannya di Tanah Air

Lihat juga