Pembaruan iOS 14, Fitur Apple CarKey Siap Dipakai di BMW Terbaru

23/06/2020

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Pembaruan iOS 14, Fitur Apple CarKey Siap Dipakai di BMW Terbaru
Bekerja sama dengan BMW, fitur baru Apple CarKey bisa digunakan untuk membuka pintu hingga menghidupkan mobil melalui iPhone atau Apple Watch dengan iOS 14.

Selama Apple Worldwide Developers Conferense (AWDC), raksasa teknologi dunia asal Amerika mengumumkan inovasi baru yang ditawarkan pada iOS 14. Menghilangkan fungsi kunci mobil konvensional, ada fitur Apple CarKey yang bisa digunakan pengguna iPhone untuk membuka pintu dan menghidupkan edisi terbaru BMW Seri-5.

Menggunakan teknologi NFC

Apple CarKey menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC). Tak perlu membawa kunci mobil, pemilik iPhone atau Apple Watch hanya perlu mendekati pintu mobil. Untuk keamanan, sistem perlu mengautentikasi identitas pemilik kendaraan menggunakan Face ID atau Touch ID. Ada pula opsi Express untuk melewati proses autentifikasi.

iOS 14 Apple CarPlay pada mobil BMW
Selain fitur Apple CarKey, ada beberapa pembaruan untuk iOS 14

Fitur ini memungkinkan pemilik mobil membagika kunci digital melalui sistem pesan. Dilansir dari Mac Rumours, pengguna Apple CarKey memiliki tiga tingkatan akses; membuka kunci bagasi, membuka kunci pintu mobil, dan menghidupkan mobil. Selain itu, ada opsi pembatasan tenaga kendaraan, volume radio maksimal, dan masih banyak lagi.

>>> Ingin membeli mobil baru Hyundai? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Lalu bagaimana jika smartphone kehilangan daya dan akhirnya mati? Apple menyebutkan ada fungsi daya cadangan yang memungkinkan CarKey terus berfungsi selama lima jam setelah iPhone mati. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kesempatan masuk ke dalam mobil dan mengecas iPhone melalui pengisi daya yang terdapat dalam mobil.

BMW mengungkapkan bahwa fitur Apple CarKey sudah bisa digunakan pada beberapa model di 45 negara. Model yang bisa menggunakan fitur ini termasuk Seri-1 hingga Seri-8 (tanpa Seri-7), serta X5, X6, X7, X5M, X6M, dan Z4 yang diproduksi setelah 1 Juli 2020. Tentu saja Anda perlu meningkatkan Apple yang relatif baru, seperti iPhone XR, iPhone X5 atau yang lebih baru.

>>> Masa Depan Kian Dekat, Hyundai Siapkan Teknologi Membuka Mobil Tanpa Kunci

Bukan teknologi baru

Kunci digital bukan ide baru dalam idustri otomotif. Sebelumnya, Tesla dan Hyundai telah menawarkan solusi serupa untuk kendaraan produksi mereka. Namun implementasi Apple dibuat berbeda karena memungkinkan pemilik kendaraan berbagi kunci digital ke orang lain.

Hyundai Digital Key dengan smartphone pada gagang pintu
Digital key sudah lebih dulu dikembangkan pada mobil terbaru Hyundai

The Verge melaporkan bahwa Apple berusaha mengembangkan teknologi baru tanpa NFC, tetapi menggunakan chip ultra-wideband U1. Beberapa pembaruan lainnya yang dipamerkan pada AWDC termasuk tampilan wallpaper baru serta pembaruan Maps untuk menampilkan zona kemacetan pada iOS 14.

>>> Baca tips otomotif terlengkap lainnya hanya di sini!

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top