Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021, Garda Terdepan S-Class di Indonesia

07/07/2021

Share this post:

Mercedes-Benz S-Class 2021

Editor rate:

Rp 3.099.000.000 (off the road)

Lihat promo

Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 menjadi seri S-Class generasi terbaru yang hadir di Indonesia untuk memberikan semua yang terbaik bagi konsumen

Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021, Garda Terdepan S-Class di Indonesia
Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021, Garda Terdepan S-Class di Indonesia
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz S-Class 2021

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz S-Class 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Interior nyaman dan mewah
Tambahan fitur terbaru  
Efisiensi mesin dengan teknologi mild-hybrid

Kekurangan

Beberapa fitur penting bersifat opsional
Ubahan eksterior tidak sedramatis sebelumnya
Teknologi mild-hybrid hanya tersedia untuk mesin bensin  

gambar abs

Mercedes-Benz S-Class selalu menjadi yang terdepan dalam semua hal, terutama teknologi keselamatan

Sejak dulu sampai saat ini, Mercedes-Benz S-Class bukan sekadar  sedan flagship dalam keluarga besar Mercedes-Benz. Sedan full-size ini selalu menjadi acuan pencapaian Mercedes-Benz dalam semua aspek otomotif. Desain eksterior yang elegan, penataan interior yang setara kabin first-class, dan teknologi otomotif terdepan terutama teknologi keselamatan selalu menjadi suguhan utama yang terus ditawarkan oleh Mercedes-Benz S-Class pada semua generasinya.  

Pertama kali hadir resmi sebagai Mercedes-Benz S-Class melalui generasi W116 pada tahun 1972 dengan nama Mercedes-Benz Sonderklasse (S-Klasse, special class), sedan papan atas ini sudah tampil dengan desain eksterior elegan, interior nyaman dan mewah, serta teknologi yang  revolusioner di masanya.  Reputasi tersebut terus dijaga oleh sedan flagship Mercedes-Benz hingga era S-Class  yang kini  memasuki generasi ke tujuh, W223, yang diperkenalkan beberapa saat lalu di Indonesia.

Lalu apa saja nilai jual unggulan dan keistimewaan yang ditawarkan oleh  Mercedes-Benz Sonderklasse generasi terbaru ini? Simak review Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 yang diracik  oleh redaksi Cintamobil.com berikut ini.

Mobil Baru Populer

Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta

Eksterior Mercedes-Benz S-Class 2021

gambar mercedes-benz

Saloon mewah yang aerodinamis dengan Coefficient of Drag sekitar 0,22

Dari segi desain eksterior, Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 generasi terbaru W223 masih terlihat mirip dengan generasi pendahulunya, W222. Pada sisi lain, lekukan bodi  Mercedes-Benz S-Class W223 memiliki aspek fungsionalitas tinggi melalui angka hambatan udara yang minim dengan Coefficient of Drag sekitar 0,22 (pada  mode SPORT+) sehingga menjadi  salah satu mobil mewah yang  aerodinamis. Berbekal desain bodi yang secara keseluruhan mampu membelah hambatan udara melalui  pengujian dalam terowongan angin maupun  tes jalan menghasilkan kabin senyap dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.  

Review Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 : Depan

gambar mercedes-benz

Kali ini tampil dengan grille berukuran besar  

Fascia depan Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 tampil dengan grille yang berukuran besar. Desain bemper depan dibuat lebih aerodinamis dan sekaligus memaksimalkan aliran udara bagi pendinginan mesin. Sedangkan celah di antara fender depan,  bemper depan dan kap mesin dimanfaatkan  sebagai air chamber untuk  jalan masuk udara ke ruang mesin dan juga mengurangi saturasi aliran udara di roda depan demi memaksimalkan aspek aerodinamika. Kini lampu depan menjadi nilai jual unggulan Mercedes-Benz S-Class W223  melalui fitur Digital Light dengan rangkaian tiga lampu LED yang memancarkan sinar hasil arahan 1,3 juta cermin mikro untuk menghasilkan distribusi pencahayaan sebesar 2,6 juta pixel yang presisi. Selain itu, pencahayaan lampu depan bisa diatur untuk kebutuhan lampu dekat (low beam), lampu jauh (high beam)  dan lampu kabut. Tidak ketinggalan  DRL 3 titik dari generasi sebelumnya masih dipertahankan namun lebih datar dan terlihat lebih kecil.

Review Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 : Samping  

gambar s-class

Tampil dengan proporsi saloon yang sempurna

Dari sisi samping, Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 tampil dengan overhang depan pendek, wheelbase panjang (3.216 mm) dan overhang belakang yang proporsional sehingga  saloon mewah ini memiliki proporsi yang sempurna. Secara proporsi, terlihat bagian depan (ruang mesin) lebih panjang  daripada bagian belakang (ruang bagasi), disertai  fascia depan yang  tegak dan emblem khas Mercedes-Benz yang berdiri di atas kap mesin. Jarak sumbu roda yang lebih panjang menghasilkan dimensi kabin yang lebih lapang. Selain itu,  posisi pilar C lebih melandai serupa coupe sehingga membantu aspek aerodinamika saloon mewah ini. Begitu pula, tampilan bodi samping terlihat elegan karena minimalis alias sangat bersih. Pada sisi lain, tim desain Mercedes-Benz menambahkan efek pahatan pada  permukaan berkontur untuk menghadirkan  aspek sensualitas.

gambar gagang pintu  

Gagang pintu model Flush, untuk pertama kalinya dihadirkan oleh Mercedes-Benz S-Class W223

Satu hal baru yang ditawarkan untuk pertama kalinya oleh Mercedes-Benz S-Class W223 adalah gagang pintu mobil model Flush. Gagang pintu ini menyatu dengan bodi dan akan keluar (pop-up) secara elektronik jika pengemudi mendekat atau permukaan luar gagang pintu disentuh. Pengemudi cukup menyimpan akses tanpa kunci (Keyless Go) dalam saku. Penerapan gagang pintu model flush ini pada Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 berperan sangat penting untuk mengoptimalkan faktor aerodinamika sehingga meminimalkan hambatan udara.    

Review Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 : Belakang  

gambar s-class

Fascia belakang tampil dinamis dan elegan 

Penampilan fascia belakang Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 menegaskan kesain dinamis, elegan dan mewah melalui paduan pipa knalpot ganda berlapis chrome. Selain itu, lampu belakang yang terbagi menjadi dua bagian atas bawah menciptakan kesan progresif dan memberikan pencahayaan yang optimal pada siang hari dan  malam hari. Tambahan lain adalah sentuhan panel chrome  di bagian atas lampu yang menghasilkan  kesan lebar pada fascia belakang.     


Interior Mercedes-Benz S-Class 2021

gambar s-class

Kabin dengan kualitas setara lounge kelas premium  

Sejak dulu hingga kini, konsep dasar interior  Mercedes-Benz S-Class adalah tempat yang nyaman sebagai "rumah" selama perjalanan dan sebagai tempat kerja untuk mendukung kebutuhan bisnis. Dan pada  Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 generasi W223 dengan platform baru, kenyamanan kabin semakin ditingkatkan hingga berevolusi menjadi “tempat singgah” setara lounge kelas premium yang bisa dinikmati secara optimal selama  perjalanan antara rumah, kantor dan tempat lainnya (semisal kafe untuk pertemuan bisnis).  

Review Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 :  Dashboard

gambar s-class

Dashboard minimalis namun sarat teknologi canggih dan tampil modern 

Desain dashboard Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 memadukan sentuhan analog serta digital termasuk mengadaptasi panel kapal pesiar mewah sehingga menghasilkan kemewahan, aura  modern dan ergonomis. Tampilan dashboard dibuat minimalis  sehingga bersih dan rapi. Segenap tombol  digantikan oleh layar 12,8 inci dengan teknologi OLED dan fitur heptic feedback untuk mengatur  beragam fungsi hiburan maupun kendaraan. Tampilan layar MID bisa di-custom dengan pilihan Simple, Sporty, Exclusive, Classic serta mode Navigasi, Asistensi dan Servis. Tepat di tengah dashboard  terdapat empat buah  kisi AC  yang disusun horizontal dan  dua  kisi vertikal untuk  sisi penumpang dan pengemudi yang  semuanya diatur  secara digital.  

Review Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 : Kursi  

gambar s-class 

Kursi belakang dilengkapi fasilitas pijat dengan 10 jenis program 

Kenyamanan kursi belakang Mercedes-Benz S-Class tidak usah diragukan lagi. Konsep desain tiga lapisan dimensi yang mengalir memberikan kesan elegan didukung kulit Nappa dengan pola berlian progresif yang  klasik dan ekspresif. Pemakaian  platform baru dan jarak sumbu roda yang panjang membuat kabin S-Class W223 semakin lapang disertai ruang kaki dan ruang kepala yang lebih lega. Terkait kenyamanan,  kursi Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 dilengkapi 19 motor listrik untuk mengatur posisi duduk dan tersedia 10 program pijat serta fitur pemanas dan penyejuk. Tidak lupa, segenap kursi S-Class telah memenuhi standar keselamatan dan kesehatan Healthy Seating Campaign.  

Fitur Mercedes-Benz S-Class 2021

Menyandang predikat "top of the line", tentunya Mercedes Benz S 450 4Matic Luxury 2021  dibekali dengan segudang teknologi hasil inovasi terbaru yang nantinya akan diturunkan kepada  line-up Mercedes-Benz lainnya. Mulai dari MBUX terbaru sampai teknologi keselamatan terkini, bisa ditemukan pada  Sonderklasse generasi terbaru. Lebih jelasnya, ikuti uraian berikut ini.

Review Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 MBUX

 

gambar mbux

MBUX generasi kedua menjadi nilai jual unggulan Mercedes-Benz S-Class W223

Sama seperti generasi terbaru S-Class W223 lainnya, Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 mendapatkan MBUX (Mercedes-Benz User Xperience) generasi kedua (terbaru) dengan perangkat keras dan perangkat lunak terkini. Pembaharuan mencakup lima unit  layar  besar dengan teknologi OLED untuk memudahkan pengaturan berbagai fungsi kendaraan  disertai personalisasi dan pengoperasian yang lebihi intuitif.  Bagi penumpang belakang tersedia  tiga unit buah layar dengan sistem serupa  layar utama di depan. Dua buah layar 11,6 inci  di belakang sandaran kepala kursi depan dan satu unit di sandaran tangan bagian tengah memudahkan "the big boss" untuk berselancar  di dunia maya, melihat email,  dan menonton TV.  

Pengemudi juga dimanjakan oleh Multi-Information Display 3D dengan efek tampilan 3D tanpa harus memakai kaca mata 3D dan tampilan  layar  bisa diubah sesuai selera. Tersedia dua  layar head-up display berukuran lebih besar dengan fitur Navigasi Augmented Reality  yang menampilkan petunjuk arah melalui animasi 3D. Fitur perintah suara “Hey Mercedes”  sebagai  salah satu nilai jual unggulan kini mampu melakukan percakapan dan tindakan secara otonom, termasuk menerima telpon, menjelaskan fungsi kendaraan,  menjawab pertanyaan umum dan bisa diatur oleh penumpang belakang , .    

Review Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 : Keselamatan 

gambar airbag

Mercedes-Benz S-Class selalu terdepan dalam hal teknologi airbag

Boleh disebut Mercedes-Benz S-Class W223 mempunyai segudang teknologi terdepan untuk keselamatan aktif dan pasif. Sebagai contoh,  teknologi  otonom  Intelligent Parking Pilot berupa  Automated Valet Parking dengan  Level 4 sehingga  mobil dapat parkir sendiri tanpa perlu bantuan pengemudi. Kemudian ada lagi  fitur Pre-Safe Impulse Side  untuk mengatur posisi  bodi mobil  dalam waktu sepersekian detik setelah mendeteksi potensi hantaman samping. Dengan demikian meredam efek benturan terhadap kabin penumpang.

Tidak ketinggalan fitur baru Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 berupa  airbag dengn konsep unik  yang terletak di belakang kursi depan. Bukan hanya  mengembang  seperti airbag konvensional, bagian sisinya secara otomatis membentuk struktur khusus  saat terjadi kecelakaan. Hasilnya,  airbag mengembang secara bertahap sehingga terasa lebih empuk dan  mengurangi risiko cedera, apalagi jika kursi bayi dipasang di belakang.  

Operasi Mercedes-Benz S-Class 2021

gambar mesin

Mesin M256 menandai kembalinya  mesin 6 silinder segaris setelah generasi mesin M104 (1989-1999)  

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menghadirkan  Mercedes-Benz S 450 4Matic  2021 generasi terbaru yang didukung mesin M256 berbahan bakar bensin, 6 silinder segaris 3,0 liter disertai teknologi mild-hybrid 48V. Mesin M256 pada Mercedes-Benz S 450 4Matic mampu memproduksi tenaga 367 hp dan torsi 500 Nm, sedangkan EQ Boost menghasilkan tambahan tenaga 22 hp dan torsi 250 Nm. Segenap output mesin disalurkan oleh transmisi otomatis 9-speed 9G-Tronic menuju semua roda melalui sistem gerak semua roda (AWD)  4Matic sehingga semua "tapak kaki" menghasilkan traksi  optimal. Terkait performa, Mercedes-Benz mengklaim Mercedes-Benz S 450 4Matic mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,1 detik dan mencapai top speed 250 km/jam (dibatasi secara elektronik). Sedangkan untuk efisiensi, klaim Mercedes-Benz untuk Mercedes-Benz S 450 4Matic adalah konsumsi bahan bakar 11,9-12,8 km/liter dan emisi CO2 sebesar 178-191 gram/km.    

 

Spesifikasi Mercedes-Benz S-Class 2021

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

5.289 mm x 2.109 mm x 1.503 mm

Jarak sumbu roda

3.216 mm  

Kapasitas bagasi 

550 liter

Mesin 

Tipe 

M256, I-6, 3,0 liter, integrated starter-generator (ISG) 48-volt EQ Boost 

Tenaga 

367 hp (+ 22 hp EQ Boost)

Torsi 

500 Nm (+ 250 Nm EQ Boost)

Akselerasi 0-100 km/jam

5,1 detik

Top speed 

250 km/jam

Transmisi 

otomatis 9-speed 9G-Tronic

Sistem gerak 

all wheel drive 4Matic 

Sasis 

Suspensi depan/belakang

Multi-link/multi-link

Rem depan/belakang

Cakram ventilasi/cakram ventilasi

Ban 

255/40 R 20 (depan)/285/35 R 20 (belakang)

Daftar Harga Mercedes-Benz S-Class 2021

gambar s 450

Salah satu varian Mercedes-Benz S-Class yang tersedia di Indonesia 

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) memasarkan  Mercedes-Benz S 450 4Matic  Luxury 2021 mulai Juni 2021 dengan harga Rp 3,099,000,000 (off the road, DKI Jakarta). Memiliki Mercedes-Benz S-Class berarti mendapatkan semua yang terbaik dari Mercedes-Benz, termasuk  StarService berupa  free service maintenance untuk 5 tahun pertama dan  manufacturer warranty untuk  3 tahun pertama tanpa batas jarak tempuh.   

Kesimpulan Mercedes-Benz S-Class 2021

gambar s-class

Generasi terbaru yang siap melanjutkan legenda Mercedes-Benz S-Class di Indonesia 

Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 menawarkan pembaharuan  dramatis untuk sektor  interior dan penambahan  fitur revolusioner untuk  menegaskan status sebagai  produk  top of the line  dengan standar mutu first-class. Memang, desain  eksterior tidak sedramatis generasi terdahulu  dan belum ada varian  diesel untuk pasar Indonesia  menjadi pertimbangan tersendiri. Intinnya, Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021 menjadi simbol Mercedes-Benz dalam hal  kenyamanan, keamanan, dan teknologi tertinggi di Indonesia sehingga menjadi salah satu pilihan yang layak menghuni garasi Anda.  

>>>  Lelang Bea Cukai Mercedes-Benz Estate Laku Segini, Fantastis!

Heradiranto
Share this post:

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

Prestige Motor

DKI Jakarta

KW Motor Jogja

DI Yogyakarta

back to top