Review BMW 520i M Sport 2021: Keseimbangan Penampilan Dan Performa

31/05/2021

Share this post:

BMW 5 Series 2021

Editor rate:

Rp 1.259.000.000

Lihat promo

BMW 520i M Sport 2021 adalah jawaban bagi konsumen yang menginginkan sedan Eropa berukuran medium yang lebih sporty dan lebih memikat dalam hal  tampilan. 

Review BMW 520i M Sport 2021: Keseimbangan Penampilan Dan Performa
Review BMW 520i M Sport 2021: Keseimbangan Penampilan Dan Performa
0 Gambar

Pengantar BMW 5 Series 2021

Mari kita simak spesifikasi BMW 5 Series 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Harga kompetitif karena CKD  

Tampilan eksterior dan interior mewah  

Kelengkapan fitur  

Kekurangan

Dimensi bagi sebagian konsumen terlalu besar 

Feedback kemudi tidak sedirect BMW lama 

Pilihan mesin terbatas 

Pertama kalinya dalam sejarah BMW Indonesia, kali ini secara khusus BMW Seri 5 rakitan lokal ditawarkan dengan trim BMW M Sport sebagai model standar (model reguler, bukan model edisi terbatas atau edisi spesial). Untuk BMW 520i M Sport 2021, paket  BMW M Sport hadir dengan  lengkap yang mencakup bagian  eksterior maupun interior. Bagaimana detail selanjutnya? 

gambar bmw

Kali ini BMW 520i M Sport 2021 menjadi model standar di Indonesia

Setelah melakukan debut perdana di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2017, generasi terbaru BMW Seri 5 dengan kode model G30 menjalani program penyegaran dari sisi visual dan peningkatan fitur. Melalui program  LCI (Life Cycle Impulse) pada tahun 2021, BMW Group Indonesia menawarkan dua pilihan BMW Seri 5 yang terdiri atas  BMW 520i M Sport dan 530i Opulence sesuai  perbedaan segmentasi dan kebutuhan konsumen.  Apa saja ubahan yang ditawarkan oleh  BMW 520i M Sport 2021 yang meluncur pada  April 2021? Simak terus review BMW 520i M Sport 2021 yang disusun oleh redaksi Cintamobil.com di bawah ini.

>>> Review BMW 5 Series 2021: Modernisasi Saloon Eksekutif Bavaria

 

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior BMW 5 Series 2021

Review BMW 520i M Sport 2021: Tampilan Depan

Pada fascia depan, ubahan paling jelas untuk BMW 520i M Sport 2021 terlihat  berupa grille yang kini lebih besar. Desain lampunya tampil lebih dinamis, didukung adaptive headlight  LED, BMW Selective Beam serta  LED daytime-running lihgt (DRL) serta BMW Laserlight sebagai perangkat standar. Untuk lampu depan kini tampilannya semakin tegas dengan siluet huruf L.

gambar bmw

Fascia depan BMW 520i M Sport 2021 tampil semakin elegan dan sporty

Pancaran sinar laser dari lampu depan memberikan pencahayaan untuk lampu jauh (high beam) hingga 530 meter tanpa menyilaukan mata pengemudi kendaraan lain yang berada pada arah berlawanan. Untuk bemper depan BMW 520i M Sport 2021 terdapat  tiga buah lubang udara dengan panel honeycomb yang  sporty namun hanya bagian tengah yang menyalurkan aliran udara dari arah depan menuju sistem induksi mesin.

Review BMW 520i M Sport 2021: Tampilan Samping

Secara umum, BMW 520i M Sport 2021 adalah model yang menjalani program LCI alias facelift. Dari segi desain, tidak ada yang berubah secara signifikan. Side air vent tetap berada di bawah fender depan, kecuali  untuk varian plug-in hyrbrid dengan colokan pengisian  di bagian depan.

gambar bmw

Penampilan tetap sama seperti sebelumnya, namun didukung velg model baru yang lebih modis

Dalam kondisi standar, BMW Seri 5  dilengkapi dengan velg  17 inci dan tersedia opsi velg 18 inci - 20 inci. Untuk varian BMW 520i M Sport 2021 tampil dengan velg alloy  19 inci bergaya Y Spoke Bicolour yang lebih modis dan selaras dengan gaya penampilan  eksekutif kelas atas (sedikit di bawah Seri 7).  

Review BMW 520i M Sport 2021: Tampilan Belakang

Program LCI juga meliputi penyegaran pada fascia belakang yang kini tampil dinamis, modern dan sporty. Secara khusus, fascia belakang menonjolkan aspek elegan dan menegaskan unsur dimensi lebar. 

gambar bmw

Fascia belakang tampil dengan sentuhan dinamis, modern dan sporty melalui M Sport package

Lampu belakang menganut teknologi LED disertai desain dengan siluet L dan  efek  tiga dimensi yang memberikan kesan kekinian. Dua pipa knalpot model trapesium dan diffuser milik M Sport Package melengkapi penampilan bagian belakang BMW 520i M Sport 2021.   


Interior BMW 5 Series 2021

Review BMW 520i M Sport 2021: Cockpit

Memasuki kabin BMW 520i M Sport 2021 langsung terasa suasana cockpit yang padat namun lapang. Ya karena BMW Seri 5 adalah sedan medium, bukan sedan kompak seperti BMW Seri 3. Cockpit didominasi oleh dua layar monitor berukuran 12,3 inci untuk sistem infotainment dan panel instrumen. Secara umum kini varian  BMW 520i M Sport 2021 menjadi lebih  mewah dan sporty setelah menjalani program LCI.

gambar bmw

Cockpit BMW 520i M Sport 2021, tidak melupakan karakter "driver's car"

Aura berkelas dipancarkan ornamen dashboard berupa Aluminium Rhombicle Smoke Grey, lis panel Pearl Chrome, Galvanic Embellisher dan M Leather Steering Wheel. Mengingat status BMW Seri 5 sebagai sedan eksekutif, maka fitur Gesture Control, integrasi gawai, AC otomatis dengan tambahan blower untuk penumpang belakang hingga wireless charging untuk ponsel menjadi kelengkapan standar. Kemudi M Sport model 3-spoke tampil sporty disertai tombol-tombol untuk mengakses fungsi sistem audio dan cruise control. 

Review BMW 520i M Sport 2021: Kursi

Kursi model sport didukung pengaturan elektrik yang lengkap sehingga pengemudi  mudah mendapatkan posisi mengemudi yang paling optimal termasuk fitur memory seat dan penyetelan lumbar support sehingga tubuh seperti didekap dengan erat.

gambar bmw

Kemewahan dan kenyamanan berlaku sama untuk para penghuni kursi depan belakang

Joknya dilapisi kulit berpori dengan  motif pola belah ketupat yang unik dan berkarakter sporty. Sementara bagi penghuni kursi baris kedua tersedia pengaturan AC multiple zone dengan blower tambahan sehingga penumpang belakang mendapatkan kenyamanan terbaik. O iya tidak lupa fitur penting berupa wireless charging agar konektivitas ponsel selalu maksimal.    

Review BMW 520i M Sport 2021: Bagasi

Menyandang predikat dasar sebagai BMW Seri 5 yang masuk dalam klasifikasi kelas medium, tentunya BMW 520i M Sport 2021 menawarkan ruang bagasi yang lapang dengan volume sebesar 530 liter. Menampung tas golf berukuran besar tidak menjadi masalah signifikan.

gambar bmw

Ruang bagasi BMW 520i M Sport 2021 dengan kapasitas 530 liter

Ruang bagasi dibekali bukaan lebar (kiri-kanan) dan posisi dek yang lebih rendah sehingga akses bongkar muat barang bawaann menjadi lebih mudah termasuk untuk benda-benda berdimensi relatif besar. Hanya saja, ruang roda yang cukup besar ternyata lumayan mengurangi kapasitas ruang bagasi sehingga tidak mudah memuat barang-barang lebar.       

Fitur BMW 5 Series 2021

Review BMW 520i M Sport 2021: Fitur Hiburan & Kenyamanan

BMW 520i M Sport 2021 dilengkapi dengan sistem infotainment berupa layar sentuh berukuran 12,3 inci ditambah instrument display model full digital berukuran 12,3 inci yang disertai BMW Operating System 7. Fitur tersebut didukung dengan Gesture Control dan voice control sehingga gerakan anggota tubuh pengemudi dan ucapan kalimat “Hey, BMW” memungkinkan akses operasional oleh pengemudi. Tentu kelengkapan iDrive Touch Controller, Apple CarPlay, Android Auto, wireless usage, dan kapabilitas multi kanal sudah bersifat standar.

gambar bmw

Sistem infotainment kelas premium untuk memanjakan pengemudi dan penumpang

O iya, tidak ketinggalan perangkat BMW Display Key dan BMW Live Cockpit Professional untuk memanjakan pengemudi karena BMW BMW 520i M Sport 2021 adalah BMW Seri 5 yang masih mengakomodasi konsep driver's car. Sistem audio Bowers & Wilkins HiFi berkekuatan  205 Watt tampil dengan 12 speaker yang ditempatkan secara khusus di seluruh kabin menghasilkan kualitas suara setara studio.  

Review BMW 520i M Sport 2021: Fitur Pengemudian

BMW 520i M Sport 2021 menawarkan fitur driving mode yang mumpuni untuk pemakaian sehari-hari dalam berbagai kondisi semisal stop and go, di jalan tol, smart drive atau eco driving yang bisa dipilih oleh pengemudi.  Anda bisa memilih beberapa driving mode mulai dari ECO Pro, Comfort, Sport, dan Adaptive yang mengubah karakter mobil sesuai dengan kebutuhan. 

gambar bmw

Tersedia pilihan driving mode sesuai dengan kondisi lalu lintas dan kebutuhan operasional

Sebagai contoh, jika pengemudi ingin merasakan sensasi sport driving, tinggal pilih mode sport (performance oriented), begitu pula kalau ingin menghemat bahan bakar, cukup mengakses eco pro. Pada sisi lain, fitur adaptive suspension menghasilkan peredaman sesuai dengan kebutuhan dan selera pengemudi. BMW juga menambahkan fitur  bantuan inovatif seperti Park Assistant untuk menemukan tempat parkir dan melakukan manuver selama parkir paralel sehingga menyederhanakan  aktivitas dan mengurangi beban kerja pengemudi.

Review BMW 520i M Sport 2021: Fitur Keselamatan

Mengingat BMW 520i M Sport 2021 adalah sedan sport yang menawarkan kemampuan manuver pada  kecepatan tinggi, jangan meragukan kinerja tinggi pada sektor sasis dan suspensi. Termasuk dukungan sistem keselamatan yang dikendalikan komputer untuk menghasilkan pengalaman mengemudi yang  aman dan menyenangkan. Sebut saja fitur bantuan pengemudi yang meliputi sistem keselamatan aktif berupa Dynamic Stability Control (DSC).

gambar bmw

Rangkaian fitur keselamatan memberikan rasa aman selama dalam perjalanan

Fitur tersebut mencakup  Cornering Brake Control (CBC), Automatic Stability Control (ASC), Dynamic Brake Control (DBC), Electronic Differential Lock Control (EDLC), Dynamic Traction Control (DTC), dan lainnya. Intinya, segenap perangkat tersebut membantu mengoptimalkan pengendalian dan keselamatan.   .

Operasi BMW 5 Series 2021

Sedan medium beraroma sport ini didukung  mesin empat silinder segaris berkapasitas 2,0 liter TwinPower Turbo plus double VANOS, High Precision Injection dan teknologi BMW EfficientDynamics yang juga digunakan oleh BMW 320i. Secara umum, output sebesar 184 hp dan 290 Nm sudah cukup untuk menjawab kebutuhan pemakaian sehari-hari bagi pemakai BMW 520i M Sport 2021.

gambar bmw

Mesin B48 berdinas di  BMW Seri 3 dan BMW Seri 5

Terlebih akselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu 7,8 detik dan  konsumsi bahan bakar bensin 14,7 km/liter dan emisi CO2 156g/km membuktikan mesin berkode B48 ini mampu memadukan antara efisiensi dan performa secara optimal (sumber data adalah klaim BMW). Tenaga dan torsi mesin tersalur melalui transmisi otomatis 8-speed Steptronic menuju roda belakang disertai distribusi berat (depan belakang) yang optimal sehingga menghasilkan cita rasa sport driving yang sangat kental. .   

Spesifikasi BMW 5 Series 2021

Setelah menyimak review ini, silakan meneliti spesifikasi BMW 520i M Sport 2021 berikut ini:

Dimensi BMW 520i M Sport 2021

Panjang x Lebar x Tinggi 4.936 mm x 1.868 mm 1.466 mm
Jarak sumbu roda 2.975 mm
Kapasitas bagasi  530 liter
Kapasitas tangki bahan bakar  68 liter
Mesin dan Sistem Penggerak
Tipe mesin I-4,  TwinPower Turbo, double VANOS, Valvetronic  
Kapasitas  1.998 cc 
Tenaga  184 hp @ 5.000 – 6.500 rpm  
Torsi   290 Nm @ 1350 – 4250 rpm 
Akselerasi 0-100 km/jam   7,8 detik
Top speed  235 km/jam 
Tansmisi  Otomatis 8-speed, Steptronic
Sistem penggerak  RWD (rear wheel drive)
Sasis 
Suspensi belakang  5-link 
Rem depan  Cakram ventilasi 
Rem belakang  Cakram ventilasi 
Kemudi   Rack & pinion, EPS 
 Velg  19 inci M Y-spoke style 845 M Bicolour Jet Black
 

Daftar Harga BMW 5 Series 2021

BMW 520i M Sport 2021 rakitan lokal ini (CKD) dipasarkan dengan harga Rp 1,109 miliar (off-the-road) atau Rp 1.259.000.000 (on the road DKI Jakarta untuk mobil pertama). Sedangkan BMW 530i Opulence dibanderol Rp 1,279 miliar (off the road) atau  Rp 1,452 miliar (on the road DKI Jakarta untuk mobil pertama). Harga tersebut sudah termasuk layanan BMW Service Inclusive berupa gratis semua biaya perawatan selama 5 tahun atau 60.000 km. 

gambar bmw

Kedua varian BMW Seri 5 2021 versi CKD ini telah menjalani program LCI

Lalu garansi produk hingga 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh dan garansi ban selama 3 tahun (proteksi oleh BMW Group Tire Coverage) yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban per tahun. Garansi ban termasuk biaya ban dan tenaga kerja, juga  meliputi kerusakan karena tusukan, penggembungan,  pecah dan  robek, serta kerusakan karena kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Kesimpulan BMW 5 Series 2021

Masuk pasar Indonesia pada tahun 2017, generasi terbaru BMW Seri 5 (G30) mendapatkan LCI (Life Cycle Impulse) berupa  penyegaran penampilan dan penambahan fitur pada  tahun 2021. Salah satunya adalah  BMW 520i M Sport 2021, BMW Seri 5 berstatus CKD yang untuk pertama kalinya hadir dalam format M Sport sehingga terlihat lebih sporty.

gambar bmw

Varian BMW 520i dengan format M Sport cocok bagi eksekutif yang dinamis dan berjiwa muda

Sebagai sedan kelas medium, BMW 520i M Sport 2021 adalah jawaban bagi konsumen yang menginginkan sedan yang lebih sporty dan lebih memikat dalam hal  tampilan. Intinya, inilah sedan berkarakter dinamis disertai ukuran bodi yang cukup besar sehingga  cocok bagi eksekutif kekinian yang  tidak melulu harus tampil dengan gaya kaku dan selalu serius.

>>> AC Schnitzer Sediakan Paket Modifikasi BMW Seri 5 Terbaru

Heradiranto
Share this post:
Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

BMW Astra Used Car

DKI Jakarta

Bimmeroom

DKI Jakarta

back to top