Tips Merawat Mobil yang Sudah Dicoating Setelah Lama Tak Dipakai

27/06/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Tips Merawat Mobil yang Sudah Dicoating Setelah Lama Tak Dipakai
Merawat mobil yang sudah dicoating ternyata tetap diperlukan meski mobil lama tak terpakai dan diam di garasi selama PSBB berbulan-bulan. Apa saja perawatannya?

Mobil yang tidak terpakai selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bukan berarti tidak butuh perawatan. Perhatian terhadap kendaraan juga tetap diperlukan agar saat mobil tersebut akan kembali digunakan, sudah dalam keadaan siap pakai. Apalagi saat ini aktifitas masyarakat sudah kembali dimulai. Tentunya mempersiapkan kendaraan dengan sebaik-baiknya juga dibutuhkan agar Anda tetap merasa nyaman berada di dalam mobil tersebut.

>>> Cukup Krusial, Kapan Mobil Harus Dicuci Pasca Treatment Nano Ceramic?

Caranya yaitu dengan menjaga kebersihan bagian eksterior dan interior mobil. Termasuk jangan abaikan merawat mobil yang sudah dicoating. Jika ingin maksimal, tentu Anda bisa menyerahkan proses bersih-bersih ini kepada ahlinya. Antara lain Callys Car Beauty. Sebuah penyedia jasa car detailing di Jakarta yang sudah beroperasi sejak 2009.

Mobil Diam di Rumah Bukan Berarti Tidak Kotor

Membersihkan ruang mesin

Ruang mesin juga sebaiknya dibersihkan

Marchel, pemilik Callys Car Beauty menyebutkan, banyak pemilik mobil yang beranggapan karena kendaraannya tidak digunakan selama lebih kurang 3 bulan selama masa PSBB, maka mobil tetap dalam keadaan bersih. Sehingga tidak diperlukan lagi perawatan intensif mengingta tidak ada kotoran yang menempel pada kendaraan tersebut. Apalagi merawat mobil yang sudah dicoating juga tidak dibutuhkan mengingat cat mobil sudah terlindungi oleh lapisan coating.

>>> Cek harga mobil baru lengkap dengan promo dan diskon menariknya disini

Padahal menurut Marchel, kendaraan yang terlihat bersih bukan berarti kendaraan itu bebas dari jamur, baik jamur bodi maupun kaca. Terlepas dari kendaraan itu digunakan untuk aktivitas sehari-hari maupun hanya terparkir saja selama 3 bulan di rumah.

"Hal ini disebabkan oleh iklim di Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi, ditambah seringnya perubahan cuaca dari panas ke hujan secara tiba-tiba. Dan hembusan partikel debu polusi udara yang menempel pada bodi kendaraan akan membuat kondisi cat kendaraan menjadi lebih cepat kusam dan berjamur," katanya melalui keterangan tertulisnya.

Sebaiknya Rutin Bersihkan Mobil 1-2 Hari Sekali

Coating mobil

Mobil yang sudah dicoating juga perlu dirawat

Untuk itu Marchel menyarankan agar para pemilik mobil, walaupun tidak digunakan untuk beraktivitas tetap melakukan perawatan sederhana, minimal membersihkan bodi kendaraannya 1 atau 2 hari sekali dengan menggunakan lap microfiber.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas yang paling lengkap cuma ada disini

"Lap microfiber itu memiliki daya resap yang besar, baik terhadap air maupun kotoran atau debu halus, dimana kotoran atau debu tersebut akan masuk ke dalam lapisan fiber kain dan tidak menyebabkan cat kendaraan tergores ketika kita melakukan pengelapan berulang-ulang," lanjut dia.

Pemilik Callys Car Beauty yang berlokasi di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan ini juga menjelaskan penggunaan kain microfiber berbeda dengan lap sintetis chamois. Karena lap chamois cenderung dapat membuat lecet bodi kendaraan dikarenakan kotoran/debu akan tetap menempel pada permukaan lap tersebut. Jika Anda tengah mencari lap microfiber, coba saja mencarinya di link di bawah ini:

Merawat Mobil yang Sudah Dicoating

Memberishkan jok mobil

Jangan lupa untuk membersihkan interior

Bagi pemilik kendaraan yang bodi mobilnya sudah di detailing atau sudah pernah di coating, Marchel menyarankan sebaiknya hindari penggunaan shampo mobil yang ber-Ph tinggi. Karena shampo akan menimbulkan efek negatif terhadap material coating yang sudha diaplikasikan ke permukaan cat mobil tersebut.

>>> Berita otomotif terbaru terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa dibaca disini

"Ketika mobil sudah di coating atau minimal detailing, ketika terkena air hujan atau cipratan kotoran, cukup siram saja dengan menggunakan air bersih lalu di lap menggunakan lap microfiber yang bersih, saya tidak menyarankan untuk dicuci menggunakan shampoo mobil, apalagi terlalu sering, karena kandungan Ph pada shampoo mobil biasanya memiliki reaksi yang negatif terhadap bahan dasar poles detailing maupun coating," jelas Marchel.

Marchel juga menjelaskan untuk pemilik mobil yang ingin cat kendaraannya terporteksi di workshop Callys Car Beauty bisa langsung menghubunginya di 081298446303 atau datang ke lokasi workshop di Jl. BRI Radio Dalam (belakang Kost Griya Gandaria).. Hanya dengan Rp700 ribu pemilik kendaraan tipe Small Car sudah bisa menikmati layanan Full Detailing. Atau bagi yang mau coating cukup siapkan budget Rp1,5juta saja untuk kategori Small Car.

"Harga ini sudah bisa mendapatkan layanan Diamond Coating 10H (2 layer), masih ditambah layanan antar pulang ke rumah free dari kami bagi pelanggan yang mobilnya menginap di workshop kami," kata Marchel.

>>> Tips dan trik menarik lainnya tentang perawatan mobil klik disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top