Tips Merawat Mobil Koleksi yang Jarang Dipakai

14/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Tips Merawat Mobil Koleksi yang Jarang Dipakai
Merawat mobil koleksi sebenarnya sama dengan merawat mobil pada umumnya. Hanya saja, jangan biarkan mobil tersimpan terlalu lama di dalam garasi rumah Anda.

Bagi sebagian orang, memiliki mobil bukan hanya sekedar butuh alat transportasi. Namun ada juga yang memiliki mobil sebagai barang koleksi. Para kolektor ini pun memiliki selera yang berbeda-beda. Ada yang hobi mengoleksi mobil sport, mobil antik, atau mobil dari brand tertentu.

>>> Hal-hal yang Perlu Diperhitungkan Saat Ingin Membeli Mobil Tua

Nah untuk Anda yang gemar koleksi mobil, berikut kami berikan tips merawat mobil koleksi. Ini agar menjaga koleksi Anda tetap selalu dalam keadaan prima.

1. Panaskan Mesin Tiap Hari

mesin mobil tua

Jangan malas untuk memanaskan mesin tiap hari

Gemar koleksi mobil maka harus rajin dalam merawatnya. Perawatan paling mudah untuk mobil-mobil yang jarang dipakai ini adalah rutin untuk memanaskan mesinnya. Nyalakan mesin tiap hari, bisa pagi atau sore hari selama lebih kurang 10 menit. Ini agar menjaga mesin selalu bekerja dan mencapai suhu optimal.

>>> Selalu ada promo mobil baru disini

2. Rutin Dicuci

mencuci mobil klasik

Selalu rutin mencuci mobil walaupun mobil disimpan di garasi

Walaupun mobil-mobil kategori koleksi biasanya jarang digunakan, tetapi penting untuk selalu rutin mencuci mobil. Ini untuk menjaga kondisi eksterior dan interior mobil selalu bersih. Merawat mobil koleksi bukan cuma merawat mesinnya saja kan...

>>> Pilihan mobil bekas paling lengkap ada disini

3. Jalankan Minimal 2 Pekan Sekali

nyetir mobil klasik

Mobil-mobil koleksi juga wajib dijalankan

Dalam merawat mobil koleksi jangan selalu disimpan di garasi. Mobil-mobil ini tetap harus dijalankan. Minimal dua pekan sekali dengan jarak 15-20 km. Tidak perlu ngebut namun cukup dengan kecepatan 80 km/jam. Ini agar menjaga suspensi, rem, power steering, AC, termasuk juga daya aki, selalu bekerja optimal.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top