Tips Merawat Mobil Koleksi yang Jarang Dipakai

14/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Tips Merawat Mobil Koleksi yang Jarang Dipakai
Merawat mobil koleksi sebenarnya sama dengan merawat mobil pada umumnya. Hanya saja, jangan biarkan mobil tersimpan terlalu lama di dalam garasi rumah Anda.

Bagi sebagian orang, memiliki mobil bukan hanya sekedar butuh alat transportasi. Namun ada juga yang memiliki mobil sebagai barang koleksi. Para kolektor ini pun memiliki selera yang berbeda-beda. Ada yang hobi mengoleksi mobil sport, mobil antik, atau mobil dari brand tertentu.

>>> Hal-hal yang Perlu Diperhitungkan Saat Ingin Membeli Mobil Tua

Nah untuk Anda yang gemar koleksi mobil, berikut kami berikan tips merawat mobil koleksi. Ini agar menjaga koleksi Anda tetap selalu dalam keadaan prima.

1. Panaskan Mesin Tiap Hari

mesin mobil tua

Jangan malas untuk memanaskan mesin tiap hari

Gemar koleksi mobil maka harus rajin dalam merawatnya. Perawatan paling mudah untuk mobil-mobil yang jarang dipakai ini adalah rutin untuk memanaskan mesinnya. Nyalakan mesin tiap hari, bisa pagi atau sore hari selama lebih kurang 10 menit. Ini agar menjaga mesin selalu bekerja dan mencapai suhu optimal.

>>> Selalu ada promo mobil baru disini

2. Rutin Dicuci

mencuci mobil klasik

Selalu rutin mencuci mobil walaupun mobil disimpan di garasi

Walaupun mobil-mobil kategori koleksi biasanya jarang digunakan, tetapi penting untuk selalu rutin mencuci mobil. Ini untuk menjaga kondisi eksterior dan interior mobil selalu bersih. Merawat mobil koleksi bukan cuma merawat mesinnya saja kan...

>>> Pilihan mobil bekas paling lengkap ada disini

3. Jalankan Minimal 2 Pekan Sekali

nyetir mobil klasik

Mobil-mobil koleksi juga wajib dijalankan

Dalam merawat mobil koleksi jangan selalu disimpan di garasi. Mobil-mobil ini tetap harus dijalankan. Minimal dua pekan sekali dengan jarak 15-20 km. Tidak perlu ngebut namun cukup dengan kecepatan 80 km/jam. Ini agar menjaga suspensi, rem, power steering, AC, termasuk juga daya aki, selalu bekerja optimal.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Bermain Mobil Antik, Sabar Saja

05/09/2017

Pasar mobil

Kalau bermain mobil antik, di samping gairah, Anda harus memiliki kesabaran tentunya. Proses pertama merupakan pencarian bahan – bahan mobil antik, dan yang kedua merupakan proses restorasi secara benar untuk mobil tersebut dapat penampilan original seperti baru keluar dari pabrik.

Lihat juga

Koleksi Mobil Klasik Retro

17/04/2017

Pasar mobil

Beragam varian mobil yang hadir membuat perkumpulan mobil klasik makin meriah, diantaranya Kijang Doyok, VW Bettle, Vespa, Moge Harley Davidson, Fiat Uno, Beragam tipe Mercedes-Benz, Volvo, Honda S600, Peugeot 504, Toyota Land Cruiser ‘Hardtop’, Toyota Corolla DX KE70, Mitsubishi Lancer SL, Mini Cooper

Lihat juga

Servis Mobil Tua Sebaiknya di Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

25/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat akan servis mobil tua, Anda mungkin akan bingung. Apakah perlu servis di bengkel resmi, atau cukup di bengkel non resmi. Berikut kami berikan perbandingannya.

Lihat juga

Review Toyota Starlet 1.3 SE-G 1995

30/05/2019

Editor rate:

Toyota Starlet sempat menjadi mobil idaman kawula muda di era 90an dan kini masih memiliki tempat spesial di mata penikmat otomotif Tanah Air. Tapi apakah ia masih layak dimiliki di tahun 2019

Lihat juga

Harga Mitsubishi Mirage 2020: Daftar Harga mobil Mitsubishi Mirage Terbaru September

01/09/2020

Mitsubishi

Saat ini kendaraan jenis Hatchback atau mobil dengan kapasitas 5 penumpang sangat disukai masyarakat perkotaan. Dengan memiliki bodi kompak merupakan ciri khas dari mobil yang disebut city car ini. Disamping itu, mobil ini juga bisa dinilai lebih ramah terhadap kondisi dan situasi jalanan perkotaan yang macet. Mitsubishi Mirage merupakan salah satu dari city car. Harganya yang tergolong relatif murah membuat mobil ini disukai banyak orang.

Lihat juga