Seberapa Jauh Mobil bisa Menyala Ketika Lampu Indikator Bensin Menyala?

12/12/2017

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Seberapa Jauh Mobil bisa Menyala Ketika Lampu Indikator Bensin Menyala?
Apa yang terjadi jika lampu indikator bensin menyala? Berarti hanya ada sedikit bahan bakar yang tersisa di dalam mobil kita. Lalu, bagaimana jika hal ini terjadi ketika kita sedang dalam perjalanan dan tidak menemukan pom bensin maupun penjual ketengan di tepi jalan. Apakah kita harus terus berjalan? Jika iya, berapa lama kendaraan kita bisa bertahan?

Mungkin kehabisan bahan bakar maupun lampu penanda di dashboard yang berkedip pernah kita alami. Beruntung jika lampu tersebut berkedip di daerah perkotaan dengan banyak pom bensin atau penjual minyak ketengan. Tapi bagaimana jika hal ini terjadi ketika sedang di jalan tol atau sedang menempuh perjalanan luar kota.

sebuah gambar lampu indicator bensin sedang menyala dalam sebuah mobil

Perhatikan lampu indicator bensin yang menyala

Lampu indikator bensin menyala bukan menandakan bahan bakar teman sudah habis, tetapi menunjukkan bahan bakar yang ada pada tangki tinggal sedikit. Meskipun lampu bahan bakar menyala, mobil masih bisa berkendara beberapa kilometer lagi untuk memudahkan teman mencari tempat pengisian terdekat.

Jika lampu indikator bensin menyala, berarti ada beberapa liter bahan bakar tersisa dalam tangki mobil. Sebagian besar mobil setidaknya menyimpan setidaknya 7 liter bahan bakar. Tapi, cadangan bahan bakar ini berbeda untuk setiap pabrikan, bahkan model yang berbeda dalam satu pabrikan.

>>> Mungkin Anda tertarik, Apa yang Harus diketahui tentang Suhu Mesin Mobil?

Untuk lebih paham, ada daftar dan chart untuk beberapa model mobil yang memberikan gambaran berapa banyak bahan bakar yang tersisa (dalam gallons, 1 gallons = 3.8 liter).

daftar berapa jauh mobil Anda bisa berkendara jika lampu bensin menyala

Tabel beberapa pabrikan mobil untuk bahan bakar cadangan

Untuk perbandingan, biasanya ketika lampu indikator menyala, masih ada sekitar 26 mil (atau sekitar 41 km) lagi sebelum mobil benar-benar kehabisan bahan bakar. Jarak tersebut akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan bebarapa faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Misalnya kecepatan mobil, pengereman dan akselerasi, serta perawatan pada mobil.

>>> Ingin menjaga mobil kesayangan Anda selalu seperti baru, bacalah artikel di link ini

Jenis mobil juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar yang akhirnya mempengaruhi jarak tempuh ketika lampu indikator menyala. Jika teman mengemudikan Corsaux Vauxhall, mobil bisa menempuh lebih dari 29 mil (atau 46km). Bandingkan dengan jarak 37 mil (atau 60 km) yang bisa dicapai oleh Ford atau 39 mil (63 km) jika teman menggunakan Volkswagen Polo.

Bahkan, jika teman menggunakan mobil dengan cadangan bahan bakar yang lebih besar, seperti Audi A3 dan Volkswagen Golfs, mobil bisa berjalan sepanjang 42 mil (68km) mulai dari lampu menyala.

interior dalam sebuah mobil sangat mewah

Audi A3, mempunyai cadangan bahan bakar yang cukup untuk 68 km

Namun, kebanyakan pengendara melebih-lebihkan kemampuan mobil untuk berkendara ketika lampu indikator menyala. Padahal, berkendara dengan bahan bakar yang sedikit bisa menimbulkan masalah yang akan mecederai mesin mobil. Berkendara dengan bahan bakar yang sedikit bisa menimbulkan penyumbatan pada filter.

Klik video berikut ini untuk paham lebih jelas tentang hal itu

Selain itu, mobil yang berhenti tiba-tiba bisa mengakibatkan masalah besar di jalanan, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga pengendara lain. Karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, perhatikan ketersediaan bahan bakar serta perhatikan tempat-tempat pengisian bahan bakar yang aan dilalui. Lakukan hal ini untuk mencegah terjadinya kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Perhatikan video tentang berapa lama mobil bisa berjalan ketika lampu indikator bensin menyala berikut ini.

>>> Mari berbagi pengalaman kendaraan berempat roda di sini

Share this post:

Berita lain

Lampu Indikator Menyala Terus Artinya Ada yang Tak Beres dengan Mobil

10/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Lampu indikator mobil seharusnya segera mati saat kunci diputar ke posisi ON. Jika menyala terus hampir bisa dipastikan ada sesuatu yang tidak beres dan perlu pengecekan.

Lihat juga

Tidak Perlu Panik, Ini Tips Saat Lampu Indikator di Panel Instrumen Mobil Menyala

21/12/2018

Perawatan dan service

4 menit

Salah satu fungsi lampu indikator pada panel instrumen adalah memberi peringatan kepada pengemudi adanya masalah pada mesin. Namun tidak perlu panik, begini tips saat lampu indikator menyala.

Lihat juga

Beberapa Penyebab Lampu Indikator Kantong Udara Menyala

12/12/2017

Perawatan dan service

3 menit

Meskipun ada banyak keadaan lampu indikator pada dashboard menyala, jarang sekali lampu indikator kantong udara menyala. Menurut para ahli, jangan panik jika teman menemukan lampu indikator kantong udara/airbag menyala pada dashboard. Panik akan hal ini bisa mempengaruhi ketenangan teman dalam berkendara.

Lihat juga

Lampu Indikator Rem ABS Jeep Wrangler JK Menyala Setelah Off-Road, Kenapa?

29/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Lampu indikator rem ABS yang menyala memang membuat khawatir semua pemilik mobil, tak terkecuali para pemilik Jeep Wrangler JK. Jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan panik dan simak ulasannya berikut ini

Lihat juga
 
back to top