Pencurian Semakin Marak, Ford Luncurkan Teknologi Keyless Anti Pencurian

Pencurian mobil berteknologi keyless semakin marak terjadi, terlebih di Eropa sana. Untuk menanggulangi masalah tersebut, Ford telah menyiapkan teknologi terbaru mereka, teknologi keyless anti pencurian di Eropa.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh perusahaan jasa otomotif Inggris, RAC, pencurian mobil keyless di Inggris dan Wales telah meningkat dari 65.783 pada 2013 menjadi 85.688 pada 2017. Pencuri bisa dengan mudah membeli perangkat pencurian melalui internet. Namun Ford bertindak cepat dengan meluncurkan teknologi keyless anti pencurian.

dua buah kunci fob Ford dalam genggaman

Ford memperkenalkan sistem keyless baru untuk Focus dan Fiesta

Teknologi akan mencegah serangan pencurian mobil berteknologi keyless dengan memperbarui sistem keamanan mobil. Awalnya, pencuri akan mencegat sinyal antara kunci mobil dengan mobil dan menghasilkan kode entri yang memungkinkan mereka masuk ke dalam dan menghidupkan mobil.

>>> Rentan Diretas, Studi: Mobil Baru Memiliki Tingkat Keamanan Kendaraan yang Rendah

Ford sudah mempersenjatai dua mobil populer mereka di Eropa, Ford Fiesta dan Ford Focus yang dilengkapi dengan teknologi baru. Kunci fob akan dilengkapi dengan sensor gerak yang mendeteksi apakah kunci tersebut bergerak atau tidak selama 40 detik. Jika tidak, kunci akan mengaktifkan “mode tidur”, yang berarti kunci fob tidak akan berinteraksi dengan semua akses yang masuk ke dalam kunci.

teknisi dengan laptop yang memegang kunci fob Ford

Sistem akan menonaktifkan semua akses yang masuk ke dalam kunci

"Ketersediaan secara online perangkat yang dimiliki oleh pemilik kendaraan kami menjadi masalah bagi Ford, industri kami dan para penegak hukum," kata spesialis keamanan Ford, Simon Hurr sebagaimana dilansir dari Motor1. "Kami senang menanggapi dengan solusi sederhana namun efektif - diterapkan dengan cepat untuk membantu melindungi pemilik mobil terlaris kami."

>>> Teknologi terbaru dari industri otomotif bisa Anda dapatkan di sini

Untungnya, pemilik mobil Focus dan Fiesta tidak harus membeli mobil baru untuk mendapatkan teknologi ini. Bagi pemilik yang sudah memiliki generasi teranyar dari dua mobil tersebut cukup membeli kunci fobs baru dengan harga £ 65 (sekitar Rp1.2 juta) untuk Ford Fiesta dan £ 72 (sekitar Rp1.3 juta) untuk Ford Focus ditambah dengan biaya pemasangan.

"Ini adalah berita bagus bagi pemilik mobil dan industri otomotif yang lebih luas," kata Richard Billyeald, kepala staf teknis di Thatcham Research. "Ada kelemahan yang diketahui dalam sistem entri keyless, dan kami senang bahwa Ford telah memberikan respons yang sederhana dan efektif pada model-model penjualan besar ini. Kami berharap pembuat mobil lain akan merespons dengan cara yang sama."

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

teknisi yang sedang melakukan pengaturan kunci fob Ford

Pengguna Focus dan Fiesta generasi terbaru bisa langsung membeli kunci fob ini

Penggunaan teknologi keyless anti pencurian bisa menjadi senjata terbaru untuk melawan pencurian kendaraan keyless. Meskipun beberapa cara bisa Anda lakukan untuk mencegah pencurian mobil berteknologi keyless, seperti membungkus kunci fob dengan aluminium foil atau meletakkannya di dalam lemari es.

>>> Baca tips otomotif terlengkap lainnya hanya di sini!

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top