Trik Modifikasi Mobil Ayla yang Keren Tapi Low Budget

18/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Ayla yang keren tidak harus membutuhkan biaya sangat mahal. Karena dengan mengetahui beberapa trik dan melakukan kombinasi yang tepat, bisa kok tamoil keren tapi berbiaya rendah.

Modifikasi mobil Ayla merupakan suatu opsi yang dijalani para pemilik kendaraan tersebut. Landasannya pun bermacam-macam, ada yang ingin mobilnya terlihat lebih mewah atau sporti, tapi ada yang hanya sekedar mau tampil beda biar gak pasaran.

Karena bisa dimaklumi, mengingat sejak dijual pertama kali pada tahun 2012, Ayla begitu banyak peminatnya. Bahkan mobil LCGC (Low Cost Green Car) pertama ini sering jadi tulang punggung penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia. Jadi tak heran kalau populasi Ayla sudah sedemikian banyak.

Namun untuk modif mobil Ayla tentulah wajib disiapkan budget khusus. Dana ini diperlukan untuk membeli beberapa aksesoris yang bisa membuat penampilan Daihatsu Ayla Anda jadi berbeda dibanding sebelumnya. Tapi tenang, kalau Anda di rumah juga punya mobil ini dan ada keinginan di modif, maka Cintamobil.com akan berikan beberapa tips untuk modifikasi mobil Ayla dengan biaya yang tidak terlalu besar namun hasilnya tetap bisa keren.

>>> Cocok Untuk Millenial Ini Keunggulan Daihatsu Ayla

Modifikasi Mobil Ayla Putih Pakai Velg 15

Modifikasi Velg Daihatsu Ayla

Cukup pasang velg 15 inci sudah bikin Ayla terlihat lebih keren

Tips pertama untuk modif mobil Ayla adalah dengan mengganti velg bawaan di kendaraan tersebut. Pada kondisi standar, Daihatsu Ayla ada yang menggunakan velg berdiamater 13 inci dan ada yang pakai 14 inci. Jenisnya ada yang steel wheels alias velg besi, dan juga ada yang sudah alloy wheels. Untuk mengganti velg standar Ayla tanpa harus melakukan modifikasi di ruang fender, maka cukup naikkan 1-2 step dari ukuran velg standar. Misalnya Ayla Anda awalnya pakai velg 13 inci maka maksimal ganti ke ukuran ring 15. Tapi kalau sudah pakai velg 14 inci, bisa naik sampai 16 inci.

Yang perlu diperhatikan dari proses modifikasi mobil Ayla dengan mengganti velg ini adalah spesifikasi dari velg tersebut. Untuk velg standar Ayla memiliki PCD 4x100 dengan offset 45. Jadi kalau mau cari velg aftermarket atau velg dari mobil lain untuk menggantikan velg standar, pastikan velg tersebut punya PCD 4x100 dan offset di rentang 38-40 agar posisi ban dan velg tidak membentur dinding fender.

Di toko-toko velg, cukup banyak varian velg untuk bisa terpasang pada Daihatsu Ayla. Ada yang buatan Jepang, Eropa, atau Taiwan, ada yang baru maupun bekas. Kalau mau yang terjangkau Anda bisa pilih velg dalam kondisi bekas. Biasanya untuk velg ukuran ring 15, ditawarkan di rentang harga Rp 3.000.000 - Rp 5.000.000 sudah berikut ban jika itu velg Taiwan. Tapi kalau velg Jepang atau Eropa bisa dua kali lipat.

Dan supaya penampilan velg ini terlihat menonjol di mobil Anda meskipun pakai velg bekas, maka sebaiknya kombinasikan antara warna velg dengan warna bodi mobil. Misalnya untuk modif mobil Ayla putih, maka bisa pilih velg warna hitam atau malah warna-warna cerah seperti biru muda, hijau muda, atau merah muda. Sementara untuk modifikasi Ayla merah akan lebih baik pilih velg yang warna putih agar terlihat kontras.

Modifikasi Mobil Ayla Merah Ceper

Modifikasi Daihatsu Ayla Ceper

Tak mahal buat bikin Daiahtsu Ayla lebih ceper

>>> Merawat Suspensi Udara Biar Bisa Ceper Tapi Nyaman

Setelah opsi ganti velg dilakukan, biasanya kondisi mobil akan lebih tinggi dari sebelumnya. Apalagi jika velg baru yang terpasang ukurannya lebih besar dari velg standar. Dalam kondisi ini mobil jadi terlihat tidak terlalu manis, sehingga Anda bisa buat Daihatsu Ayla itu jadi lebih ceper.

Cara modifikasi mobil Ayla biar lebih ceper pun ternyata juga cukup mudah. Yaitu dengan mengganti per depan dan per belakang menggunakan per milik mobil lain atau per aftermarket. Untuk per aftermarket tentu saja sistemnya bisa plug and play karena memang sudah didesain untuk Daihatsu Ayla.

Tapi kalau mau subtitusi dengan per dari mobil lain, maka bisa pilih per depan Daihatsu Gran Max untuk dipasang di bagian suspensi depan Ayla. Sedangkan untuk per bagian belakang bisa pasang per belakang milik Honda Jazz. Kalau saat dipasang kedua per ini masih tetap membuat bodi Ayla terlihat jangkung, maka tinggal dipotong 1-2 ulir agar mobil jadi lebih ceper.

Harga untuk per Daihatsu Gran Max dan Honda Jazz ini juga tidak terlalu mahal kok, Anda bisa menebusnya di kisaran Rp 600.000 - Rp 1.200.000 untuk kondisi baru.

Daihatsu Ayla Modifikasi Stiker

Modifikasi Daihatsu Ayla Stiker

Pakai stiker simple saja penampilan Ayla sudah berubah

Langkah berikutya untuk modifikasi mobil Ayla adalah dengan menempelkan cutting sticker. Tentunya tema stiker yang hendak dipasang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Namun perhatikan juga kombinasi warna antara stiker dan cat bodi.

Untuk Modifikasi stiker mobil Ayla putih cenderung lebih leluasa dalam menentukan warna stiker. Sebab warna apapun akan terlihat menonjol jika dipadukan dengan putih. Namun ketika memasang stiker untuk mobil Ayla warna lain maka perlu kombinasi yang tepat.

Contohnya modif Ayla merah maka sebaiknya gunakan warna stiker sedikit gelap, sepeti hitam atau abu-abu. Tapi kalau mau warna lain, maka modifikasi stiker mobil Ayla merah lebih baik pakai warna-warna muda, seperti hijau muda, biru muda, atau putih. Dengan begini, posisi stiker akan terlihat jelas di bodi mobil.

Harga pemasangan stiker ini sebenarnya amat bervariasi, tergantung tingkat kesulitan pola stiker dan dimensi stiker. Namun jika hanya stiker sederhana untuk aksen di sisi kiri dan kanan bodi mobil, maka biasanya dikenai biaya mulai dari Rp 200.000.

>>> Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020: Mobil Daihatsu Termurah Se-Indonesia

Modifikasi Ayla Simple Pakai Cover Jok Custom

Modifikasi Daihatsu Ayla Interior

Kalau sudah seperti ini, kabin Ayla jadi terlihat mewah

Langkah terakhir untuk modifikasi mobil Ayla adalah dengan memasang cover jok atau sarung jok. Dengan cara ini selain akan merubah penampilan ruang kabin mobil Anda, juga sekaligus melindungi pelapis jok bawaan dari mobil tersebut dari noda yang mungkin saja mengenai bagian jok.

Untuk bahan pelapis kabin ini kalau mau murah cukup pakai material kulit sintetis, namun sebaiknya pilih yang permukaannya cukup halus agar jok tetap nyaman untuk digunakan sehari-hari. Sementara perihal kombinasi warnanya, bisa Anda sesuaikan juga dengan warna eksterior.

Misalnya modifikasi mobil Ayla merah maka bisa pakai cover jok dengan dominasi warna merah namun dengan aksen hitam atau putih. Tapi kalau mau modifikasi mobil Ayla putih, maka warna interiornya bisa didominasi warna yang lebih kontras, contohnya hitam, cokelat, atau merah tua yang diberi sedikit aksen putih. Tapi bukan berarti warna-warna lain diharamkan. Contohnya kalau mau modifikasi Ayla 2015, maka silahkan saja pilih pelapis jok warna-warna cerah seperti biru, hijau, atau kuning, agar suasana kabin terliaht lebih ceria.

Urusan biaya, proses pemasangan cover jok ini untuk Daihatsu Ayla masuk kategori mobil dengan dua baris jok. Umumnya biaya yang dipatok mulai dari Rp 700.000. Cukup terjangkau bukan?!

Itu tadi beberapa tips untuk modif mobil Ayla supaya terlihat keren tapi tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Tinggal bagaimana kreatifitas Anda dalam memadupadankan agar barang-barang yang sebenarnya murah namun dapat terlihat mewah di mobil Anda.

>>> Klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lain tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Dimana beli aksesoris untuk Daihatsu Ayla?
Membeli aksesoris untuk Daihatsu Ayla sangat mudah didapatkan di toko-toko aksesoris dan perlengkapan mobil, atau bisa juga cari di toko-toko online yang ada di market place Indonesia.
Apakah modifikasi Daihatsu Ayla merusak garansi?
Sesuatu tindakan yang sengaja merubah kondisi mobil dari saat mobil tersebut keluar dari pabriknya, maka otomatis menggugurkan garansi dari pabrikan mobil tersebut. Namun Anda masih bisa memproteksi kendarana yangs duah dimodifikasi dengan mengajukan perluasan asuransi.
Apakah modifikasi Daihatsu Ayla bisa membuat kebakaran?
Jika modifikasi dilakukan dengan tepat tanpa mengubah sistem kelistrikan secara sembarang, maka modifikasi apapun aman-aman saja dilakukan.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top