Review Daihatsu Ayla 2013: Pelopor Mobil LCGC Di Indonesia

13/11/2020

Share this post:

Daihatsu Ayla 2013

Editor rate:

Rp 70.000.000

Pembaruan harga Ayla Lihat promo

Daihatsu Ayla jadi pelopor mobil LCGC di Indonesia, ia diperkenalkan tahun 2012 di JIE Expo Kemayoran mulai dipasarkan tahun 2013, seberapa menarik mobil ini?

Review Daihatsu Ayla 2013: Pelopor Mobil LCGC Di Indonesia
Review Daihatsu Ayla 2013: Pelopor Mobil LCGC Di Indonesia
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Ayla 2013

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Ayla 2013 di bawah ini.

Kelebihan

Kabin cukup luas

Fitur cukup memadai

Harga terjangkau

Kekurangan

Getaran mesin 3-silinder

Headrest proper hanya 2 buah

Tidak tersedia trim yang sudah dual SRS Airbags

Gambar tampak belakang Daihatsu Ayla 2013

Daihatsu Ayla merupakan rancangan orang Indonesia dan untuk konsumen Indonesia

Daihatsu Ayla diperkenalkan sebagai mobil berkonsep green car yang berkapasitas lima penumpang dan hemat bahan bakar. Daihatsu Ayla merupakan tonggak penting dalam sejarah industri otomotif di Indonesia. Alasannya, selain menjawab program pemerintah tentang LCGC (Low Cost Green Car), Ayla ini juga merupakan produk otomotif yang pertama kali didesain oleh orang Indonesia yang kemudian dipilih secara global mengalahkan desainer Italia, Prancis, dan Jepang. Dalam hal ini, PT ADM berperan dalam perencanaan, pengembangan, serta produksi Daihatsu Ayla.

Gambar emblem AYLA di Daihatsu Ayla 2013

Tak terasa desain mobil ini kini sudah berusia 8 tahun

PT Astra Daihatsu Motor akhirnya memperkenalkan Daihatsu Ayla di ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) 2012 yang dibuka pada hari Kamis (20/09/2012) di JIE Expo Kemayoran, Jakarta. Daihatsu Ayla sendiri baru dijual satu tahun setelah diperkenalkan yakni tahun 2013. Dalam pembukaan booth Daihatsu yang dilakukan oleh Presiden Direktur PT ADM yakni Sudirman MR bersama Presiden Daihatsu Motor Company (DMC) Jepang saat itu yaitu Koichi Ina. Mobil ini menjadi pelopor LCGC di Indonesia. Lantas, seberapa menarik Daihatsu Ayla ini? Mari simak review Daihatsu Ayla 2013 hingga tuntas.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Daihatsu Ayla 2013

Review Daihatsu Ayla 2013: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Daihatsu Ayla 2013

Lampu depan kristal multireflektor demi penerangan maksimal

Tampilan eksterior depan Daihatsu Ayla 2013 merupakan yang tercantik di kelasnya menurut kami. Bentuk grille depan yang menyatu dan dilapis bazel chrome membuatnya kian menarik saat dilihat dan berpadu serasi dengan desain rumah foglamp. Air dam yang besar juga punya pengaruh positif dalam mengalirkan udara ke dalam engine bay untuk membantu mendinginkan mesin.

Review Daihatsu Ayla 2013: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Daihatsu Ayla 2013

Velg alloy 14 inci dan spion elektrik sudah ada di Ayla tipe X ini

Lanjut ke tampilan eksterior samping Daihatsu Ayla 2013 ini. Mobil yang Anda lihat di foto ini merupakan tipe X yang mana saat itu jadi tipe tertinggi Daihatsu Ayla saat pertama kali dijual di Indonesia. Baru setahun setelahnya muncul Daihatsu Ayla tipe X Elegant yang ada tambahan aerokit dan emblem Elegant. Namun, meski ini Daihatsu Ayla 'biasa', tapi tampilannya tetap berkarakter berkat adanya ornamen krom pada gagang pintu dan door guard.

Review Daihatsu Ayla 2013: Tampilan Belakang

Gambar tampilan samping Daihatsu Ayla 2013

Lampu belakang desainnya terinspirasi dari bentuk daun

Pada bagian buritan Daihatsu Ayla 2013 ini juga tampak sederhana tanpa adanya wiper belakang di tahun-tahun produksi awal, sementara Daihatsu Ayla yang dijual mulai tahun 2015 sudah dilengkapi dengan wiper belakang berikut dengan washernya. Namun demikian nuansa sporty masih terwakili dengan adanya spoiler belakang yang juga dilengkapi dengan high mount stoplamp, sehingga pengemudi di belakang Daihatsu Ayla ini bisa lebih mudah melihat keberadaan mobil ini.

>>> Inspirasi Modifikasi Daihatsu Ayla Mobil Ucok Baba


Interior Daihatsu Ayla 2013

Review Daihatsu Ayla 2013: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Daihatsu Ayla 2013

Interiornya sederhana namun permainan warna two tone membuatnya tidak membosankan

Mengingat ia hadir sebagai mobil dengan harga terjangkau, maka tak heran fiturnya juga sederhana. Namun segala hal yang esensial ada di kabin Daihatsu Ayla 2013 ini. Ambil contoh head unit berukuran double din dengan desain terintegrasi, colokan lighter sudah tersedia di mobil ini. Kisi AC bagian samping kanan dan kiri juga mampu diputar hingga 180 derajat dan dapat ditutup.

Review Daihatsu Ayla 2013: Kursi

Gambar kursi Daihatsu Ayla 2013

Sayangnya headrest yang dapat diatur hanya dua buah di kursi belakang saja

Meski dimensinya mungil, namun Anda jangan meremehkan akomodasi yang disuguhkan oleh Daihatsu Ayla, sebab lima orang penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan cukup nyaman di kabin mobil ini. Kursi depan baik sisi pengemudi maupun penumpang depan dapat diatur maju dan mundur secara leluasa. Joknya juga cukup empuk diduduki untuk sebuah mobil berharga terjangkau. Sementara duduk di kursi belakngnya Anda akan mendapati legroom dan headroom yang cukup luas.

Review Daihatsu Ayla 2013: Bagasi

Gambar bagasi Daihatsu Ayla 2013

Secara mengejutkan kapasitas bagasinya cukup luas

Demikian juga saat Anda membuka bagasinya dari tuas di dalam kabin maupun anak kunci mobil ini. Anda akan takjub dengan kapasitas bagasi yang disuguhkan, karena bagasinya lebih besar dari pada rival-rival di kelasnya pada waktu itu, baik Datsun GO, Suzuki Karimun Wagon R, bahkan Honda Brio Satya. Kapasitas bagasinya juga bisa ditambah dengan melipat kursi belakang, meski tidak rata namun cukup membantu saat hendak membawa barang berukuran besar.

>>> Honda Brio vs Toyota Agya vs Daihatsu Ayla Mana yang Paling Bagus?

Fitur Daihatsu Ayla 2013

Review Daihatsu Ayla 2013: In-Car Entertaiment System

Gambar interior belakang Daihatsu Ayla 2013

Speaker di mobil ini menghasilkan suara yang cukup baik

Head unit dari Daihatsu Ayla 2013 tipe X ini menganut model double din, dan punya kemampuan yang cukup baik di zamannya, dari mulai memutar kepingan CD, membaca input AUX dan USB hingga menangkap sinyal radio dalam gelombang FM maupun AM. Meski tak dilengkapi dengan koneksi Bluetooth, namun di zamannya kemampuan head unit ini sudah patut diacungi jempol. Apalagi empat speaker di dalam mampu menghasilkan suara yang cukup baik.

Review Daihatsu Ayla 2013: Multi Information Display & ECO Indicator

Gambar Multi Information Display Daihatsu Ayla 2013

Informasi MID cukup lengkap tersedia

Daihatsu Ayla 2013 juga sudah dilengkapi dengan Multi Information Display (MID), tak heran ia jadi salah satu yang terbaik di kelasnya sebelum kehadiran Honda Brio Satya. Terdapat enam fungsi yang dapat ditunjukkan oleh layar MID ini, mulai dari odometer, trip meter, jam digatal, indikator BBM, range jarak berdasarkan kalkulasi sisa BBM di tangki, dan average fuel consumption.

>>> Tips Sebelum Membeli Toyota Agya atau Daihatsu Ayla

Operasi Daihatsu Ayla 2013

Gambar mesin 1KR-DE Daihatsu

Dapur pacu Daihatsu Ayla tergolong modern

Mesin yang diusung oleh Daihatsu Ayla 2013 ini adalah unit berkode 1KR-DE. Jantung mekanis ini memiliki konfigurasi 3-silinder segaris tanpa dilengkapi teknologi katup variabel VVT-i. Mesin berkapasitas 998 cc ini mampu mengeluarkan daya sebesar 65 PS atau jika dikonversi tenaga kuda menjadi sekitar 63,5 HP di putaran mesin 6,000 rpm dan torsi 86 Nm pada rotasi mesin 3,600 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan. Mesin ini sudah tergolong presisi dan modern, dan mampu mengkonsumsi oli dengan kekentalan 10W-40, 10W-30,  5W-30 bahkan 0W-20.

>>> Tips Modifikasi Velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Tanpa Ubah Suspensi

Spesifikasi Daihatsu Ayla 2013

Berikut ini adalah spesifikasi Daihatsu Ayla 2013

Mesin Daihatsu Ayla 2013
 Seri mesin

 1KR-DE, 3 Silinder Segaris, DOHC

 Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Jumlah Katup

 12 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 63,5 Hp (65 Ps) @ 6,000 rpm

 Torsi Maksimum

 86 Nm @ 3,600 rpm

 Kapasitas Silinder

 998 cc

 Bore X Stroke

 71,0 mm X 84,0 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Depan

  Rangka Daihatsu Ayla 2013
  Panjang X Lebar X Tinggi  3,640 mm X 1,600 mm X 1,520 mm
 Jarak Sumbu Roda

 2,455 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah  180 mm

Radius Putar

 4,5 Meter
 Kapasitas Tangki

  33 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Daihatsu Ayla 2013
Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut with Coil Spring & Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Non Power Assisted

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Drum Leading Triling Brake

Teknologi Sistem Pengereman  N/A
Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, A-Segment

 Pelek

 Steel, 14 inch

Jenis Ban

 Radial, 175/65 R14

Daftar Harga Daihatsu Ayla 2013

Gambar tampak belakang Daihatsu Ayla 2013

Harga bekasnya termasuk bertahan

Saat ini Daihatsu Ayla bekas ditawarkan dari harga Rp 60 juta hingga Rp 70 jutaan tergantung dari kondisi aktual kendaraan serta trim kendaraannya. Jika Anda ingin harga yang lebih terjangkau bisa saja menebus Daihatsu Ayla tipe D tahun 2013 dengan harga berkisar Rp 55 sampai Rp 60 juta. Untuk trim menengah ada tipe M dengan harga bekas di angka Rp 60-65 jutaan, sedangkan untuk tipe X seperti yang kami review Anda harus merogoh kocek Rp 70 hingga 75 juta.

>>> Daftar Cicilan Daihatsu Ayla 2020 Menggunakan BCA Finance

Kesimpulan Daihatsu Ayla 2013

Gambar ilustrasi kesimpulan review Daihatsu Ayla 2013

Mobil pelopor LCGC ini layak dimiliki karena...

Jika Anda mencari sebuah mobil yang irit BBM, tangguh, tahan banjir dan punya kabin lega maka Daihatsu Ayla adalah mobil yang pas menemani keseharian Anda. Apalagi jaringan servis Daihatsu sudah jadi salah satu yang terkuat di Indonesia, namun Anda meski sabar mengemudikan mobil ini karena tidak se-agresif rivalnya yakni Honda Brio Satya. Tapi secara overall mobil pelopor LCGC ini layak dimiliki.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top