Memeriksa Penyebab Getaran tidak Biasa pada Mobil

Share this post:
Memeriksa Penyebab Getaran tidak Biasa pada Mobil
Memiliki mobil cukup lama memberikan kemungkinan terjadinya masalah pada bagian komponen dan bagian dalam. Salah satu masalah yang paling umum dan paling menggangu adalah getaran. Lalu, apa penyebab mobil bergetar dan bagaimana cara mengatasinya?

Mungkin, anda bisa bertanya kepada diri sendiri, apa penyebab mobil bergetar dan bagaimana cara mengatasinya. Perbaikan bisa menjadi sesuatu yang lebih murah dan sederhana, seperti rotasi ban atau keseimbangan. Namun, hal ini juga bisa menandakan masalah mobil yang lebih serius, seperti yang dirangkum oleh Cintamobil berikut ini,

1. Masalah pada mesin

Terkadang, goyangan atau getaran pada mobil berawal dari kompartemen mesin. Masalah ini terjadi karena mesin tidak mendapatkan cukup udara, bahan bakar atau percikan yang dibutuhkan agar mesin berjalan lancar. Filter udara kotor atau saringan bahan bakar tersumbat bisa membuat mesin bensin kekurangan oksigen atau bahan bakar.

Mobil dengan mesin yang berasap yang berhenti di tepi jalan

Perhatikan masalah pada mesin ketika terjadi getaran

Gejala yang mungkin menunjukan kasus getaran yang berhubungan dengan mesin adalah

  • Getaran yang terjadi ketika akselerasi
  • Getaran pada staccato, seolah-olah melewati strip, dalam rentang kecepatan tertentu
  • Mobil mulai melaju dengan baik sementara wantu, namun kemudian mulai bergetar

2. Masalah pada poros roda

Kendaraan kita dipenuhi dengan bagian yang berputar-putar dan berputar yang harus bekerja sesuai dengan ketentuannya, atau melakukan toleransi, agar bisa bekerja dengan baik. Jika poros roda bengkok, yang bisa terjadi dengan mudahnya karena benturan atau kecelakaan lainnya, hal ini akan membuat mobil menjadi semakin mudah bergetar.

Gambar yang memperlihatkan poros roda yang mengalami kebengkokan yang diletakkan pada lantai

Salah satu penyebab getaran adalah poros roda yang bengkok

Masalah yang terkait bisa membuat bagian drive shaft juga perlu diperiksa. Bagian yang berputar cepat ini memindahkan tenaga mesin ke as roda belakang dan roda di penggerak roda belakang. Jika bengkok, kendaraan bisa mengalami getaran.

>>> Baca mungkin, 5 Tips dan Trik yang Bisa Dilakukan untuk Merawat Mobil Bekas

3. Masalah pada rem

Apakah getaran buruk pada kendaran mucul atau meningkat ketika anda mengerem? Jika demikian, ada kemungkinan kuat bahwa mobil anda bermasalah dengan rotor rem yang bengkok atau rotor. Rotor merupakan komponen piringan perak yang berkilap pada sistem rem cakram. Rotor bisa membengkok karena bentuk dan keausan yang berat.

Gambar yang memperlihatkan bagian rem pada bagian roda sebuah mobil yang sudah tidak terlalu bagus

Jika rotor rem bermasalah, bisa saja menimbulkan getaran pada mobil

Sebuah rotor yang cacat atau mengalami keausan, keliper dan bantalan rem yang meremas rem rotor untuk membuat mobil berhenti, tidak bisa memndapatkan pegangan pada rotor yang bengkok. Hal inilah yang menjadikan getaran ketika anda mengemudi. Cobalah periksa mobil sendiri atau bawa ke bengkel untuk diperbaiki.

4. Masalah pada setir

Seringkali, anda merasakan mobil anda bergetar langsung melalui mobil anda. Dan satu hal yang menjadi penyebabnya secara logis adalah masalah pelurusan pada ban atau setir. Satu atau beberapa roda mungkin mengalami ‘tekanan’ yang berlebihan.

Gambar yang memperlihatkan tangan yang sedang memegang sebuah kemudi pada mobil

Solusi yang bisa dilakukan yaitu mengganti bantalan roda. Pada kendaraan modern, bantalan roda dimaksudkan untuk menjaga agar mobil bisa bertahan lama. Selain itu, pastikan berapa banyak roda yang menyimpang dari rotasi melingkar saat berputar.

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya disini

5. Masalah pada ban

Ban menjadi banyak dari sekian masalah yang menyebabkan getaran pada mobil. Beberapa

  • Mobil bergetar pada kecepatan tertentu: hal ini membutuhkan keseimbangan ban
  • Tapak ban sudah terpisah dari ban: membutuhkan pergantian ban
  • Ban yang tidak rata: membutuhkan rotasi ban
  • Ban yang tidak ‘bundar’ atau  bergulung tidak rata: membutuhkan pergantian ban

Gambar yang memperlihatkan ban yang sudah mengalami keausan pada sebuah mobil

Ban bisa menjadi penyebab utama getaran pada mobil

Hal yang perlu diingat adalah ban bukanlah penyebab mobil bergetar. Bila ragu, sebaiknya anda menemui teknisi di bengkel terpercaya anda. Tapi, selalu periksa kendaraan anda jika terjadi getaran ketika anda mengemudi.

Periksa beberapa penyebab getaran pada mobil

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Share this post: