Knalpot Keluar Air Tiap Pagi Tanda Mobil Sehat, Benarkah?

19/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Knalpot Keluar Air Tiap Pagi Tanda Mobil Sehat, Benarkah?
Pernahkah Anda memperhatikan saat knalpot keluar air tiap pagi ketika mesin mobil dipanaskan? Gejala apakah ini? Apakah ada yang salah dengan mesin mobil Anda?

Banyak anggapan yang menyebut jika mobil yang kerap mengeluarkan air dari lubang knalpot adalah tanda mobil tersebut dalam kondisi baik. Air ini biasanya keluar saat mobil baru pertama kali dinyalakan di pagi hari.

>>> Kenali Cara Merawat Knalpot Mobil Berdasarkan Bahannya

Apakah anggapan itu benar? Dan mengapa sampai ada air keluar dari knalpot mobil? Apakah artinya ada air yang bocor dan masuk ke dalam ruang mesin?

1. Knalpot Keluar Air Tiap Pagi = Mesin Sehat

knalpot mobil mengeluarkan air

Percikan air di knalpot tanda mesin berkerja dengan baik

>>> Promo mobil baru yang menarik ada disini

Menurut Kurnia, punggawa bengkel mobil di bilangan Jakarta Selatan, jika ada mobil saat dinyalakan pagi hari knalpotnya mengeluarkan air, maka itu tanda mobil sehat. "Bagus kalau masih keluar air pagi-pagi saat baru pertama kali mesin dinyalakan," katanya.

Ia menegaskan, knalpot mengeluarkan percikan air itu pertanda mesin mobil masih bekerja dengan baik. "Apalagi kalau ujung knalpotnya bersih, tidak ada serbuk-sebuk hitamnya. Berarti pembakaran di dalam mesin bekerja sempurna," kata dia.

2. Akibat Proses Kondensasi

pipa knalpot mobil

Embun yang mengendap di knalpot akan berubah jadi air saat mesin nyala di pagi hari

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Lebih lanjut ia menjelaskan kalau knalpot keluar air tiap pagi hari akibat mesin mengalami kondensasi di knalpot. Saat mobil terparkir semalaman, maka pipa knalpot akan mengembun. Lalu ketika pagi hari mesin dinyalahkan, hawa panas akan terdorong sampai ke pipa knalpot. Pipa yang tadinya mengembun ini akan mengalami proses kondensasi dengan embun berubah jadi air. Air itulah yang keluar di ujung knalpot karena terdorong hawa panas dari mesin.

Saat knalpot mengeluarkan air, Anda jangan langsung panik dan mematikan mesin karena mengira ada kebocoran air di ruang mesin. Biarkan mesin menyala dan air pada knalpot mobil mengering dengan sendirinya. Ini justru akan merawat pipa knalpot dan mencegah knalpot keropos akibat air yang mengendap terlalu lama.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top