Bukan Mempercantik Tampilan Saja, Ini Fungsi Spoiler Sebenarnya

25/06/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Bukan Mempercantik Tampilan Saja, Ini Fungsi Spoiler Sebenarnya
Mungkin sebagian pembaca setia Cintamobil.com, sering menganggap Spoiler mobil hanya mempercantik tampilan saja. Namun jangan salah, fungsinya justru lebih jauh dari sekedar perkara desain. Dilansir dari Nissan, berikut fungsi Spoiler mobil.

Memang tak dipungkiri, Spoiler banyak dijual di gerai aksesoris mobil. Umumnya bagi mereka yang punya mobil tanpa Spoiler, membelinya secara terpisah supaya mendapatkan tampilan lebih sporty dan juga keren. Namun, fungsinya hanya sekedar penghias tampilan eksterior mobil saja.

Spoiler mobil memiliki fungsi utama yang memberi performa aerodinamis serta memberi gaya tekan ke bawah lebih baik

Spoiler adalah salah satu komponen mobil yang banyak dibicarakan orang

Beda ceritanya dengan mobil yang sudah dirancang sepaket Spoiler Original. Sebut saja, Toyota Yaris dan Honda Jazz, mobil Hatchback yang sudah memiliki Spoiler. Bodinya yang mungil dibekali sebuah Spoiler, supaya performa Handling menjadi lebih mumpuni serta tidak mudah limbung di kecepatan tinggi. Itulah kira-kira fungsi utama Spoiler mobil, namun bagaimana penjelasan lengkapnya?

>>> Info menarik: Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Lampu LED dan DRL

Fungsi Spoiler Mobil

Membahas Spoiler sejatinya selalu berkaitan langsung dengan aerodinamika suatu mobil. Secara teknis, Spoiler memiliki fungsi untuk menambah gaya tekan ke bawah (Downforce) supaya mobil tidak melayang pada kecepatan tinggi.

Fungsi Spoiler Mobil ditekankan supaya mobil tidak melayang jika melaju di kecepatan tinggi

Spoiler memberikan Downforce tambahan

Pasalnya, jika sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tinggi, maka gaya angkat mobil ke atas menjadi meningkat alias melayang. Tak heran, banyak mobil-mobil yang bobotnya ringan ketika melaju di kecepatan tinggi, menjadi tidak stabil dan pengemudi kehilangan kontrol.

Maka dari itu, Spoiler hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Pertama, fungsinya sebagai penambah gaya tekan ke bawah alias Downforce. Kedua, Spoiler mampu menjaga efek aerodinamis supaya roda tetap menempel di jalan dengan sempurna.

>>> Baca juga: Ada rencana untuk ganti mobil baru? Simak harga mobil terlengkap di sini

Spoiler Aftermarket vs Spoiler Original

Seperti yang dijelaskan di awal mengenai Spoiler yang dibeli secara terpisah di gerai aksesoris. Jika berbicara masalah aman atau tidak, yang jelas fungsinya lebih untuk perkara desain. Sedangkan jika menyinggung masalah performa aerodinamis dan Downforce, perlu digaris bawahi bahwa Spoiler Aftermarket tidak semuanya dirancang untuk memiliki spesifikasi serupa dengan keluaran pabrik.

Spoiler Aftermarket sejatinya hanya bersifat sebagai aksesoris tambahan saja, berbeda dengan Spoiler pabrikan

Salah satu contoh Spoiler Aftermarket

Paling penting adalah tata cara pemasangan Spoiler mobil. Andai saja pemasangan Spoiler Aftermarket tidak tepat, maka dampaknya justru semakin memberi beban pada mobil. Alhasil, konsumsi bahan bakar menjadi lebih meningkat alias tambah boros.

Beda kasus jika mengaca pada Spoiler Original. Mengapa begitu? Ya, perusahaan otomotif bukan saja memperhitungkan perkara desain saja. Aspek aerodinamis hingga efek limbung pada produk mereka, diperhitungkan dengan presisi. Maka dari itu, Spoiler pabrikan lebih jelas presisi untuk persoalan ketiganya yakni desain, Downforce dan juga aerodinamis.

>>> Inilah Plus Minus Ban Tubeless Pada Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Apakah Menggunakan Spoiler Aftermarket Baik Adanya?

Boleh-boleh saja apabila Anda ingin menambahkan Spoiler Aftermarket. Memang tak dipungkiri, tampilan mobil menjadi lebih manis dan sporty. Namun perlu diingat kembali bahwa pemasangan Spoiler harus dilakukan di tempat yang terpercaya sehingga tak ada masalah di kemudian hari. Di sisi lain, perhitungkan juga mengenai aspek konsumsi bahan bakar. Jika semuanya sudah oke, maka sah-sah saja untuk menambah Spoiler pada mobil Anda.

>>> Jangan lupa untuk menyimak tips mobil penting lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Kembangkan Teknologi Baru, Volkswagen Malah ‘Mengharuskan’ Penumpang Mabuk di Jalan

05/06/2019

Pengemudian

2 menit

Ketika pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk membuat pengemudi merasa nyaman dengan mengatasi mabuk kendaraan, Volkswagen malah ingin membuat penumpangnya mabuk di jalan. Kenapa ya?

Lihat juga

Ada Banyak Kemajuan, Inilah Ragam Teknologi Mesin Diesel Modern

25/04/2019

Pengemudian

Mesin diesel modern telah menjelma menjadi mesin yang perkasa dengan banyak keuntungan untuk konsumen. Kapabilitas itu tidak lepas dari kandungan teknologi di dalamnya. Sudah ada banyak kemajuan pada dan beragam teknologi mesin diesel modern yang digunakan pada mobil-mobil masa kini.

Lihat juga

Apa Alasan Teknologi Mobil Di Luar Negeri Lebih Canggih?

Pernahkah terpikir di benak Anda, mengapa teknologi mobil di luar negeri lebih canggih daripada di Indonesia? Bahkan pada beberapa kasus, model dan merek mobil sama yang dijual di negara Indonesia dan di negara luar memiliki fitur berbeda. Apa alasannya?

Lihat juga

Apakah Teknologi Lampu Depan Semakin Membuat Lampu Semakin Terang?

Tak banyak yang memikirkan teknologi lampu depan. Tetapi sadarkah Anda, dengan bertambahnya teknologi pada kendaraan, lampu depan menjadi lebih terang dan menyilaukan. Meskipun bertujuan untuk memberikan visibilitas bagi pengemudi, terkadang malah membuat silau kendaraan di depan.

Lihat juga

Hyundai Dan KIA Pamerkan Teknologi Parkir Tanpa Awak

16/02/2019

Pasar mobil

Isu tentang perkembangan otomotif di masa depan memang sedang gencar-gencarnya dalam beberapa tahun belakangan ini. Tampak jelas bahwa setiap perusahaan otomotif berlomba-lomba menghadirkan berbagai teknologi baru. Sama halnya, Hyundai dan KIA yang juga memamerkan teknologi mobil masa depan belum lama ini yang menggabungkan kemudahan parkir dengan konsep pengisian mesin elektrik.

Lihat juga
 
back to top