Sistem Bantuan Pengemudi Tingkat Lanjut dalam Teknologi Mobil Terbaru (Bagian 1)

08/02/2018

Pengemudian
Sistem Bantuan Pengemudi Tingkat Lanjut dalam Teknologi Mobil Terbaru (Bagian 1)
Sistem canggih yang sudah banyak diterapkan pada dunia otomotif dewasa ini sangat membantu bagi pengendara dan pemilik mobi. Mobil yang baru keluar mempunyai sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut yang digunakan pada sistem kendaraan.

Beberapa sistem bantuan kendaraan merupakan hasil perkembangan teknologi dan teknisi untuk membantu pengemudi. Karena itu, jika Anda ingin membeli mobil baru atau mempunyai mobil baru, ada baiknya Anda mengetahui beberapa sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut berikut ini.

1. Adaptive cruise control

Teknologi bantuan pengemudi canggih ini sangat berguna di jalan raya, di mana para pengemudi harus secara konstan memantau sistem kontrol kecepatan mereka untuk alasan keamanan. Dengan cruise control yang canggih, kendaraan otomatis akan melambat atau melaju kencang dalam merespons aksi mobil atau truk di depannya. Sebagian besar sistem ini mati secara otomatis di bawah ambang kecepatan tertentu.

Gambar yang menunjukan cara kerja sistem adaptive cruise control pada mobil

Contoh sistem adaptive cruise control

2. Kontrol cahaya adaptif

Sistem kontrol cahaya adaptif dirancang untuk membantu pengemudi melihat lebih baik dan lebih jauh dalam kegelapan. Teknologi bantuan pengemudi canggih ini memungkinkan lampu depan bergerak mengikuti arah kemudi untuk menerangi jalan dengan lebih baik melalui tikungan dan keadaan lainnya.

Contoh sistem kontrol cahaya pada mobil Audi A6

Sistem kontrol cahaya pada Audi A6

>>> Baca juga review mobil terbaru All New Toyota Vios 2018

3. Pengereman otomatis

Pengereman otomatis adalah teknologi precrash yang dirancang untuk mengurangi keparahan tabrakan berkecepatan tinggi jika terjadi kehilangan perhatian pengemudi. Sementara beberapa sistem pengereman otomatis benar-benar dapat mencegah tabrakan, biasanya teknologi ini bekerja memperlambat kendaraan ke titik di mana lebih sedikit kerusakan disebabkan dan korban jiwa tidak mungkin terjadi.

Gambar yang menunjukan cara kerja sistem pengereman otomais pada mobil

Cara kerja sistem pengereman otomatis pada mobil

4. Parkir otomatis

Sistem parkir utomatik bervariasi dari satu pabrikan ke pabrikan lainnya, namun kebanyakan dirancang untuk membantu pengemudi parkir paralel. Beberapa dari sistem ini sebenarnya bisa melakukan keseluruhan pekerjaan secara otomatis, dan lain-lain cukup memberikan peringatan agar pengemudi mengetahui kapan harus memutar kemudi dan kapan harus berhenti.

Gambar yang menunjukan cara kerja sistem parkir kendaraan pada sebuah mobil

Sistem parkir otomatis memberikan kemudahan parkir

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

5. Pendeteksi titik buta

Sistem deteksi titik buta menggunakan berbagai sensor untuk memberi pengemudi informasi penting yang akan sulit atau tidak mungkin didapat melalui cara lain. Beberapa sistem ini akan membunyikan alarm jika merasakan adanya objek di dalam titik buta, dan kamera termasuk yang bisa mentransmisikan gambar ke head unit atau monitor lain.

Gambar yang menunjukan bagaimana sistem pendeteksi titik buta bekerja pada kendaraan

Pendeteksi titik buta sangat diperlukan bagi pengendara

6. Sistem penghindaran tabrakan

Sistem penghindaran tabrakan menggunakan berbagai sensor untuk menentukan apakah kendaraan berada dalam bahaya bertabrakan dengan benda lain. Sistem ini biasanya dapat merasakan kedekatan kendaraan lain, pejalan kaki, hewan, dan berbagai penghalang jalan.

Gambar yang menunjukan tahapan-tahapan pemberitahuan pada sistem penghindar tabrakan

Sistem penghindar tabrakan memperingati kemungkinan terjadi tabrakan

Saat kendaraan dalam bahaya bertabrakan dengan benda lain, sistem penghindaran tabrakan akan memperingatkan pengemudi. Beberapa sistem ini juga dapat melakukan tindakan pencegahan lainnya, seperti memerintahkan agar rem aktif atau menerapkan mengencangkan sabuk pengaman.

Karena banyaknya sistem terbaru untuk sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut ini, Cintamobil membaginya menjadi 2 bagian. Nantikan artikel selanjutnya untuk menambah pengetahuan Anda tentang sistem pengemudian mobil.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top