Niat Ganti Klakson Mobil? Pahami Dulu Tipe dan Harganya

19/01/2020

Pengemudian

5 menit

Niat Ganti Klakson Mobil? Pahami Dulu Tipe dan Harganya
Apabila saat ini Anda berkeinginan untuk ganti klakson mobil dengan produk aftermarket, sebaiknya pahami dulu tipe-tipe klakson mobil yang ada dipasaran.

Klakson dipasang sebagai satu perangkat pada kendaraan bermotor sebagai alat komunikasi dengan pengguna jalan lainnya. Namun sering kali para pemilik mobil tidak menyukai suara dari klakson standar mobil tersebut. Alasannya bisa karena suaranya terlalu kecil, atau suaranya cenderung cempreng.

Karena itulah banyak sekali pemilik mobil yang ganti klakson mobil standar dengan produk aftermarket. Tak jarang mereka juga memakai klakson-klakson untuk mobil-mobil lansiran Eropa. Karena acap kali dinilai memiliki keluaran suara lebih bulat dan terkesan elegan.

>>> Fitur Wajib di Mobil, Kenali Sejarah Klakson

Sebenarnya di industri otomotif dikenal dengan dua jenis klakson mobil, yaitu tipe electric horn dan air horn. Electric horn umumnya dipakai pada mobil pribadi, sementara air horn dipakai untuk kendaraan berat seperti truk dan bus.

Untuk electric horn terbagi lagi dalam beberapa jenis, yaitu:

1. Disc Horn

klakson mobil disc horn

Berbentuk piringan dengan keluaran suara bernada tinggi

>>> Promo mobil baru yang menarik selalu ada disini

Klakson mobil ini bentuknya seperti piringan yang terdiri atas plat resonansi, membran, jangkar, magnet listrik, pegas, dan kondensator. Kelebihan dari klakson ini adalah mampu menghasilkan bunyi nada tinggi dan kedap air. Untuk Anda yang ingin ganti klakson mobil dengan tipe disc, maka harganya dipasaran berkisar Rp100.000 -an hingga Rp250.000 tergantung merek.

2. Fanfare Horn

klakson mobil fanfare horn

Dikenal dengan istilah klakson keong, keluaran suaranya lebih ngebas

Biasa dikenal dengan sebutan klakson keong, ini karena tipe fanfare memiliki corong panjang mirip rumah keong. Kekurangannya adalah corong tersebut mudah sekali kemasukan air saat mobil dipacu di tengah hujan. Karenanya kini banyak produsen klakson tipe ini yang menutup bagian depan dengan celah-celah sehingga air tak mudah masuk. Selain itu pemasangannya pun dianjurkan bagian corong menghadap bawah. Harga klaksonmobil tipe ini antara Rp150.000 sampai Rp300.000.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap termurah cuma ada disini

3. Nautilus Horn

klakson mobil nautilus horn

Bentuknya mirip fanfare horn tapi suaranya amat nyaring

Fisiknya mirip dengan fanfare horn tapi juga sering disebut klakson kapal. Ini karena suara yang dihasilkan sangat besar mirip suara klakson kapal. Namun perlu diperhatikan saat memakai klakson model ini. Karena dibutuhkan asupan listrik yang cukup besar dan stabil. Sehingga klakson Nautilus tidak begitu populer digunakan. Jika berminat, ada beberapa produsen klakson mobil yang memproduksi klakson model ini. Harganya mulai dari Rp450.000-an.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top