Mengenal Sejarah dan Jenis Sabuk Pengaman Mobil

08/01/2020

Pengemudian

5 menit

Mengenal Sejarah dan Jenis Sabuk Pengaman Mobil
Sabuk pengaman yang saat ini digunakan, ternyata sudah dipakai sejak puluhan tahun lalu. Terus menerus berinovasi, ada berbagai jenis sabuk pengaman mobil yang dulu sempat dipakai oleh para produsen mobil.

Sabuk pengaman (seatbelt) yang saat ini ada di mobil Anda, ternyata sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Sabuk pengaman tercatat pertama kali diperkenalkan oleh teknisi berkebangsaan Inggris, George Cayley pada pertengahan abad 19. Namun di 1946, Dokter C. Hunter Shelden dari Huntington Memorial Hospital di California, Amerika Serikat (AS) memberikan masukan kepada industri otomotif tentang pentingnya seatbelt di sebuah mobil. Hal ini ia lakukan karena sedih melihat jumlah kecelakaan kendaraan bermotor yang begitu tinggi tanpa adanya pengaman di dalam mobil.

Sejak saat itulah di beberapa negara di Eropa dan Amerika, penggunaan seatbelt sudah diwajibkan sebagai standar keselamatan pada sebuah mobil. Berikut ini tim Cintamobil.com berhasil merangkum beberapa jenis sabuk pengaman mobil yang pernah dipakai di seluruh dunia.

1. Sabuk Satu Titik

sabuk pengaman pangkuan

Disebut juga sabuk pangkuan karena hanya melintang di atas pangkuan

Jenis sabuk pengaman mobil ini biasanya dipakai pada mobil-mobil lawas. Sabuk jenis ini sering juga disebut sabuk pangkuan, karena penggunaannya hanya melintang di atas pangkuan. Saat ini hampir tidak ada yang menggunakan sabuk jenis ini. Namun untuk penumpang belakang di posisi tengah, biasanya masih mengadopsi seatbelt mobil jenis pangkuan ini.

>>> Bagaimana Cara Memeriksa Kondisi Sabuk Pengaman?

2. Sabuk Dua Titik

Sering disebut juga sabuk diagonal, sabuk jenis ini menahan tubuh pada dua titik namun terpasang secara diagonal. Seatbelt jenis ini pun sudah jarang ditemui.

3. Sabuk Sash

sabuk pengaman bahu

Jenis sabuk pengaman yang melintang di bahu

Jenis sabuk pengaman ini penggunaannya melintang melewati bahu. Biasanya dipakai pada mobil-mobil era 1960, namun kemudian penggunaannya dihapus. Karena sabuk jenis ini cenderung mudah terepas ketika terjadi tabrakan.

>>> Promo mobil baru terbaik di awal 2020 bisa Anda temukan disini

4. Sabuk Kombinasi

sabuk pengaman kombinasi

Cikal bakal sabuk pengaman yang kita kenal saat ini

Merupakan seatbelat perpaduan antara sabuk pangkuan dan sabuk sash. Model sabuk keselamatan ini dipakai di mobil-mobil Eropa dan Amerika pada 1960-an hingga 1970-an. Namun sabuk model ini pun kembali tidak diteruskan pemakaiannya.

5. Sabuk Tiga Titik

sabuk pengaman tiga titik

Inilah sabuk pengaman yang kita kenal sekarang

Sabuk pengaman ini mulai dipakai sejak 1980-an sampai sekarang yang dijumpai pada mobil-mobil modern. Mirip dengan sabuk kombinasi, namun sabuk jenis ini mampu menyebarkan energi dari pergerakan tubuh saat terjadi kecelakaan. Jenis sabuk pengaman tiga titik pun mampu melindungi bagian bahu, dada, dan selangkangan.

>>> Pilihan mobil bekas terbaik dan termurah ada disini

6. Sabuk Empat Titik

sabuk pengaman empat titik

Biasanya dipakai di mobil balap

Biasanya sabuk pengaman ini dipakai oleh para pembalap. Sabuk jenis ini akan memberikan perlindungan terhadap empat titik di tubuh Anda sehingga penggunanya akan tetap berada di kursi saat terjadi benturan kecelakaan.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top