Mengapa Banyak Part Kandungan Plastik Pada Sebuah Mobil?

03/10/2018

Pengemudian
Share this post:
Mengapa Banyak Part Kandungan Plastik Pada Sebuah Mobil?
Pernahkah kita berpikir mengapa banyak sekali kandungan plastik pada sebuah mobil terkini? Padahal kalau kita melihat masa lalu, banyak sekali bagian pada mobil yang terbuat dari bahan besi atau minimal aluminium. Lantas mengapa banyak part kandungan plastik pada sebuah mobil?

Tampak sebuah bumper plastik pada Hyundai i30 N Fastback

Bumper depan dan belakang pada mobil, mayoritas menggunakan plastik

Pernahkah kita berpikir mengapa banyak sekali kandungan plastik pada sebuah mobil? Mau mobil LCGC sampai Hypercar sekalipun ada saja bagian parts yang menggunakan bahan plastik. Apa alasan pabrikan mendayagunakan bahan tersebut untuk produk mereka? Setidaknya ada 5 alasan yang membuat plastik harus ada di dalam kandungan part mobil. Apa saja, ya?

>>> Mobil Berbahan Bakar Limbah Plastik Mahasiswa Indonesia Berjaya di London

  1. Murah. Enggak bisa dipungkiri bahan dari plastik itu lebih murah bila dibandingkan dengan material lainnya, ambil contoh besi ataupun aluminium. Ketika Anda mengalami kecelakaan, material bodi yang terbuat dari plastik bukan hanya lebih mudah diperbaiki, namun juga jika harus mengganti akan lebih murah biayanya.
  2. Mudah Dibentuk. Dalam proses pembentukan desain pada mobil, kadang ada bagian maupun celah sulit yang dalam proses pengerjaannya agak sukar bila dilakukan dengan menggunakan material tertentu. Sifat mudah dibentuk pada plastik akan sangat membantu desainer mobil untuk membentuk bodywork sesuai dengan kreasinya.
  3. Anti-Karat. Karat atau korosi adalah salah satu musuh utama di kendaraan. Karena karat akan mengurangi tingkat kekuatan pada suatu material. Dan tidak ada bahan plastik yang mengalami korosi. Itulah sebabnya bahan plastik menjadi penting dalam sebuah mobil.
  4. Ringan. Bobot yang berat juga termasuk dalam momok pabrikan. Oleh karena itu, pabrikan sebisa mungkin membuat mobil yang ringan sehingga berefek pada efisiensi bahan bakar.
  5. Fleksibel. Plastik memiliki sifat dasar fleksibel, jika Anda tidak sengaja menabrak kendaraan atau benda dalam kecepatan rendah, bahan plastik akan lebih lentur dan mudah dalam proses perbaikan.

material konsol plastik

Part pada interior banyak yang berbahan dasar plastik

Jadi begitulah alasan mengapa plastik harus ada dalam susunan material sebuah mobil.

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top