Mengantuk Selama Mudik? Bernyanyi Selama Perjalanan Jauh Bisa Mengembalikan Konsentrasi

02/06/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengantuk Selama Mudik? Bernyanyi Selama Perjalanan Jauh Bisa Mengembalikan Konsentrasi
Bagi Anda yang ingin membawa keluarga pulang kampung pada mudik Lebaran tahun ini, berkendara terkadang membosankan. Namun bernyanyi selama perjalanan jauh bisa menjadikan perjalanan Anda tetap menyenangkan. Namun ada fakta lain dibalik itu.

Dengan banyaknya sistem infotainment yang sudah bisa dipadukan dengan smartphone, akan lebih mudah bagi pengemudi untuk memutar lagu-lagu kesayangan. Nah, ada berita gembira bagi Anda yang sudah bernyanyi selama mengemudi. Ternyata, bernyanyi selama perjalanan jauh memiliki manfaat khusus untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Dilansir dari Huffpost, para psikolog telah lama mengetahui ada keistimewaan bernyanyi. Sebuah penelitian global pada tahun 2017 terhadap lebih dari 1.700 anggota paduan suara menemukan bahwa bernyanyi dalam suatu kelompok meningkatkan kesejahteraan seseorang karena ia mempererat hubungan sosial dan stimulasi kognitif.

lima orang pemuda yang bernyanyi di dalam mobil 
Ternyata banyak manfaat yang didapatkan dari bernyanyi di dalam mobil

Connie Omari, seorang konselor profesional dan pemilik Tech Talk Therapy mengatakan bahwa ia menyarankan pasiennya untuk bernyanyi sambil mengemudi. "Dengan mendengarkan musik, pengemudi diizinkan dengan kesempatan untuk mengganti pikiran negatif dengan lebih positif melalui penggunaan ritme dan ketukan," katanya. "Itu mengundang kesempatan untuk bermeditasi."

>>> Tak Perlu Koneksi Internet, Ini 5 Aplikasi Peta Digital Offline Buat Mudik

Karena mengemudi sendirian untuk waktu yang lama dapat memiliki efek negatif (bahkan beberapa penelitian mengaitkan dengan risiko depresi), Omari mengatakan bernyanyi dan mengemudi secara teratur dapat meringankan masalah tersebut. Dalam berbagai kesempatan juga memberikan konsentrasi dan fokus selama berkendara.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Southern State Insurance mengungkapkan bahwa mendengarkan musik dan bernyanyi di dalam mobil akan meningkatkan kinerja mengemudi. Pengemudi dilaporkan lebih bisa terjaga dibandingkan pengendara lainnya.

 pengemudi yang fokus ke jalan
Bernyanyi di dalam mobil bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi

Penelitian tersebut juga mengungkapkan pengemudi bisa merasa lebih santai dan akhirnya sedikit melambat saat mendengarkan musik. Penelitian dari Inggris mencatat “enam puluh tiga persen pengemudi mengatakan musik yang mereka dengarkan di belakang kemudi membuat mereka merasa lebih tenang."

>>> Tips berkendara aman ketika mudik bisa Anda temukan disini

Tidak selalu menenangkan

Namun penelitian oleh Genevieve Hugnes, Christiana Rudin-Brown, dan Kristie Young menyebutkan bahaya yang didapatkan oleh pengemudi yang sering bernyanyi ketika mengemudi. Penelitian yang berjudul “Studi simulator tentang efek bernyanyi pada kinerja mengemudi” mengungkapkan beberapa fakta-fakta menarik.

Mendengarkan musik disebut mengganggu pengemudi. Bernyanyi disebut meningkatkan beban kerja, mengubah kinerja mengemudi, dan memperbesar potensi kecelakaan. Studi tersebut menjelaskan, “bernyanyi sambil mengemudi dinilai lebih menuntut secara mental, dan menghasilkan kecepatan yang lebih lambat dan lebih bervariasi, daripada mengemudi tanpa musik.”

>>> Cari mobil bekas berkualitas ada disini

 dua orang perempuan yang bernyanyi tanpa memperhatikan jalan
Meskipun bernyanyi, namun jangan sampai mengalihkan fokus Anda ke jalan

Keterampilan kognitif dan psikologis otak diperlukan untuk tetap fokus pada pemrosesan dan penanganan manuver antara tangan dan mata. Tetapi untuk membantu otak tetap fokus selama di jalan, bernyanyi selama perjalanan jauh memang tidak membahayakan. Selama Anda tetap fokus ke jalan dan memperhatikan rambu-rambu dan kendaraan yang Anda di sekitar Anda.

>>> Tips terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Aman dan Nyaman, Tips Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi dari Daihatsu

29/05/2019

Pengemudian

2 menit

Dengan banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung tahun ini, Daihatsu mengeluarkan beberapa tips mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi agar mudik Lebaran tahun ini terasa lebih menyenangkan dan nyaman selama perjalanan.

Lihat juga

Tubuh Terhidrasi Menghindari Kelelahan di Jalan ketika Mudik, Intip Caranya!

01/06/2019

Pengemudian

3 menit

Tidak hanya mengakibatkan mengantuk, dehidrasi memberikan efek samping yang cukup berat bagi tubuh. Menghindari kelelahan di jalan ketika mudik untuk menjaga fokus dan konsentrasi tetap terjaga membutuhkan tubuh yang selalu terhidrasi selama perjalanan.

Lihat juga

Waspada! Inilah 3 Kerusakan Mobil Yang Paling Sering Terjadi Saat Mudik

01/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Mudik memang sudah menjadi tradisi menyenangkan bagi sebagian besar orang di Indonesia. Namun, bukan berarti tidak ada yang dapat diwaspadai. Anda harus waspada, inilah 3 kerusakan mobil yang paling sering terjadi saat mudik.

Lihat juga

Lakukan 7 Tips Ini Untuk Mengusir Kebosanan Saat Perjalanan Mudik

31/05/2019

Pengemudian

4 menit

Perjalanan mudik yang panjang dan lama bisa sangat membosankan, namun Anda tak perlu cemas. Anda bisa menyiasatinya agar perjalanan mudik tetap menyenangkan dan tak terasa melelahkan.

Lihat juga

Ingin Mudik ke Sumatera? Tol Fungsional Bisa Pangkas Palembang-Lampung 5 Jam

24/05/2019

Pasar mobil

2 menit

Pembangunan tol Palembang-Lampung yang sudah sekian lama dikerjakan akhirnya mulai bisa dilalui. Dijelaskan oleh Menteri Perhubungan, pengendara yang mudik ke Sumatera tahun ini sudah bisa melewati tol fungsional tersebut.

Lihat juga
 
back to top