Memahami Jenis Suara Buzzer Sensor Mundur Pada Daihatsu Ayla

20/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Memahami Jenis Suara Buzzer Sensor Mundur Pada Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla tipe 1.0 X dan 1.2 R sudah dilengkapi dengan sensor back sonar yang berfungsi untuk mendeteksi adanya rintangan di belakang. Fitur sensor mundur ini akan sangat berguna saat Anda parkir. Namun ternyata ada jenis suara pada sensor tersebut yang mengindikasikan jarak aman. Berikut jenis suara sensor mundur pada Daihatsu Ayla.

Hadirnya fitur sensor mundur pada Daihatsu Ayla adalah untuk mendeteksi adanya rintangan atau tidak di belakang kendaraan ketika mobil mundur. Sebagai tanda ada atau tidaknya rintangan, fitur back sonar ini akan ada buzzer yang berbunyi dan menginformasikan kepada pengemudi yang ada di sekitar kendaraan. Posisi sensor ini berada pada tengah bumper.

>>> Baca juga: Review Daihatsu Ayla 1.2 R AT Deluxe 2017

Sensor mundur terletak pada tengah bumper

Posisi sensor mundur terletak di bumper tengah

Adapun bunyi buzzer pada sensor mundur ini aktif ketika Anda menggeser tuas perseneling ke posisi R dengan kondisi mesin menyala. Berdasarkan buku manual Daihatsu Ayla, suara buzzer akan berbunyi selama satu detik ketika Anda memindahkan ke posisi R sebagai tanda bahwa fitur back sonar sudah aktif. Namun ketika Anda sudah mulai mundur, akan ada perubahan suara buzzer untuk menginformasikan perkiraan jarak antara kendaraan dengan rintangan.

>>> Sedang mencari membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Bila suara buzzer terputus-putus dengan interval yang panjang, maka perkiraan jarak antara kendaran dengan rintangan sekitar 1,3 meter sampai 1,0 meter untuk jarak terdekatnya. Sedangkan bila suara interval terputus-putus namun interval pendek, maka jarak kendaraan semakin dekat dengan perkiraan 1,0 meter hingga 0,5 meter. Suara buzzer akan bunyi terus menerus tanpa terputus-putus ketika jarak kendaraan dengan rintangan kurang dari 0,5 meter atau sangat dekat.

Jenis suara buzzer akan berbeda-beda ketika jarak mobil berbeda-beda

Jenis suara buzzer terbagi dalam tiga yang menandakan perbedaan jarak dimana semakin dekat semakin sering bunyi

Ketika buzzer berbunyi, kurangi kecepatan kendaraan dan waspada terhadap rintangan di belakang kendaraan. Bila suara buzzer berubah dari terputus-putus dan menjadi bunyi terus enerus, artinya jarak antara bumper belakang dengan kendaraan Anda sangat dekat atau kurang dari 0,5 meter dan segera hentikan kendaraan Anda.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Bukan Hanya Sensor Airbag, Inilah Jenis-jenis Sensor Pada Mobil

07/09/2018

Pengemudian

Mobil modern saat ini semuanya sudah menggunakan sistem ECU (Electronic Control Unit) bersamaan dengan hadirnya teknologi EFI (Electronic Fuel Injection). Tidak heran banyak mobil modern saat ini menggunakan banyak sensor, dan inilah jenis-jenis sensor pada mobil.

Lihat juga

Tipe dan Fungsi Sensor pada Mobil

12/01/2018

Pengemudian

Mobil modern terdiri dari banyak komponen elektronik dan listrik yang saling melengkapi. Komponen tersebut terdiri dari sensor, relay dan aktuator mesin. bagian sensor pada mobil. Beberapa fungsi sensor mobil merupakan salah satu bagian penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.

Lihat juga

Hati-hati! Ada Bahaya Mengancam Ketika Kendaraan Parkir

18/02/2019

Pengemudian

Ketika kendaraan parkir, mungkin Anda berpikiran mobil tetap aman untuk ditinggal. Padahal ada beberapa benda atau kebiasaan yang berbahaya ketika kendaraan parkir.

Lihat juga

Review Daihatsu Ayla 1.2 R AT Deluxe 2017

Rp 151.850.000

07/02/2019

Editor rate:

Mobil LCGC 5-Seater dari Daihatsu ini kini sudah menginjak usia dua tahun. Apakah mobil ini masih relevan digunakan sebagai kendaraan sehari-hari keluarga maupun masyarakat urban?

Lihat juga

Harga mobil Daihatsu Ayla: Pembaruan harga Ayla Oktober 2020

01/10/2020

Daihatsu

Daihatsu Ayla terakhir facelift tahun 2017 lalu, kini Daihatsu Ayla kembali meluncur tahun 2020. Apa saja ubahannya? Berapa harga Daihatsu Ayla terbaru?

Lihat juga