Jarang Diketahui, Mengapa Tenaga Kuda Jadi Patokan Dari Performa Mesin?

23/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Jarang Diketahui, Mengapa Tenaga Kuda Jadi Patokan Dari Performa Mesin?
Dari setiap mesin baik mobil hingga sepeda motor, umumnya menggunakan istilah Tenaga Kuda atau Horse Power sebagai indikator performa yang dihasilkan. Mengapa dipilih kuda? Bagaimana ceritanya sebuah mesin dihubungkan dengan istilah kuda? Menjawab hal tersebut, mari kita faktanya bersama.

Dahulu sebelum industri otomotif berkembang pesat seperti hari ini, Newcomen Steam Engine muncul sebagai pencipta teknologi uap di tahun 1700-an. Sayangnya, mesin yang diberi nama Atmospheric Engines tersebut hanya mampu memberikan tekanan sebesar 5 Psi.

Tenaga kuda dan mobil memiliki keterkaitan yang jelas lewat usaha dari James Watt

Apa hubungan antara kuda dengan mesin mobil?

>>> Ketahui juga: Ingin membeli mobil dengan harga terjangkau? Coba simak harga yang kami tawarkan berikut ini

Melihat hal tersebut, James Watt merasa tertarik untuk mengembangkan teknologi uap tersebut. Usaha kerasnya membuahkan sebuah hasil cemerlang yang akhirnya berkontribusi mengubah era di masa itu menjadi Revolusi Industri. James Watt memahami bahwa masyarakat luas sudah terbiasa menggunakan teknologi mesin dari Newcomen. Ia kemudian mulai memikirkan sebuah cara supaya produk inovatifnya dapat dipahami dan digunakan oleh masyarakat.

James Watt merupakan inovator yang cerdik dalam memasarkan produk inovatifnya

James Watt yang menciptakan mesin uap dan asal usul Horse Power atau tenaga kuda

>>> Lihat juga: Review mobil terbaru yang baru dirilis di Indonesia, kelebihan dan kekurangan kami beberkan dengan lengkap di sini

James Watt akhirnya menemukan sebuah ide cemerlang ketika mengamati perilaku kuda yang mengangkut batu bara di area pertambangan. Dia mulai mengukur pergerakan dari kuda tersebut. James menemukan bahwa kuda tersebut mengangkut batu bara seberat 330 Pounds dengan jarak 100 kaki, hanya ditempuh dalam waktu 1 menit. Berulang-ulang ia memastikan hal tersebut dan menemukan hasil yang penuh kemiripan. Alhasil, pengukuran tersebut dinamakan sebagai Horse Power (HP) atau Tenaga Kuda dalam istilah Indonesia. 1 HP mengindikasikan 33.000 Ft.lb per menit atau setara 550 Ft.Lbf per detik.

Horsepower adalah istilah yang dicetuskan oleh James Watt

Skema Horse Power merupakan langkah cerdik dari James Watt agar masyarakat mau mengenal mesin uap-nya

Akhirnya, dia mengukur tenaga dari mesin uapnya dengan perhitungan tenaga kuda tersebut. Terciptalah istilah bahwa mesin uapnya memiliki X Tenaga Kuda. Alhasil, akal cerdik ini dapat lebih menarik perhatian dan membuat masyarakat lebih memahami tentang mesin uap inovatif besutan James Watt. Tak heran, masyarakat di era tersebut banyak bergantung dengan kuda sebagai kendaraan sehingga pendekatan semacam ini lebih mudah dipahami.

>>> Simak juga informasi edukatif menarik lainnya seputar mobil hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top