Dengan Mode Ini, Anda Bisa Ngebut di Nurburgring Tanpa Perlu Menginjak Rem

24/10/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Dengan Mode Ini, Anda Bisa Ngebut di Nurburgring Tanpa Perlu Menginjak Rem
Sirkuit Nurburgring Nordschleife terkenal sebagai salah satu sirkuit yang paling panjang, ekstrim, dan mematikan. Dan baru-baru ini, Mini Cooper mengklaim punya mode yang memungkinkan Anda mengitari The Green Heel tanpa perlu menginjak rem.

Nurburgring Nordschleife, sirkuit sepanjang 20,8 km dengan 73 tikungan, merupakan sirkuit balap legendaris yang punya reputasi mengerikan, bahkan pembalap sekelas tiga kali juara dunia Formula 1, Jackie Stewart, menjuluki Nordschleife sebagai “Green Heel”.

>>> Tiga mode berekendara yang hadir mobil modern

Aksi Mini Cooper SE saat mengitari sirkuit Nurburgring

Mini Cooper SE jadi mobil pertama yang mengitari Nurburgring tanpa harus menginjak rem

Namun karena itu juga, para pabrikan mobil sering kali menggunakan Nurburgring untuk berbagai keperluan, mulai dari tes dan fine tunning mobil sport mereka, atau jadi ajang adu gengsi dengan berlomba-lomba mencatatkan waktu tercepat di Nordschleife.

Yang terbaru, Mini tertantang untuk memecahkan rekor Nurburgring, namun bukan rekor catatan waktu, melainkan pabrikan Inggris itu akan coba mengitari sirkuit dengan 73 tikungan itu tanpa menyentuh pedal rem.

>>> Temukan mobil pilihan Anda di sini

Tenang dulu, rekor ini tidak semengerikan yang dibayangkan. Menggunakan mobil listrik baru mereka, Mini Cooper SE, yang memiliki fitur inovatif regeneratif braking system. Pendeknya, sistem ini dapat mengatur seberapa besar gaya deselerasi yang diinginkan pengemudi saat melepas pedal gas.

Kokpit Mini Cooper SE ketika Green Mode diaktifkan

Menggunakan green mode, pengemudi dapat menyesuaikan regenerative braking sesuai dengan jenis jalanan

Pada settingan standar, regenerative braking dapat menghasilkan 0,19 G gaya deselerasi, sementara untuk setiting rendahnya menghasilkan 0,11 G. Besaran gaya yang tidak terlalu besar, namun Mini mengklaim bahwa gaya pengereman dan pemulihan energi serta deselerasi dapat disesuaikan dengan gaya mengemudi dan profil trek. Yang berarti, pengemudi bisa menggunakan profil yang lebih agresif untuk tikungan berliku seperti Karussell, dan menurunkan modenya untuk bagian trek yang lebih cepat seperti Flugplatz di Nurburgring.

>>> Temukan tips seputar pengemudian di sini

Selain mengatur beberapa parameter pengereman dan pemulihan tenaga, efisiensi penggunaan tenaga listrik Mini juga tidak kalah pentingnya. Semisal, pada mode green+ yang tersedia di Mini Cooper SE, penghangat kursi dan AC dimatikan untuk mengurangi penggunaan tenaga yang bisa dimaksimalkan pada jalanan lurus yang panjang seperti Dottinger Hohe di Nurburgring.

Apakah Anda tertarik memacu Mini Cooper SE tanpa menginjak rem saat mengitari Nurburgring? Well, tentu sangat menarik dan menyenangkan. Namun, demi alasan keamanan kami rasa jangan melakukan hal tersebut saat trackday biasa, di mana sirkuit pasti dipenuhi mobil.

>>> Tips & trik terlengkap bisa Anda lihat di sini

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Modifikasi MINI Cooper S Aspec, Lebih Sangar Pakai Bodykit Buatan Cina

16/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi MINI Cooper S Aspec ini menggunakan paket bodykit dengan desain agresif. Bentuknya terinspirasi dari bodykit pada Lexus LFA.

Lihat juga

Kini Beli Mobil Baru MINI Bisa Dilakukan Sembari Belanja Di Mall PIK Avenue

24/09/2019

Event - Promosi

3 menit

MINI Indonesia bersama Plaza Mini kembangkan Pop-Up Store Plaza MINI @ PIK Avenue sebagai salah satu cara kembangkan pengalaman membeli mobil baru sembari berbelanja di dalam mall.

Lihat juga

“Little Giant”, Ketika si Mungil Mini Cooper SE EV Tarik Boeing 777F

04/06/2019

Mobil baru

2 menit

Jika sebelumnya Mini selalu identik dengan mobil lucu untuk mobilitas perkotaan, lain halnya dengan Mini Cooper SE. Mobil listrik produksi massal pertama Mini ini mampu menarik sebuah pesawat!

Lihat juga

[IIMS 2019] Edisi Khusus New Mini Ice Blue Edition Meluncur di Telkomsel IIMS 2019

25/04/2019

Event - Promosi

3 menit

Tak lama setelah memperkenalkan versi rakitan Indonesia, MINI Indonesia kembali menghadirkan warna baru dengan edisi spesial melalui Telkomsel Indonesia International Motor Show (Telkomsel IIMS) 2019.

Lihat juga

Peringati Enam Dekade, MINI Luncurkan MINI Cooper S 60 Years Edition

18/01/2019

Mobil baru

MINI telah memperkenalkan edisi terbatas MINI Cooper S 60 Years Edition di Inggris untuk merayakan enam dekade sejak MINI BMC asli yang tetap diproduksi hingga tahun 2000 dan menjadi mobil Inggris terlaris dalam sejarah diluncurkan.

Lihat juga