Incar Le Mans 24 Jam, T2 Motorsport Berlaga di Asian Le Mans Series

28/11/2019
Bertekad jadi tim pertama asal Indonesia yang berlaga di balapan bergengsi Le Mans 24 Jam, T2 Motorsport melanjutkan petualangannya di kejuaraan Asian Le Mans Series.

Jadi satu-satunya tim asal Indonesia di kejuaraan Asian Le Mans Series 2019/2020, T2 Motorsport menurunkan tiga pembalap yakni Rio Haryanto, David Tjiptobiantoro, dan pembalap berpengalaman Italia Christian Colombo, dan memulai perjalanan menuju Le Mans 24 jam dengan putaran pertama Shanghai 4 Jam, 23-24 Oktober 2019.

>>> Jadwal balap T2 Motorsport bisa Anda lihat di sini

Berbeda dengan Blancpain GT Asia yang diikuti T2 Motorsport sebelumnya, Asian Le Mans Series hanya satu kali melakukan kualifikasi dengan satu pembalap sebagai perwakilan. T2 Mempercayakan Rio Haryanto mengambil catatan waktu, dan menempati posisi start ke-6 dengan catatan waktu 2 menit 06,290 detik.

Pebalap T2 Motorsport untuk ajang Asian Le Mans Series

Line-up T2 Motorsport semakin lengkap dengan kehadiran pembalap berpengalaman asal Italia, Christian Colombo

“Kalau dibandingkan pebalap lainnya, catatan waktu yang kami peroleh cukup kompetitif,” ujar Irmawan Poedjoadi selaku Team Principal T2 Motorsports mengomentari performa Rio saat kualifikasi.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

Ajang balap ketahanan dengan durasi 4 jam ini juga mengharuskan para pebalap T2 Motorsport untuk bergantian mengisi race dengan durasi minimum 60 menit. Adapun pembalap pertama yang berada di belakang kemudi adalah David Tjipto.

Sebelumnya, Rio dan David telah berlaga di Shanghai International Circuit dalam ajang Blancpain GT World Challenge Asia. Punya pemahaman cukup baik dengan trek, masalah yang dihadapi T2 Motorsport adalah temperatur yang berbeda dari balapan September lalu.

T2 Motorsport beraksi di ajang Shanghai 4 Jam

Start keenam, T2 Motorsport turun satu posisi dan finis ketujuh di kelas GT

“Ya, kami ke sini September lalu untuk ajang Blancpain GT World Challenge Asia, namun yang berbeda adalah temperaturnya di mana saat ini lebih rendah dibanding beberapa bulan lalu, dan tentu membuat trek lebih licin,” ujar David Tjipto.

>>> Simak berita balap lainnya di sini

Wara-wiri di posisi lima besar sepanjang balapan, trio T2 Motorsport menuntaskan Shanghai 4 Jam di posisi ke-18 overall, atau ketujuh di kelas GT, terpaut satu putaran dari Aston Martin Vantage AMR GT3 yang jadi mobil GT terbaik.

Memperebutkan undangan Le Mans 24 jam 2020 untuk tiap juara umum kelas di akhir musim, Asian Le Mans Series menghadirkan persaingan ketat dengan nama-nama beken di dalamnya. T2 Motorsport harus berjibaku dengan mantan pebalap F1 lainnya, Roberto Merhi. Belum lagi deretan pebalap official dari tiap-tiap pabrikan, entah itu BMW, Ferrari, dan Aston Martin.

Musim Asian Le Mans Series 2019/2020 akan berlangsung di The Bend Motorsport Park, Australia, di mana Tailem Bend 4 jam akan dihelat pada 10-12 Januari 2020 mendatang.

>>> Berita otomotif terlengkap dapat Anda lihat di sini

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain