'Dibunuh' Enggak Mati-Mati, Ini Sumber Kesaktian Xenia & Avanza

11/07/2022

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
'Dibunuh' Enggak Mati-Mati, Ini Sumber Kesaktian Xenia & Avanza
Enggak jarang kita mendengar istilah Xenia & Avanza killer atau calon pembunuh Avanza & Xenia, tapi kenapa sih target yang diincar itu enggak mati-mati? Justru makin digdaya

Dalam membaca artikel, enggak jarang kita mendengar atau melihat istilah Xenia & Avanza killer atau calon pembunuh Avanza & Xenia, tapi kenapa ya target yang diincar itu enggak mati-mati? Justru makin digdaya.

Semakin Sakti

Kalau melihat rangkuman data yang disajikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), sepanjang tahun 2021 lebih dari 66.000 unit All New Avanza (termasuk All New Veloz) dan lebih dari 15.000 unit All New Xenia mengaspal di jalanan Indonesia.

Daihatsu All New Xenia 2022

Semakin 'dihajar' Xenia & Avanza justru semakin sakti...

Jumlah tersebut jelas jauh melebihi pesaing lainnya seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki All New Ertiga, dan Honda Mobilio. Melihat penerimaan customer yang luar biasa terhadap Xenia & Avanza hal ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi pemain baru yang hendak masuk seperti Hyundai Stargazer.

siluet mobil baru Hyundai Stargazer

Sanggupkah Stargazer akhiri kedigdayaan Xenia & Avanza?

Menurut tim Cintamobil.com yang rajin tes kendaraan baru, setidaknya kami menyimpulkan ada 5 sumber kesaktian Avanza & Xenia terbaru di pasar mobil Tanah Air. Apa saja 5 hal tersebut? Berikut penjabaran kami...

>>> Pede Kalahkan Avanza, Hyundai Rilis Bocoran Interior Hyundai Stargazer

1. Efisiensi Bahan Bakar

Efisiensi bahan bakar di kelas mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) itu sangat penting. Mengingat di kelas ini biasanya customer selain melihat bentuk mobil dan fitur di dalamnya, konsumen juga bertanya berapa konsumsi bahan bakarnya.

Avanza maupun Xenia mampu membuktikan hal tersebut. Kami sudah tes, di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam mobil ini dengan mudah mencatat angka 13 kilometer per liter. Demikian pula saat dijalankan di tol dengan kecepatan konstan rata-rata 90 km/jam, angka 19 kilometer per liter sangat mudah diraih.

Speedometer Daihatsu All New Xenia 2022

Rasio 'gigi' pas, membuatnya efisien dan responsif

Hal ini bukan tanpa sebab, penggunaan transmisi D-CVT sangat membantu mesin berkode 2NR-VE tersebut lebih hemat mengolah BBM. Bayangkan, dengan putaran mesin hanya di 2.000 rpm kecepatan yang diraih bisa nyaris 120 km/jam. Kebayang kan bagaiamana iritnya mobil ini di jalan tol?

Rasio gigi yang 'pas' pun membantu saat stop and go maupun saat hendak melakukan aksi overtaking. Kami yang membawa Daihatsu All New Xenia tak pernah merasa kekurangan tenaga, baik saat berkendara sendiri maupun ramai-ramai bersama keluarga.

2. Kabin Luas Nan Praktis

Kabin yang luas juga menjadi nilai jual utama dari Avanza dan Xenia. Dengan dimensi panjang yang meningkat 205 mm, serta lebih lebar 70 mm dan wheelbase tambah panjang 95 mm membuat kabinnya menjadi lebih luas.

Anda tak akan kesulitan memuat 7 penumpang bahkan kalau 'dipaksa' 8 penumpang sekalipun kabinnya masih muat. Tapi hal itu tidak disarankan, kami lebih merekomendasi Anda membawa maksimal 7 atau hanya 6 penumpang dengan barang bawaan di bagasi yang fully load.

Bagasi Daihatsu All New Xenia 2022

Bagasi luas, kursi baris ketiga tetap bisa dipakai walau barang bawaan fully load

Menurut kami yang istimewa adalah pengaturan kursinya yang bisa diatur sebagai long sofa mode. Jadi sandaran kursi baris kedua direbahkan habis lalu headrest adjustable di kursi itu dicopot maka jadilah kursi sofa panjang yang dapat digunakan untuk bersantai.

Terlebih lagi kursi baris kedua di All New Daihatsu Xenia ini dapat digeser maju-mundur dengan jarak 20 cm yang membuat pengaturan kursi lebih fleksibel. Kursi baris ketiganya juga memberikan jarak kaki cukup baik, demikian juga dengan ruang kepalanya.

>>> Promo Toyota Jakarta Fair 2022, Siapkan Rp 30 Juta Bawa Pulang All New Avanza Ini

3. New Global Architecture

Visibilitas mobil-mobil yang telah mengandalkan New Global Architecture (TNGA & DNGA) memang jauh membaik. Setidaknya hal ini yang Muhammad Arfian 'Fian' Alamsyah sebagai tester Cintamobil.com rasakan. Tinggi dia yang 173 cm tak membuatnya kesulitan untuk mengatur posisi duduk yang pas.

Tim Cintamobil.com test drive Daihatsu All New Xenia 2022

Menurut kami, posisi duduk sudah oke untuk kelas LMPV

Itu berkat pengaturan kursi dan kemudi yang cukup fleksibel. Sebab Daihatsu All New Xenia varian bermesin 1.500 cc tipe R A.S.A dilengkapi dengan height adjuster, reclining seat and sliding. Meski setirnya hanya tilt steering saja tapi posisi duduk mudah diraih berkat hip point yang pas.

Visibilitas Toyota All New Avanza

Visibilitas baik

Hebatnya, meski posisi duduk sudah diatur paling rendah, namun kaca spion sebelah kanan maupun kiri sama sekali tidak terpotong oleh garis jendela (Anda bisa lihat di foto yang kami sajikan di atas). Hal ini membuat kami berani bilang, bahwa visibilitas pengemudi di All New Xenia jadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

4. Nama Besar Toyota & Daihatsu

Bagasi Daihatsu All New Xenia 1.5 R A.S.A 2022

Blusukan kemanapun tak perlu khawatir...

Tentu tak bisa dipungkiri kalau poin keempat ini menjadi salah satu daya tarik pembeli Avanza maupun Xenia. Bengkel tersebar luas di mana-mana, bahkan hingga ke pelosok sekalipun. Ibaratnya, Anda tidak perlu cemas saat hendak melakukan perawatan bahkan pembelian sparepart selama merek mobil Anda Toyota maupun Daihatsu.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jur
 
back to top