Di Jepang Daihatsu Gran Max Facelift Pakai Mesin Baru

23/06/2020

Mobil baru

3 menit

Di Jepang Daihatsu Gran Max Facelift Pakai Mesin Baru
Toyota Town Ace versi penyegaran alias Daihatsu Gran Max facelift sudah mendarat di Jepang, kini mendapat suntikan mesin anyar yang lebih canggih nan efisien

Saat kami berselancar di dunia maya, kami menemukan sesosok Toyota Town Ace versi penyegaran alias Daihatsu Gran Max facelift. Mobil niaga ini ternyata sudah mendarat di Jepang. Mobil komersial racikan Daihatsu tersebut kini mendapatkan suntikan mesin anyar yang diyakini lebih canggih nan efisien. Lantas seperti apa ubahan Daihatsu Gran Max versi Jepang ini?

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Town Ace 2020

Gran Max di Jepang menjadi Toyota Town Ace 

Mulai dari bagian depan, yang jelas sekali terlihat adalah penggunaan lampu utama baru yang sudah mengadopsi LED (Light Emitting Diode). Headlamp ini juga canggih, karena sudah pakai automatic high beam yang dapat mencegah pengemudi dari arah berlawanan merasa silau. Lantas, lampu utama yang makin canggih ini ditemani dengan desain radiator grille baru yang makin elegan. Pada tipe termahal bumper depan dicat sewarna bodi, sedangkan tipe murah plastik saja tanpa cat.

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Town Ace Van 2020

Stoplamp belakang anyar

Daihatsu Gran Max Facelift ini juga terdapat fitur keselamtan advance bernama Toyota Safety Sense (TSS). Maklum saja, di Jepang mobil ini bernama Toyota Town Ace 2020, jadi disematkan fitur canggih tersebut. TSS yang tersedia antara lain Automatic High Beam (AHB), Lane Departure Warning (LDW), Pre-collision Warning dengan Auto Emergency Brake  (AEB) yang mampu mendeteksi pejalan kaki maupun pengendara sepeda.

>>> Jika Anda ingin beli Daihatsu Gran Max bekas, simak pilihannya di sini

Mesin Lebih Modern Dan Punya Alternator Canggih

Gambar menunjukkan mesin 2NR-VE Toyota Town Ace 2020

Mesin baru lebih canggih dan efisien

Sedangkan untuk mesin, unit 4-silinder 1.500 cc berkode 3SZ-VE seperti di Toyota Rush lama dipensiunkan, sebagai gantinya dipasang unit berkode 2NR-VE dengan kapasitas mesin yang sama, namun mesin ini lebih canggih dan hemat. Sebab mesin ini menerapkan sensor tegangan listrik pada alternatornya Dengan adanya sensor tersebut, memungkinkan alternator tidak harus bekerja penuh setiap saat. 

Foto alternator mesin 2NR-VE

Alternator dengan sensor pintar

Efek penggunaan sensor tersebut tentunya akan meringankan tenaga mesin, membuat aki lebih awet, dan juga akan berpengaruh ke konsumsi BBM yang dapat lebih hemat. Singkatnya, alternator canggih ini dapat menyesuaikan pasokan listrik sesuai dengan kebutuhannya, bisa bekerja 20%, 50%, 70% bahkan jika dibutuhkan alternator dapat bekerja 100%.

Harga Di Jepang Mahal Karena Impor Dari Indonesia

Gambar menunjukkan interior Toyota Town Ace 2020

Setir 4 spoke seperti di Avanza lawas

Untuk kisaran harga, Toyota Town Ace ini dijual dalam 2 tipe utama yaitu van dan pikap. Harga termurah pikapnya ada di angka 1,67 juta Yen (223 jutaan Rupiah) hingga 2,12 juta Yen (283 jutaan Rupiah). Untuk Van, mulai 1.81 juta Yen (242 jutaan Rupiah) hingga 2,34 juta Yen (312 jutaan Rupiah). Hingga artikel ini diturunkan tim Cintamobil.com sudah bertanya ke PT Astra Daihatsu Motor ikhwal produk ini, namun pihak yang bersangkutan belum memberikan keterangan apapun terhadap mobil ini. Well, semoga saja Daihatsu Gran Max segera facelift dan mampu bersaing ketat dengan jagoan Suzuki yakni New Carry Pick Up.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top