Toyota Agya vs Honda Brio Satya, Mana Paling Asik Buat Harian?

05/06/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Antara Toyota Agya vs Honda Brio Satya keduanya memang cocok sebagai kendaraan dalam menemani mobilitas Anda sehari-hari. Namun sebelum membeli satu diantaranya, berikut faktor yang harus dipertimbangkan.

Memilih kendaraan harian haruslah yang serba bisa. Sanggup dipakai seorang diri untuk beraktifitas, juga wajib efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Kemudian mobil ini juga harus "tahan banting" alias tidak rewel untuk urusan perawatan berkala.

Dan jika Anda tipikal pekerja di kota-kota besar, tentunya membutuhkan pula kendaraan yang praktis dan berdimensi ringkas. Pertimbangannya unuk memudahkan manuver di jalan-jalan sempit serta mudah kala hendak cari parkir di lahan terbatas. Dan yang terakhir, mobil juga harus terjangkau dari sisi harga. Tidak usah terlalu mahal karena nantinya jadi mobil pekerja keras bukan sebagai mobil hobi.

Dari beberapa kategori yang sudah disebutkan tadi, persaingan Agya vs Brio Satya memang sering menjadi perdebatan. Antara Agya atau Honda Brio Satya, manakah yang paling layak untuk dibeli? Berikut 6 faktor pembanding dari Cintamobil.com.

1. Eksterior Brio vs Agya

Toyota Agya 2020 eksterior

Desain Toyota Agya terbaru kini lebih agresif

Antara Honda Brio vs Agya Satya sama-sama masuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC). Walau begitu, desain eksterior dari kedua mobil ini tidak terlihat "murah". Keduanya terlihat menarik untuk dipakai diperkotaan sambil sesekali kumpul dengan teman-teman.

Untuk Toyota Agya misalnya, tampilan depan citycar ini begitu agresif dengan bentuk bemper yang penuh lekukan. Selain itu saluran udara yang lebar motif sarang lebih juga menambah kesan sporty pada mobil tersebut.

Namun yang terbaru, Toyota memperkenalkan versi GR Sport dengan tampilan yang lebih sporty. Penambahan terlihat pada bumper depan, rear roof spoiler, rear bumper spoiler, dan ditambah logo GR Sport pada sisi samping mobil ini. Terlihat keren!

Honda Brio 2020 eksterior

Honda Brio terlihat stylish walau masuk kategori LCGC

Walau masuk dalam kategori tipe terendah, Brio Satya ternyata tidak banyak perbedaan dibanding Honda Brio lainnya. Mulai dari bentuk lampu depan, lekuk bemper, sudah pakai foglamp, dan sudah pakai velg racing.

Ini menjadikan Brio Satya terlihat memiliki desain yang stylish namun juga sporty, jauh dari kata "mobil murah". Tak heran banyak kaula muda atau mereka yang berjiwa muda menyukai mobil ini.

2. Interior Agya vs Honda Brio

Toyota Agya 2020 interior

Kokpit Toyota Agya terlihat mewah

Lagi-lagi kesan modern bisa Anda temukan di bagian interior pada kedua mobil ini. Untuk Agya, Toyota sepertinya lebih menonjolkan nuansa elegant. Misalnya saja terihat pada bagian tengah dashboard yang kini pakai aksen Black Gloss.

Disini Anda bisa menemukan kisi-kisi AC, headunit audio, serta AC Digital. Kemudian di lingkar kemudinya juga sudah dipasangkan tombol kontrol audio. Lalu tak lupa juga sudah terdapat tombol Engine Start/Stop yang biasanya ada pada mobil-mobil menengah ke atas.

Honda Brio Satya 2020 Interior

Kabin Brio tetap bernuansa sporty

Disatu sisi, Honda masih konsisten dengan tema sporty pada tubuh Brio Satya. Termasuk juga di bagian interior. Layout dashboard cukup driver oriented sehingga untuk mengoperasikan fitur-fiturnya dapat dengan mudah terjangkau tangan pengemudi.

Pada bagian tengah juga terdapat headunit 2DIN dan AC Digital. Selain itu lingkar kemudinya juga sudah ada pengaturan audio. Model jok Brio juga terasa lebih presisi dalam menopang bentuk tubuh dibanding Agya walaupun untuk material pelapisnya sama-sama menggunakan bahan fabric.

3. Dimensi Agya atau Brio

Honda Brio Satya 2020

Honda Brio lebih panjang dan lebih lebar dari Agya

Toyota Agya vs Honda Brio Satya sama-sama masuk pula dalam kategori mobil kompak. Toyota Agya punya panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm, dan jarak sumbu roda 2.455 mm. Untuk Honda Brio Satya panjangnya 3.800 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.405 mm.

Dari angka-angka teknis ini terlihat jika Toyota Agya lebih pendek 140 mm, lebih ramping 80 mm, atapnya lebih tinggi 35 mm, tapi punya ruang kabin 50 mm lebih panjang dibanding Honda Brio Satya.

4. Mesin Agya vs Honda Brio

Honda Brio 2020 mesin

Mesin Brio lebih bertenaga dibanding Agya

Membahas mesin antara Agya vs Brio Satya cukup menarik. Lantaran Toyota membekali Agya dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin KR 998 cc 3 silinder DOHC 12 valve dengan VVT-i dan mesin NR 1.200 cc 4 silinder DOHC 16 valve Dual VVT-i.

Mesin pertama mampu menghasilkan daya maksimum 67 PS pada 6.000 rpm dan 89 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan mesin kedua bertenaga  88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 107 Nm di 4.200 rpm

Namun untuk Brio Satya, Honda hanya menggunakan satu tipe mesin yang juga dipakai untuk Brio tipe RS. Yakni mesin 1.200 cc 4 silinder SOHC 16 valve dengan teknologi i-VTEC dan Drive By Wire. Mesin ini bertenaga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm di 4.800 rpm. Untuk masalah tenaga, Toyota harus mengakui kekuatan mesin Honda Brio Satya lebih baik dibanding mesin Agya.

5. Fitur Agya vs Honda Brio

Toyota Agya Engine Start/Stop

Fitur Toyota Agya lebih banyak untuk kenyamanan berkendara

Seakan mengikuti perkembangan teknologi otomotif, maka kedua mobil ini juga dilengkapi fitur yang cukup lengkap dan modern. mari kita rinci satu persatu. Pada Toyota Agya lampu utamanya sudah pakai projector sementara lampu stop belakang pakai LED. Kemudian spion luar juga bisa dilipat elektrik lengkap dengan lampu sein LED.

Selanjutnya dari bagian interior sudah ada headunit monitor layar sentuh dengan fitur yang cukup lengkap pula, mulai dari Bluetooth, AUX-IN, SD card, sampai Mirroring. Lalu di bawahnya ada sistem AC yang modelnya sudah digital. Kemudian pengaturan audio juga bisa lewat tombol di setir. Dan unttuk menyalakan atau mematikan mesin sudah pakai Engine Start/Stop Button.

Perangkat keselamatanya juga sudah cukup lengkap. Mulai dari Seatbelt untuk pengemudi dan sleuruh penumpang. Dual SRS Airbags di bagian depan, Isofix, rem depan pakai disk brake, dan sistem kemudi pakai Electric Power Steering.

Fitur Honda Brio 2020

Fitur keselamatan Honda Brio lebih lengkap

Lalu untuk Honda Brio Satya, semua variannya sudah dilengkapi Foglamp, kemudian spion luar juga bisa melipat elektrik, dan semua variannya juga udah pakai velg alloy lengkap dengan sistem pengereman model disk brake di roda depan. Tak lupa ada juga Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Untuk headunit audio masih pakai model 2DIN namun telah mampu terkoneksi dengan iPhone atau iPod tapi belum ada audio steering switch. Sistem AC juga sudah pakai model digital serta sudah dilengkapi Auto Door Lock dimana pintu mobil akan terkunci otomatis di kecepatan tertentu. Dan untuk membuka pintu sudah disediakan fitur Keyless entry.

Fitur keselamatan aktif dan pasif juga mirip dengan Toyota Agya. Yaitu keberadaan Dual SRS Airbags di pengemudi dan penumpang depan, Seatbelt untuk seluruh penumpang bahkan ada seatbelt reminder untuk pengemudi. Bedanya sabuk keselamatan ini sudah menggunakan teknologi Pretensioner with Load Limited yang lebih membantu melindungi pengemudi atau penumpang demi menghindari benturan ketika terjadi kecelakaan.

>>>> Duo Kembar LCGC Indonesia, Cari Tau Bedanya Ayla vs Agya

6. Harga Agya vs Brio

Sudah puas membandingkan antara Toyota Agya vs Honda Brio Satya? Berikut ini harga kedua mobil tersebut:

Toyota Agya Harga Agya Honda Brio Harga Brio
1.0 G M/T Rp 136.900.000 Satya S M/T Rp 151.400.000
1.0 G A/T Rp 149.910.000 Satya E M/T Rp 160.400.000
1.2 G STD M/T Rp 141.200.000 Satya E CVT Rp 175.400.000
1.2 G STD A/T Rp 154.740.000 RS M/T Rp 181.300.000
1.2 G M/T GR Sport Rp 154.545.000 RS CVT Rp 196.200.000
1.2 G A/T GR Sport Rp 170.390.000 RS Urbanite M/T Rp 183.300.000
    RS Urbanite A/T Rp 201.700.000

>>> Honda Brio vs Toyota Agya vs Daihatsu Ayla, Mana yang Paling Bagus

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja perbedaan Toyota Agya GR Sport dibandingkan versi standar?
Perbedaan paling mencolok terlihat pada bumper depan dan belakang, roof spoiler, dan tambahan logo GR Sport pada sisi kendaraan.
Apa saja perbedaan Honda Brio RS Urbanite dibandingkan Honda Brio RS biasa?
Honda Brio RS Urbanite mendapatkan under spoiler depan dan belakang dengan diffuser, grille berwarna black gloss, dan side skirt pada sisi samping.
Berapa harga Toyota Agya GR Sport bekas?
Karena baru diperkenalkan, saat ini belum ada data mengenai Agya GR Sport bekas yang tersedia.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top