TIPS MEMBELI MOBIL: 5 Fitur Tambahan Mobil yang Perlu Anda Pertimbangkan

10/07/2018

Jual beli
Share this post:
TIPS MEMBELI MOBIL: 5 Fitur Tambahan Mobil yang Perlu Anda Pertimbangkan
Meskipun tidak semua kendaraan memberikan fitur tambahan, tidak ada salahnya melihat fitur tambahan mobil yang tersedia guna meningkatkan kenyamanan berkendara.

Mobil bukan hanya untuk mengantarkan Anda dari satu tempat ke tempat yang lain. Lebih dari sekedar roda, kemudi, dan rem, kendaraan berkembang menawarkan sistem terkomputerisasi dengan beragam sensor, pengendali stabilitas, serta jaringan fungsi lainnya. Jika Anda ingin memilih mobil baru untuk perjalanan Anda, berikut lima fitur tambahan mobil yang kami sarankan tersedia di tunggangan Anda.

1. Telematika atau sistem penghubung

Secara sederhana, telematika adalah sistem terhubung yang dapat memonitor perilaku kendaraan Anda dari jarak jauh. Dengan bantuan sistem GPS, komputer, sensor, sistem diagnostik onboard, dan teknologi telekomunikasi, data ini mampu mengirimkan lokasi mobil Anda, kecepatan, jarak tempuh, tekanan ban, penggunaan bahan bakar, perilaku mengemudi, dan banyak lagi.

Gambar yang menunjukan beragam aplikasi terbaru pada mobil BMW Seri 5

Bagi kendaraan premium, fitur telematika yang ditawarkan lebih lengkap

Telematika sudah banyak digunakan oleh berbagai industri untuk memantau seluruh armada kendaraan. Dengan pelacakan lokasi real time, dasbor bisa menampilkan data terkadi kondisi cuaca, kondisi lalu lintas, hingga informasi ruang parkir yang tersedia. Telematika juga dapat menginformasikan diler Anda ketika kendaraan membutuhkan perawatan atau ketika mobil berhenti di pinggir jalan.

>>> Dapatkan tips memilih mobil dari situs Cintamobil

2. Panggilan dan pesan hands-free

Untuk membaca pesan teks, pengemudi mengalihkan pandangan mereka dari jalan selama rata-rata lima detik. Pada kecepatan 80 km/jam, mengalihkan pandangan untuk membaca teks sama dengan berkendara sepanjang lapangan bola dengan mata tertutup.

Gambar yang menunjukan fitur hands-free pada bagian dasbor mobil

Anda bisa menerima pesan dan menelpon dengan fitur hands-free

Sistem infotainment yang baru memungkinkan Anda memasangkan smartphone melalui blutooth, sehingga Anda dapat meneriman panggilan melalui sistem audio mobil. Dengan cara ini, berbicara dengan telepon tidak jauh berbeda dengan mengobrol kepada teman di kursi belakang.

Namun, masih jauh lebih aman untuk menghindari semua gangguan telepon saat mengemudi. Jadi, kami sarankan Anda untuk mengaktifkan mode “Do Not Disturb” untuk membuat Anda tetap fokus ke jalan selama mengemudi.

>>> Bingung memilih mobil baru untuk keluarga? Klik disini untuk membantu Anda

3. Bluetooth dan port daya USB

Selain panggilan hands-free, Anda dapat menggunakan koneksi nirkabel Bluetooth mobil untuk memutar audio, data thetering, hingga integrasi sistem infotainment. Dengan sistem informasi yang semakin berkembang, ketersediaan Bluetooth sangat diperlukan.

Gambar yang menunjukan fitur USB pada bagian interior mobil

Port USB menjadi fitur wajib bagi generasi milenial

Selain itu, port USB merupakan fitur khusus, terlebih bagi Anda yang memiliki anak-anak yang sedang beranjak dewasa. Port USB bisa mengisi daya ponsel cerdas Anda, apalagi ketika bepergian jarak jauh. Port USB juga bisa digunakan sebagai pengganti koneksi Bluetooh, memungkinkan telepon Anda disinkronkan dengan mobil.

>>> Pertimbangkan teknologi yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan kendaraan

4. Streaming audio dan aplikasi

Kebanyakan pengemudi mengandalkan musik untuk membuat perjalanan tidak membosankan, terutama ketika Anda pulang ke rumah setelah seharian penuh bekerja. Saat ini, sudah tidak ada lagi yang membeli CD atau kaset untuk memutar musik di dalam mobil, semuanya sudah terkomputerisasi dengan layanan streaming.

Gambar yang menunjukan beragam aplikasi dan layanan streaming pada dasbor mobil

Beragam layanan streaming dan aplikasi sudah terintegrasi pada dasbor

Itulah sebabnya banyak mobil baru menyediakan sistem infomtainment dengan layar belasan inci disematkan di dasbor. Banyak sistem infotainment mobil memiliki aplikasi streaming musik sendiri. Perlu diingat, ketka Anda mengaktifkan layanan ini, Anda memerlukan langganan aktif untuk sebagian besar aplikasi.

5. Integrasi ke perangkat smartphone

Banyak modul infotainment telah melakukan kemitraan dengan perusahaan teknologi, seperti Google dan Apple. Kemitraan ini menghasilkan integrasi dari dua sistem operasi smartphone paling besar di dunia, iOS dan Android. Anda bahkan bisa memilih opsi sistem operasi yang Anda inginkan.

Berikut cara mudah menggunakan Apple CarPlay dan Android Auto

Kedua sistam, baik Apple CarPlay atau Android Auto, secara otomatis mensinkronisasikan smartphone dengan dengan mobil untuk musik, navigasi, streaming audio, serta bantuan komunikasi. Mencapai popularitasnya beberapa tahun belakangan, kemungkinan sistem integrasi ini akan menjadi fitur standar di tahun-tahun mendatang.

Meskipun tidak semua mobil memberikan opsi berlimpah, tapi Anda bisa bertanya tentang fitur tambahan mobil mana saja yang ditawarkan oleh produsen. Jika bukan bagian dari fitur standar kendaraan, kemungkinan Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan opsi di atas.

>>> Dapatkan beragam tips dan trik otomotif paling lengkap hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top