Tertarik Membeli Mobil? Berikut Tips Menghitung Simulasi Kredit Mobil Bekas

08/12/2019

Jual beli

3 menit

Tertarik Membeli Mobil? Berikut Tips Menghitung Simulasi Kredit Mobil Bekas
Jika tidak diperhitungkan secara jeli, membeli mobil bekas secara kredit bisa menjadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, Cintamobil.com mengajak Anda menghitung simulasi kredit mobil bekas.

Karena harganya yang tidak murah bagi sebagian orang, membeli mobil dengan cara kredit menjadi pilihan. Mulai dari mobil baru hingga mobil bekas bisa Anda beli dengan cara kredit. Tetapi masih banyak yang tidak mengerti tentang sistem pembayaran mobil kredit. Tertarik? Mari kita hitung simulasi kredit mobil bekas untuk mempermudah mengatur keuangan nantinya.

1. Menghitung uang muka

Pembelian mobil secara kredit biasanya terbagi menjadi uang muka (disebut juga DP atau Down Payment) dan pembayaran setiap bulan. Jika sebelumnya uang muka mobil bekas mulai dari 30%, namun saat ini beberapa lembaga penyedia layanan kredit bisa menawarkan uang muka yang lebih rendah. Tapi dalam simulasi kredit mobil bekas, besar dan kecilnya uang muka mempengaruhi jumlah cicilan Anda per bulan.

perempuan membeli mobil duduk di dalam mobil berwarna biru 
Perhatikan uang muka yang harus dibayarkan untuk membeli mobil

Untuk kredit mobil bekas, perhitungan uang muka cukup mudah. Seperti biasa, Anda tinggal menghitung besaran uang muka dengan harga mobil. Jika uang muka yang disepakati 30%, maka untuk mobil dengan harga Rp150 juta Anda harus membayar DP sebesar Rp45 juta. Sisa plafon kredit yang harus dibayarkan berarti Rp105 juta yang akan dibayar sesuai jangka waktu kredit.

>>> Jangan Mudah Tergiur, Perhatikan 4 Tips Kredit Mobil Tanpa DP Berikut Ini

2. Menghitung Bunga

Salah satu hal yang membuat membeli mobil dengan kredit lebih mahal dibandingkan secara tunai adalah besaran bunga yang dibayarkan selama cicilan berlangsung. Keputusan untuk memilih lembaga pembiayaan pun sebagian besar berdasarkan suku bunga yang ditawarkan. Suku bunga flat tidak akan berubah selama waktu kredit. Namun untuk suku bunga efektif, angsuran per bulan akan lebih kecil.

mobil bekas berwarna hitam dan putih berjejer 
Beberapa penyedia layanan kredit memiliki bunga yang berbeda-beda

Beberapa lembaga pembayaran pun memiliki bunga yang berbeda-beda. Tetapi biasanya, semakin lama pembiayaan berlangsung, maka bunga yang diberikan pun akan semakin tinggi. Contohnya ketika plafon mobil bekas Rp105 juta yang tersisa digabungkan dengan bunga 4% per tahun, maka Anda akan membayar total Rp4,2 juta untuk bunga per tahun, atau Rp350 ribu per bulan.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

3. Menghitung angsuran per bulan

Angsuran per bulan sangat dipengaruhi oleh uang muka dan bunga yang diberikan. Semakin besar Anda membayar uang muka, maka angsuran per bulan akan berkurang. Sebaliknya, pembayaran dengan uang muka rendah berakibat angsuran per bulan akan lebih besar. Hal ini juga berlaku pada kredit mobil baru.

mobil kecil untuk simulasi kredit mobil bekas 
Setelah itu, Anda bisa melihat angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan

Pembayaran angsuran bisa didapatkan dengan membagi plafon pinjaman dengan tenor, atau berapa lama masa kredit Anda dan ditambahkan dengan bunga. Misalnya untuk plafon Rp105 juta dan angsuran 60 bulan (5 tahun), maka Anda membayar Rp1,75 juta. Namun Anda perlu menambahkan dengan bunga per bulan. Totalnya, Anda perlu menyisihkan Rp2,05 juta untuk membayar angsurannya.

BCA Finance di Cintamobil.com

Setiap lembaga pembiayaan memiliki perhitungan masing-masing. Tapi selalu perhatikan berbagai perbedaan seperti bunga dan tenor yang diberikan untuk memilih layanan kredit. Anda juga bisa melakukan simulasi kredit mobil bekas langsung dari BCA Finance langsung di halaman mobil yang Anda inginkan di Cintamobil.com.

tampilan simulasi kredit mobil bekas BCA Finance di laman website Cintamobil.com

Simulasi kredit mobil bekas dari BCA Finance

Ketika Anda mencari mobil bekas, perhatikan pada bagian kanan bawah untuk menemukan "Simulasi Kredit BCA". Hanya dengan menekan "Kalkulasi", maka sistem akan secara otomatis menghitung berapa jumlah angsuran per bulan berdasarkan harga mobil yang Anda inginkan. Anda juga bisa memilih uang muka, jenis asuransi, serta tenor angsuran yang Anda inginkan.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top