Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Carry Pick Up Harga Rp 15 Jutaan

19/10/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Suzuki Carry Pick Up harga Rp 15 jutaan merupakan alternatif mobil niaga dengan harga yang sangat terjangkau. Lalu, apa yang membuat mobil ini semakin menarik?

Suzuki Carry Pick Up harga Rp 15 jutaan memang masih banyak ditemukan di pasar mobil bekas Tanah Air. Populasinya yang ramai serta model yang tahan lama membuat mobil ini sering dicari sebagai kendaraan niaga walaupun biasanya berumur lebih dari 25 tahun. Mari kita simak apa saja yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil ini.

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Carry Futura

Apa yang Anda bayangkan dari sebuah mobil pick up bekas harga Rp 15 jutaan? Berdasarkan pengalaman membeli mobil bekas tentunya mobil lama dengan tampilan jadul. Namun mobil ini masih cukup menawan untuk dimiliki. Bagi Anda yang tertarik membeli Carry dengan banderol Rp 15 jutaan, intip kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan Suzuki Carry Futura

Kapan lagi bisa mendapatkan mobil seharga Rp 15 juta namun bisa digunakan untuk mencari nafkah? Selain banderolnya yang sangat terjangkau, layaknya mobil seharga motor, berikut beberapa kelebihan Suzuki Carry yang bisa Anda dapatkan.

1. Spare part masih banyak ditemui

Suzuki Carry yang tanpa perubahan selama 23 tahun membuat populasi mobil ini masih banyak ditemukan. Popularitasnya juga terlihat dengan spare part yang mudah ditemukan, meskipun bagi pemilik yang berada di pelosok. Nah, tentunya bisa memberikan kemudahan tersendiri menemukan pengganti spare part yang perlu diganti.

tampilan depan dari mobil bekas Suzuki Carry 1990
Suzuki Carry Pick Up harga Rp 15 jutaan
memiliki spare part yang mudah ditemukan

2. Mesin tahan lama

Tak jarang mobil Carry keluaran tahun 90-an hingga 2000-an masih tetap mampu berjalan dengan mesinnya yang tahan lama. Perawatannya pun tergolong mudah, sehingga membuatnya menjadi pilihan kendaraan niaga. Keunggulan lainnya pada mobil ini tentu saja terlihat dari konsumsi bahan bakar yang irit, salah satu indikator penting untuk sebuah mobil niaga.

3. Perawatan yang mudah

Masalah akibat fitur yang tidak terlalu banyak bisa mengindikasikan kelebihan mobil ini, yaitu tidak membutuhkan perawatan berlebih dari sistem kelistrikan maupun teknologi dibandingkan mobil baru saat ini. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran untuk penggantian komponen yang lebih kompleks.

>>> Begini Cara Perawatan Suzuki New Carry Pick Up yang Tepat

Kekurangan Suzuki Carry Futura

Dengan harganya yang sangat terjangkau, maka jangan harapkan berbagai kelengkapan maupun teknologi canggih pada mobil ini. Selain itu, berikut beberapa kekurangan Suzuki Carry Futura di bawah ini.

1. Umur yang sudah tua

Sebagian besar Carry Pick Up bekas harga Rp 15 jutaan merupakan model keluaran tahun 80-an hingga 90-an awal. Sehingga mobil ini rentan memiliki masalah-masalah ketika dijual. Karena itu, siapkan budget tambahan untuk memperbaiki komponen-komponen yang berpotensi menguras kantong Anda, seperti mesin maupun kaki-kaki.

interior Suzuki Carry 1990 dengan kursi berwarna merah
Bagian dalam Suzuki Carry Futura yang minim fitur

2. Minim fitur

Berkaitan dengan umur mobil ini, Suzuki Carry Futura masih belum mendapatkan fitur baru dibandingkan Suzuki keluaran terbaru. Mobil ini tanpa AC, apalagi head unit 2DIN. Fitur keselamatan terlihat sederhana, dengan hanya menggunakan sabuk pengaman di bangku depan.

3. Tenaga pas-pasan

Walaupun sudah mendapatkan mesin dengan kapasitas 1.3 liter yang irit bahan bakar, tenaga yang ditawarkan tentu saja kalah jauh dibandingkan Carry yang baru saja diperkenalkan di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 silam.

Harga Suzuki Carry Pick Up bekas tahun 1990

Suzuki Carry yang sudah lama melanglang buana di jalanan Indonesia akhirnya mendapatkan ubahan dengan desain yang lebih modern dan mesin yang lebih besar bernama Suzuki Carry Futura. Suzuki Carry Pick Up tahun 1990 ini menggunakan mesin Suzuki G13 dengan kapasitas 1.3 liter 4-silinder dan 12 katup yang lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

modifikasi mobil bekas Suzuki Carry berwarna putih
Harganya yang terjangkau membuat mobil ini tak jarang dijadikan ‘kanvas’ modifikasi

Desainnya memang dibuat lebih membulat, meninggalkan gaya kotak-kotak yang identik dengan model jadul keluaran tahun 70-an sampai 80-an. Peningkatan ini juga berdampak pada harga yang ditawarkan. Tidak ada lagi mobil pick up bekas harga Rp 15 jutaan, karena biasanya mobil ini dibanderol sekitar Rp 30 jutaan.

Dilansir dari berbagai sumber, termasuk marketplace jual beli mobil online, sebagian besar Suzuki Carry tahun 1990 dipasarkan dalam kisaran Rp 30 jutaan hingga Rp 40 jutaan. Mungkin sedikit perbedaan terlihat pada kondisi serta berapa kilometer mobil sudah berjalan.

Pilihan mobil pick up bekas harga 30 jutaan

Dengan umurnya yang sudah terbilang renta, tak banyak model Carry keluaran tahun 1990-an yang dipasarkan dalam kondisi bagus. Beberapa model harus mendapatkan inspeksi yang lebih dalam sebelum membeli, bukan hanya uji saja. Dengan banderol Rp 30 jutaan, Anda bisa mendapatkan model yang lebih baru.

Berikut beberapa pilihan mobil pick up dengan harga Rp 30 jutaan yang bisa Anda pilih:

1. Mitsubishi Colt T120SS 1995

mobil bekas Mitsubishi Colt pick up keluaran tahun 1995
Mitsubishi Colt keluaran tahun 90-an bisa didapatkan dengan banderol Rp 30 jutaan

Mobil ini juga diperkenalkan ketika Suzuki memperbaharui Carry dengan model Carry Futura.  Pasalnya kedua mobil ini berbagi sasis yang sama. Untuk model keluaran tahun 1995, Colt T120SS sudah bisa didapatkan dalam kisaran Rp 30 jutaan hingga Rp 40 jutaan. Sayangnya mobil ini sudah tidak lagi diproduksi pada tahun 2017.

2. Daihatsu Espass 2005

Mungkin tak banyak yang mengenal pick up andalan Daihatsu di era 90-an hingga 2000-an ini. Namun Daihatsu Espass merupakan salah satu pick up yang tahan lama dan masih diminati saat ini. Walaupun dibandingkan pesaingnya, mobil ini sudah tidak lagi diproduksi pada Oktober 2007. Espass di akhir tahun penjualannya bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 30 jutaan saja.

Daihatsu Zebra yang disebut dengan Daihatsu Espass
Daihatsu Espass juga dikenal juga dengan nama Daihatsu Zebra

3. Suzuki Carry 2000-2002

Masih menggunakan versi Suzuki Carry Futura, namun edisi kali ini merupakan model dengan tahun yang lebih tinggi. Walaupun secara tampilan serta mesin yang digunakan, mobil ini tak banyak berubah dibandingkan edisi tahun 1990-an. Carry Pick Up keluaran tahun 2000 hingga 2002 bisa Anda dapatkan dengan banderol mulai dari Rp 30 jutaan saja.

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja mobil bekas dengan harga Rp 15 jutaan?
Ada beberapa mobil klasik yang bisa didapatkan dengan banderol Rp 15 jutaan, biasanya mobil di tahun 1980-an hingga 1990-an. Beberapa contohnya seperti Suzuki Carry, Daihatsu Charade, maupun Toyota Starlet.
Berapa harga Suzuki Carry terbaru di Indonesia?
Saat ini, harga Suzuki Carry terbaru di Indonesia mulai dari Rp 155 jutaan.
Apa saja varian Suzuki Carry
Ada empat varian New Carry Pick Up, yaitu model Flat-Deck dan Wide-Deck dengan tambahan fitur AC pada masing-masing model.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top