Solusi Cicilan Mobil Bekas yang Lebih Murah, Intip 5 Tips Berikut

28/12/2019

Jual beli

2 menit

Share this post:
Solusi Cicilan Mobil Bekas yang Lebih Murah, Intip 5 Tips Berikut
Dengan semakin menjamurkan sistem penyedia layanan kredit, ada beberapa tips yang bisa Anda dapatkan untuk memilih cicilan mobil bekas yang lebih murah.

Beberapa petimbangan membeli mobil bekas adalah harganya yang lebih murah. Selain itu, Anda bisa memilih mobil dengan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tertarik membeli mobil bekas dengan cara kredit, perhatikan beberapa tips berikut untuk mendapatkan cicilan mobil bekas yang lebih ringan.

1. Pilihan uang muka yang besar

Berdasarkan Surat Edaran Ban Indonesia Nomor 14/10/DPN saat ini mewajibkan seluruh lembaga pembankan dan pembiayaan untuk menyadiakan uang muka minimal 25% untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, minimal uang muka yang ditetapkan adalah 30%.

wanita yang sedang menaiki mobil biru sedang membeli mobil

Uang muka yang besar akan menyebabkan cicilan mobil lebih ringan

Ketika sebagian konsumen memilih Down Payment (DP) yang lebih ringan, cicilan per bulan akan lebih besar. Uang muka yang lebih besar akan mempengaruhi cicilan yang lebih ringan. Sebagai contoh, cicilan mobil bekas dengan uang muka 30% untuk mobil seharga Rp100 juta untuk 12 bulan, Anda perlu membayar Rp5.8 juta per bulan. Jika uang mukanya 40%, cicilan per bulan menjadi Rp5 juta saja.

>>> Ingin Beli Mobil? Perhatikan 5 Tips Memilih Kredit Mobil Bekas Berikut Ini

2. Jangka waktu tenor

mobil mainan berwarna merah dengan uang koin

Tenor lebih lama akan membuat cicilan lebih sedikit

Anda bisa memilih jangka waktu kredit atau tenor untuk membuat cicilan per bulan menjadi lebih murah. Sebenarnya, semakin lama jangka waktu kredit, semakin banyak bunga yang harus Anda bayarkan. Tetapi jika dibandingkan dengan cicilan per bulan, tenor 3 tahun atau 36 bulan tentu akan lebih murah dibandingkan tenor 1 tahun atau 12 bulan.

3. Pilih asuransi sendiri

Membengkaknya cicilan mobil bekas sebagian besar dikarenakan beban tambahan lainnya. Seperti beban bunga, asuransi, dan biaya administrasi lainnya. Untuk cicilan yang lebih ringan, Anda bisa mencari asuransi sendiri. Meskipun terkesan tidak efektif, tetapi dengan ini Anda bisa membuat cicilan per bulan menjadi lebih rendah.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Gunakan sistem balloon payment

Bagi Anda yang masih belum tahu, sistem Balloon Payment merupakan cara pembayaran kredit dimana cicilan yang ringan di depan dan pelunasan di belakang. Sistem ini akan memberikan keuntungan di tahun-tahun pertama karena biaya yang lebih ringan di awal.

mobil yang menggambarkan sistem ballon payment

Gunakan sistem Balloon Payment dalam mencicil mobil bekas

Dalam beberapa tahun pertama Anda bisa mendapatkan cicilan yang sangat ringan. Anda juga bisa menghindari kerugian yang terlalu besar ketika mengalamo over kredit. Namun sayangnya, besarnya cicilan yang harus dibayarkan di akhir masa cicilan akan lebih besar. Kelemahan lainnya yaitu sistem ini menghabiskan waktu yang lebih lama dibandingkan sistem cicilan biasa.

5. Cari promo penawaran

Ada banyak keuntungan ketika Anda membeli mobil di akhir tahun, Diler berusaha untuk menghabiskan stok mobil yang tersisa. Karena itu, Anda bisa mendapatkan berbagai promo maupun diskon. Beberapa lembaga penyedia layanan kredit juga berlomba-lomba memberikan promo menarik di akhir tahun.

tangan yang sedang mencari promo mobil bekas

Pada akhir tahun, ada banyak promo yang bisa Anda dapatkan

Selain itu, hari besar keagamaan atau bulan kemerdekaan merupakan waktu penting dimana ada banyak diskon bertebaran. Contohnya ketika memasuki bulan Ramadhan maupun Idul Fitri atau pada 17 Agustus. Beberapa diler maupun lembaga pembiayaan mengeluarkan berbagai promo dan diskon untuk menarik konsumen.

>>> Dapatkan berbagai tips & trik otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Ingin Beli Mobil? Perhatikan 5 Tips Memilih Kredit Mobil Bekas Berikut Ini

25/12/2019

Jual beli

3 menit

Banyak kesalahan yang dilakukan konsumen ketika memilih kredit mobil bekas. Tak ingin bernasib sama, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda dapatkan.

Lihat juga

Beli Mobil Lebih Mudah dengan Fitur Simulasi Kredit BCA Finance di Cintamobil.com

10/12/2019

Event - Promosi

3 menit

Mengetahui simulasi kredit bisa menjadi solusi memantapkan keputusan membeli mobil. Fitur simulasi kredit BCA Finance di Cintamobil.com bisa menjadi solusi.

Lihat juga

Tertarik Membeli Mobil? Berikut Tips Menghitung Simulasi Kredit Mobil Bekas

08/12/2019

Jual beli

3 menit

Jika tidak diperhitungkan secara jeli, membeli mobil bekas secara kredit bisa menjadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, Cintamobil.com mengajak Anda menghitung simulasi kredit mobil bekas.

Lihat juga

Jangan Mudah Tergiur, Perhatikan 4 Tips Kredit Mobil Tanpa DP Berikut Ini

13/11/2019

Jual beli

3 menit

Menjelang akhir tahun, diler mobil berlomba-lomba memberikan berbagai promo untuk menutup penjualan tahun fiskal 2019. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba promo kredit mobil tanpa DP, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Lihat juga

Masih Ragu? Ini Dia Perbedaan Kredit Mobil Syariah dengan Kredit Konvensional

08/11/2019

Jual beli

2 menit

Sebagian bank atau lembaga pembiayaan menawarkan kredit mobil syariah. Tapi hal ini tak menjadikan uang cicilan menjadi murah. Lalu, apa saja perbedaan kredit mobil konvensional dengan syariah?

Lihat juga
 
back to top