Beda Sigra vs Calya, Pilihan Mobil Keluarga Murah Rp 150 Juta

12/10/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Sigra vs Calya merupakan dua pilihan mobil keluarga murah dengan banderol Rp 150 jutaan. Lalu, apa saja yang membedakan antara kedua mobil bersaudara ini?

Persaingan mobil Sigra vs Calya memang masih menjadi perdebatan. Pasalnya kedua mobil keluarga Rp 150 jutaan ini memiliki kapasitas tujuh tempat duduk yang menawarkan kapasitas kabin yang lega dan fitur yang tak kalah dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Bagi Anda yang masih bingung memilih di antara dua model yang bersaudara ini, berikut perbedaan antara Daihatsu Sigra vs Toyota Calya berdasarkan pengalaman memilih mobil dari Cintamobil.com.

Eksterior Sigra vs Calya

Sejak ubahan pada generasi pertama pada tahun 2016, Toyota dan Daihatsu sama-sama merevisi tampilan dan menambah fitur baru pada facelift tahun 2019 lalu. Dikembangkan dan menggunakan platform yang sama, tentu saja tidak ada perbedaan signifikan yang jelas terlihat pada mobil ini.

eksterior Daihatsu Sigra terbaru berwarna putih
Desain eksterior Daihatsu Sigra edisi facelift

Tapi jika ditelusuri lebih dalam, beberapa perbedaan mendetail bisa ditemukan. Contohnya saja eksterior Daihatsu Sigra menggunakan aksen chrome yang lebih dominan dibandingkan Calya. Desain grille atas dan bawah dibuat terpisah dengan palang yang menyatukan lampu kabut di kedua sisi.

Sedangkan Calya menggunakan gaya trapesium terbalik untuk grolle depan. Rumah lampu kabut terlihat lebih tinggi dengan posisinya lebih ke bawah dibandingkan Sigra. Meskipun velg sama-sama mengadopsi gaya two-tone, tapi Calya menggunakan gaya besar dan kecil.

eksterior Toyota Calya 2021 terbaru di Indonesia
Bagian luar Calya dengan perbedaan pada grille

Kedua mobil juga sudah menggunakan teknologi LED pada lampu depan yang lebih terang dan menghemat daya. Namun yang membawa kelebihan Daihatsu Sigra dibandingkan Calya adalah hadirnya talang air yang mampu mencegah masuknya air dan berguna pada saat musim hujan.

Interior Sigra vs Calya

Mengulik bagian kabin Daihatsu Sigra dan Toyota Calya yang bisa dibilang lega, mobil ini memiliki tiga baris dan mampu menampung hingga tujuh orang. Dengan platform yang sama, ternyata ada beberapa perbedaan mendasar yang bisa ditemukan pada kedua mobil ini.

interior Daihatsu Sigra dengan warna hitam
Interior Daihatsu Sigra yang lega

Varian tertinggi dari interior Toyota Calya dibuat lebih elegan menggunakan kombinasi warna hitam dan coklat. Sedangkan interior Daihatsu Sigra menghadirkan kombinasi hitam dan abu-abu. Sedangkan untuk ruang bagasi serta kepraktisan di dalam kabin tak begitu jauh berbeda.

kursi Toyota Calya terbaru dengan warna cokelat
Perbedaan Sigra vs Calya terlihat dari head rest Calya yang lebih banyak

Perbedaan lainnya bisa ditemukan pada kehadiran head rest. Sigra hanya menggunakan enam head rest, dimana baris kedua hanya menggunakan dua head rest. Di sisi lain, Calya memiliki total 7 head rest, menopang tiga head rest di baris kedua yang menawarkan keamanan yang lebih baik bagi penumpang di tengah.

Pilihan mesin Sigra vs Calya

Sigra dan Calya sama-sama menggunakan mesin 1.2 liter 3NR-VE 4-silinder berteknologi DOHC dan Dual VVT-i. Keduanya mendapatkan tenaga maksimal 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

mesin Toyota Calya 1.2 liter terbaru
Mesin 1.2 liter sama-sama digunakan oleh Sigra dan Calya

Namun yang membedakannya adalah mesin 1KR-VE dengan teknologi VVT-i dan DOHC pada Daihatsu Sigra. Mesin ini lebih irit karena menggunakan konfigurasi 3-silinder. Sedangkan tenaganya jauh lebih rendah dengan 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400. Sayangnya mesin ini hanya ditawarkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Fitur infotainment dan keselamatan

Dengan harga yang ditawarkan, tentu saja kedua mobil ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Tipe tertinggi dari kedua mobil ini sudah memiliki pengaturan spion elektrik, head unit layar sentuh, pengisi daya untuk smartphone Anda, sampai dengan fitur keamanan seperti immobilizer dan alarm.

Daihatsu Sigra sendiri menawarkan berbagai fitur baru, seperti sensor parkir depan dibantu dengan kamera parkir mundur yang berguna untuk mencegah terjadi benturan atau kecelakaan ketika mobil sedang berkendara di jalanan yang sempit maupun di tempat parkir.

fitur Toyota Calya dengan head unit layar sentuh
Sigra vs Calya juga terlihat pada fitur yang ditawarkan

Dan bagi Toyota Calya yang memiliki banderol yang cukup tinggi sudah mendapatkan fitur kenyamanan layaknya mobil baru lainnya, yaitu audio steering switch. Fitur ini akan memudahkan Anda mengatur sistem hiburan tanpa harus melepas tangan dari lingkar kemudi.

Kedua mobil juga sudah mendapatkan fitur keselamatan anyar, seperti Anti-lock Braking System (ABS) yang membantu mencegah roda terkunci ketika Anda melakukan pengereman mendadak. Dilengkapi pula dengan Electronic Brake Distribution dan dual Airbag.

Harga Daihatsu Sigra dan Toyota Calya 2021

Kepuasan dalam memilih tipe Daihatsu Sigra menjadi salah satu kelebihan tersendiri pada mobil ini. Ada 10 tipe Sigra yang bisa dipilih, mulai dari mesin 1.0 liter dan 1.2 liter, pilihan tipe D, M, dan X, serta mode transmisi manual dan otomatis.

Harga Daihatsu Sigra bisa dibilang sangat terjangkau sebagai mobil baru berkapasitas tujuh tempat duduk. Varian terendah 1.0 D MT dibanderol mulai dari Rp 120 jutaan, sedangkan varian tertinggi Sigra 1.2 R AT DLX dengan harga Rp 163 jutaan.

interior Toyota Calya dengan fitur lengkap
Mobil keluarga murah Rp 150 jutaan ini memiliki fitur keselamatan yang terbilang lengkap

Dibandingkan Sigra, tipe Calya memang tidak begitu banyak. Hanya ada dua pilihan tipe yang tersedia, yaitu 1.2 E dan 1.2 G, dengan satu model STD, atau mobil dengan tipe standar Toyota tanpa fitur Anti-lock Braking System (ABS). Kedua tipe tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis dan manual.

Harga Toyota Calya juga sedikit lebih tinggi dibandingkan Sigra. Contohnya saja varian 1.2 EM/T STD sebagai tipe terendah dihargai mulai dari Rp 146 jutaan, sedangkan Calya 1.2 G A/T yang merupakan tipe tertinggi bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 167 jutaan saja.

Keunggulan Sigra vs Calya terdapat pada harganya yang terjangkau, ruang kabin yang lega dengan tiga baris tempat duduk. Walaupun baris ketiga tidak terlalu lega untuk penumpang dewasa. Tapi yang membuat mobil ini digemari tentu saja konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit dibandingkan pesaingnya yang lebih tinggi.

>>> Baca juga: Komparasi Renault Triber vs Daihatsu Sigra vs Toyota Calya: Duel Panas LCGC 7 Seater, Mana Terbaik?

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Toyota Calya saat ini?
Toyota Calya dibanderol mulai dari Rp 146 jutaan untuk varian terendah dan Rp 167 jutaan untuk varian tertinggi.
Berapa harga Daihatsu Sigra terbaru?
Harga Daihatsu Sigra mulai dari Rp 120 jutaan untuk tipe terendah sampai Rp 163 jutaan untuk tipe tertinggi.
Mengapa desain Daihatsu Sigra dan Toyota Calya mirip?
Kedua ini memang memiliki banyak kesamaan, mulai dari desain eksterior dan interior hingga mesin yang digunakan, karena kedua mobil ini merupakan satu model yang sama-sama dikembangkan oleh Daihatsu.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top