Perbedaan Mobil SUV, MPV, City Car, Dan Hatchback

10/05/2017

Jual beli
Share this post:
Perbedaan Mobil SUV, MPV, City Car, Dan Hatchback
Apa Bedanya Mobil SUV, MPV, City Car, dan Hatchback. Keempat jenis mobil ini memiliki kemampuan berbeda-beda.

Saat ini, dengan perkembangan dunia otomotif  banyak model maupun jenis mobil baru dilahirkan. Oleh karena itu, bukan semua konsumen  dapat memahami beberapa istilah baru yang menamai jenis jenis mobil tersebut. Untuk membantu konsumen  dapat  mengetahui perbedaan  antara mobil SUV, mobil MPV, City Car dan mobil Hatchback, kali ini, cintamobil.com akan diskusi tentang  soal ini.

Setiap jenis mobil memiliki kemampuan berbeda-beda
Setiap jenis mobil memiliki kemampuan berbeda-beda

1. SUV

SUV (nama singkatan dalam bahasa Inggris dari frasa  Sport Utility Vehicle) merupakan gabungan Jeep, Pick Up dan Sedan. Mobil jenis SUV dibuat untuk  menembus berbagai medan. SUV adalah  mobil dengan ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi seperti mobil pick up, eksteriornya terlihat tangguh dan elegan, ukurannya besar serta mesin yang kuat dan bertenaga besar. Contoh mobil berjenis SUV adalah Terios, Rush, Fortuner, Pajero, dan sebagainya.

2. MPV

Mobil MPV
Mobil MPV

MPV(nama singkatan dalam bahasa Inggris dari frasa  Multi Purpose Vehicle) memiliki fungsi utama yaitu  mengangkut banyak penumpang jadi  ia disebut dengan nama mobil keluarga. Mobil jenis  MPV dibuat untuk membawa  tujuh  penumpang. Selain itu,  mobil ini bisa juga digunakan untuk  mengangkut banyak  barang dengan cara melipat beberapa jok  di dalamnya . Mobil jenis MPV  terlihat di Tanah Air seperti Xenia, Avanza, Mobilio, Ertiga, dan sebagainya.
>>> Baca juga: Keluarga muda, pilih MPV atau mobil sedan?

 

3. City Car

Mobil City Car
Mobil City Car

Mobil City Car atau mobil perkotaan ini  sangat  cocok untuk digunakan  di dalam kota. Jenis mobil ini kebanyakan adalah mobil kecil yang sesuai dengan  kondisi lalu lintas yang macet, menuntut mobil bergerak dengan lincah sekaligus irit bahan bakar. Jenis mobil ini juga bisa dipakai dalam perjalanan jauh  seperti  ke luar kota, namun penumpang akan merasa tidak nyaman, serta pegal dan mesin pun tidak kuat jadi sangat cepat panas. Mobil jenis city car terlihat di Tanah Air seperti Sirion, Brio, Kia Morning  dan  sebagainya.
>>> Sudah tahu tips dan trik jual mobil dengan harga tinggi? Klik sini

 

4. Hatchback

Mobil Hatchback
Mobil Hatchback

Mobil jenis ini berbasis sejenis sedan dengan bagian belakang yang lebih pendek. Gambaran mudahnya hatchback itu sedan tanpa buntut. Pintu bagasinya  didesain dapat dibuka ke atas sehingga lebih  mudah memasukkan barang ke ruang bagasi. Kadang  kadang mobil jenis ini memiliki  ruang bagasi yang minim, namun tetap bisa menjadi besar jika kita melipat bangku belakang. Mobil jenis hatchback terlihat  di Tanah Air seperti Swift, Yaris, Jazz, Fiesta, dan sebagainya.

Itulah beberapa ciri yang menunjukkan perbedaan di antara mobil jenis SUV, MPV, City Car dan Hatchback. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sobat-sobat.
>>> Klik untuk membaca semua tulisan tentang pengalaman

Share this post:
 
back to top