Komparasi Mobil Klasik: Pilih Honda Civic Nouva atau Honda Civic Estilo?

29/08/2019

Jual beli

3 menit

Share this post:
Honda Civic Nouva dan Honda Civic Estilo adalah bagian dari generasi Civic yang pernah dijual di Indonesia. Meskipun saat ini sudah tidak diproduksi lagi, keduanya masih memiliki harga yang cukup mahal di pasar mobil bekas Indonesia.

Masih banyak mobil-mobil lama yang bahkan mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan ketika pertama kali dijual di Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu Honda Civic Nouva dan Honda Civic Estilo. Mobil yang saat ini masuk dalam kategori mobil klasik bahkan memiliki harga jual yang cukup tinggi dibandingkan mobil bekas yang masih baru. Lalu, apa saja perbedaan antara dua model Civic namun berbeda tahun tersebut?

Kelebihan dan kekurangan Honda Civic Nouva

Performa dan akselerasi yang mengagumkan membuat mobil ini menjadi buruan konsumen, terlebih mereka yang menyukai mobil klasik. Dengan mesin berkapasitas 1.500 cc D15B2 karburator, mobil ini mampu mengeluarkan 92 daya kuda serta torsi maksimal 119 Nm dalam transmisi 5 percepatan AT/MT.

 mobil bekas Honda Civic Nouva 1991 berwarna putih
Mobil bekas Honda Civic Nouva 1991

Tampilannya yang elegan serta klasik lebih memikat, dibandingkan dengan hatchback keluaran terbaru. Bahkan, ada banyak referensi pengguna yang memodifikasi mobil ini. Bagi Anda yang gemar mengutak-atik mobil lama, Civic Nouva bisa menjadi pilihan.

>>> Honda Accord Murah, Pilih Honda Accord Prestige atau Accord Cielo?

Tapi layaknya mobil yang sudah berumur hampir 30 tahun, sparepart kendaraan menjadi masalah. Mulai dari harga spare yang terbilang cukup langka membuatnya cukup mahal, serta banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa komponen mobil mudah keropos. Terlebih jika perawatan yang tak maksimal, jangan harap Anda bisa menemukan mobil versi standar dengan kondisi baik.

interior Honda Civic Nouva 1991 berwarna beige 
Tampilan interior Honda Civic Nouva

Sebagian besar harga Honda Civic Nouva bekas berkisar antara Rp40 jutaan hingga Rp70 jutaan. Tapi harga tersebut bisa lebih besar jika Anda menemukan mobil ini dengan kondisi standar yang masih sangat terawat.

>>> Dapatkan berbagai Honda Civic baru dan bekas hanya di sini

Kelebihan dan kekurangan Honda Civic Estilo 1992

Diperkenalkan pada September 1991 untuk model 1992, tampilan baru Civic mendapatkan tambahan dimensi dan gaya aerodinamis. Bermesin 1.6 liter 4 silinder segaris SOHC, versi standar mampu menghadirkan 120 daya kuda dengan torsi 140 Nm.

mobil bekas Honda Civic Estilo 1992 berwarna kuning 
Mobil bekas Honda Civic Estilo 1992

Jika dibandingkan dengan generasi keempat yang masih kotak, tampilan luar dari generasi kelima mendapatkan perubahan tanpa sisi-sisi tajam. Lihat saja perubahan pada bagian depan, seperti desain lampu dan bemper depan. Bagian belakang juga mendapatkan perubahan yang lebih bundar, seperti desain lampu belakang baru bagi Civic Estilo.

>>> Review Honda Civic Estilo 1992: Dulu Murah, Sekarang Harganya 'Ngeri'

Tapi kekurangan paling utama dalam mencari mobil bekas Civic Estilo adalah model yang menggunakan komponen original. Dengan umur yang sudah tua serta sparepart yang sulit ditemukan, merawat mobil ini membutuhkan usaha lebih. Minimnya ruang penyimpanan serta mesin yang masih belum menggunakan teknologi i-VTEC menjadi salah satu kekurangan mobil ini.

mesin Honda Civic Estilo 1992 berwarna putih
Mesin Honda Civic Estilo 1992

Estilo disebut memiliki desain yang menawan dan tak jarang diubah dan dimodif. Estilo bisa dibilang cukup langka terlihat di jalanan. Seperti Honda Civic Nouva, kebanyakan Civic Estilo sudah menjadi kolektor item bagi pecinta mobil klasik. Lihat saja Civic Estilo yang sudah dimodifikasi. Harganya bisa menjadi lebih mahal, bahkan mencapai Rp150 jutaan hingga Rp200 jutaan.

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya hanya ada di sini!

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top