Kencang Serta Irit, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Turbo Sedan

04/09/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Kencang Serta Irit, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Turbo Sedan
Sedan lansiran PT Honda Prospect Motor ini cukup menggemparkan di awal kemunculannya tahun 2016 silam, inilah kelebihan dan kekurangan Honda Civic Turbo Sedan

Honda Civic dengan kode bodi FK8 adalah salah satu Civic terbaik yang pernah dijual oleh PT Honda Prospect Motor di Indonesia setelah Civic FD yang sakses di 2006. Ia baru mengalami facelift bulan Februari 2019 lalu. Menurut Cintamobil.com sedan lansiran PT Honda Prospect Motor ini memang cukup menggemparkan di awal kemunculannya tahun 2016 silam, inilah kelebihan dan kekurangan Honda Civic Turbo Sedan.

Foto tampilan depan Honda Civic Turbo Sedan

Inilah kelebihan dan kekurangan Honda Civic Turbo

Kelebihan Honda Civic Turbo Sedan

1. Posisi Duduk Ergonomis

Foto posisi duduk pengemudi di Honda Civic Turbo Sedan

Posisi duduk sempurna membuatnya tidak melelahkan dibawa road trip

Posisi duduk Honda Civic Turbo Sedan ini menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Hal tersebut dapat dicapai lantaran kursi berlapis kulit ini bisa diatur 8 arah secara elektris, begitupun setir yang dapat diatur secara teleskopik dan naik turun (tilt). Itu membuat pengemudi dengan postur apapun dapat secara leluasa mengatur posisi duduk. Dengan posisi duduk yang ergonomis, membuat perjalanan jauh menjadi menyenangkan dan tentunya tidak melelahkan.

2. Mesin Kencang

Foto mesin L15B7 Honda Civic Turbo Sedan

Dorongan akselerasi positif selalu disajikan mesin ini

Mesin berkode L15B7 ini menggunakan sistem induksi udara paksa guna mendongkrak performanya. Tak heran, tenaga sebesar 173 PS atau sekitar 171,5 Hp serta torsi 220 NM mudah saja dimuntahkan oleh mesin ini. Hebatnya, meski tekanan turbocharged yang mencapai 1,14 bar tergolong tinggi untuk sebuah mesin harian, namun mesin ini tetap mampu mengkonsumsi bensin beroktan rendah, bahkan jika terpaksa ia mampu menenggak BBM yang setara premium (RON 88).

3. Konsumsi BBM Irit

Foto tombol ECON pada Honda Civic Turbo Sedan

Tekan tombol ini bila ingin berkendara secara hemat

Konsumsi BBM menjadi hal yang dapat dibanggakan pada Honda Civic Turbo model Sedan ini. Di kepadatan dalam kota ia dengan percaya diri mampu mencatat angka 12,5 kilometer per liter pada sampel kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan saat melaju di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam satu liter BBM oktan 92 yang kami isi mampu membawanya sejauh 19,8 kilometer. Jelas angka yang fantastis untuk sedan yang akselerasi 0-100 nya hanya 7,8 detik.

4. Akomodasi Oke

Foto bagasi Honda Civic Turbo Sedan

Bagasi luas, membuatnya oke untuk bepergian

Civic Sedan ini menawarkan bagasi yang cukup lapang di kelasnya. Tercatat 427 liter bagasi yang dapat Anda gunakan untuk membawa perlengkapan liburan sekeluarga. Makin praktis lagi apabila Anda membutuhkan ruang ekstra, Anda tinggal menarik dua buah tuas yang ada di bibir bagasi bagian atas untuk dapat melipat kursi depan dengan format 60-40. O ya, meski luas ban cadangan di mobil ini tetap menganut full size dengan velg yang sama dengan yang dipasang di mobil.

5. Handling Baik

Foto ban dan velg Honda Civic Turbo Sedan

Feedback kemudi baik meski pakai Electronic Power Steering

Bila Anda adalah driving enthusiast, maka Anda harus membeli Honda Civic Turbo Sedan ini. Sebab, pengendalian menjadi salah satu kelebihan utama mobil-mobil keluaran Honda tak terkecuali Civic ini. Setir yang tajam akan memudahkan Anda mengendalikan mobil di tikungan, apalagi ia juga didukung dengan ban Bridgestone Turanza berukuran 215/50 R17 yang punya grip dan traksi mumpuni.

Kekurangan Honda Civic Turbo Sedan

1. Ground Clearance Pendek

Foto tampilan depan Honda Civic Turbo Sedan

Jarak terendah ke tanah hanya 12,5 cm

Honda Civic Turbo Sedan ini memiliki jarak terendah ke tanah yang pendek seperti, yakni hanya 125 mm. Hal ini membuat Anda harus berhati-hati dan ekstra waspada ketika melewati jalan rusak. Namun, hal positifnya adalah mobil jadi lebih stabil. Karena ground clearance rendah dapat meminimalkan aliran udara di kolong mobil membuat daya angkat akibat terjadinya turbulensi kian minim. 

2. Suara Mesin

Foto Honda Civic Turbo sedan dengan kondisi kap mesin terbuka

Mesin berpasokan bahan bakar direct injection lebih 'panas'

Teknologi tinggi yang diusung bukan tanpa efek samping .Panas mesin yang dihasilkan akibat mesin mengkompres udara di ruang bakar membuat engineer Honda sangat memperhatikan engine cooling system. Selain kipas pendingin hampir selalu bekerja terus menerus, juga salah satu fungsi BBM di ruang bakar difungsikan sebagai pendingin mesin. Artinya, pemilik mobil sangat perlu memperhatikan kualitas BBM agar mesin dapat selalu bekerja optimal.

3. Tidak Ada Sunroof

Foto tampilan belakang Honda Civic Turbo Sedan

Sayang tak tersedia sunroof untuk bergaya

Satu lagi kelemahan yang terasa di Honda Civic Sedan  ini adalah ia tidak memiliki sunroof. Kontras dengan pesaing abadinya sesama Jepang yakni Corolla Altis yang memiliki sunroof. Tentu saja ini merupakan salah satu kelemahan yang sangat terasa, mengingat harga jual barunya kini menyentuh Rp 533 juta dan itu bukan harga yang murah untuk sebuah mobil Sedan.

4. Tanpa Driving Mode

Foto tuas transmisi Honda Civic Turbo Sedan

Tidak tersedia pengaturan mode berkendara

Sayangnya, tidak tersedia mode berkendara pada mobil Honda Civic Turbo Sedan ini. Hanya tersedia mode ECON untuk menghemat BBM dan pilihan mode SPORT pada transmisi. Padahal akan lebih baik jika mobil ini dilengkapi dengan pilihan mode berkendara yang lengkap dan dapat mengatur respons setir, respons gas dan juga tingkat kekerasan suspensi.

5. Road Noise

Foto layout dashboard Honda Civic Turbo Sedan

Suara ban masih menyusup ke kabin

Kekurangan utama dari Honda Civic Turbo Sedan ini adalah road noise yang menyelinap ke dalam kabin. Kami sudah mencoba sendiri pada kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi suara ban bergesekan dengan permukaan jalan masuk ke kabin. Jelas ini akan mengganggu, apalagi mobil ini masuk ke kelas medium sedan, yang mana seharusnya untuk di kelas tersebut suara ban sudah sangat minim masuk ke dalam kabin.

>>> Setelah membahas Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Turbo Sedan, ini versi Hatchbacknya

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Honda Civic Turbo Jadi Official Car ISSOM 2020

31/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Honda Civic Hatchback RS Turbo & Honda Civic Turbo Sedan dipersembahkan Honda Indonesia sebagai official car Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2020

Lihat juga

Keluarga RS Honda Semakin Lengkap Dengan Kehadiran Honda Civic Turbo Hatchback RS 2020

06/02/2020

Mobil baru

3 menit

Bertempat di Atrium Mall Kota Kasablanka, Honda Civic Hatchback RS Meluncur Di Indonesia Hari ini. Persis seperti prediksi Tim Cintamobil

Lihat juga

Honda Civic Hatchback Facelift 2020 Tertangkap Kamera, Namanya Kini Honda Civic Hatchback RS, Ini Bedanya...

21/01/2020

Mobil baru

3 menit

Baru-baru ini seorang netizen menangkap foto sebuah truk car carrier sedang membawa Honda Civic Hatchback Facelift 2020, akankah mobil ini segera meluncur?

Lihat juga

Honda Indonesia Ungkap Alasan Mengapa Civic Turbo Hatchback RS Tidak Dilengkapi Honda Sensing

08/02/2020

Mobil baru

3 menit

Agak disayangkan mengapa fitur Honda Sensing ini tidak ada di Civic Turbo Hatchback RS yang baru saja meluncur di Indonesia, ini alasan Honda Indonesia

Lihat juga

First Drive New Honda Civic Hatchback RS, Mempertegas Karakter Sporty Civic Semakin Seksi

26/02/2020

Mobil baru

5 menit

Lahir dengan garis tangan sporty, Honda Civic Hatchback RS meneruskan warisan karakter sporty khas Honda sejak 1976 dengan tampilan yang disebut semakin seksi

Lihat juga