Lebih Murah Dari Varian Sedan, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Turbo 2017

02/12/2019
Honda Civic Hatchback Turbo 2017 merupakan reinkarnasi dari sang legenda Honda Civic Estilo. Butuh 21 tahun bagi Honda untuk kembali menjual Civic varian hatchback di Indonesia. Uniknya, Civic hatchback dijual lebih murah dari varian sedan. Dan inilah kelebihan dan kekurangan Honda Civic Hatchback Turbo

Butuh 21 tahun bagi PT Honda Prospect Motor untuk kembali menjual salah satu sedan terlaris mereka di Indonesia. Sebelumnya Honda Civic hanya hadir dengan model sedan, Honda Civic Hatchback akhirnya kembali ke Tanah Air pada tahun 2017. Dan sebagaimana versi sedan, ia juga hadir dengan mesin berteknologi Turbo. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Honda Civic Hatchback Turbo 2017 yang merupakan reinkarnasi sang legenda Civic Estilo.

Video mengenai Honda Civic Hatchback Turbo

Kelebihan Honda Civic Hatchback Turbo 2017:

1. Performa Mesin

Gambar menunjukkan logo earth dreams mesin Honda

Performa mesin L15B7 yang digendong Civic Hatchback Turbo ini cukup menggugah

Mesin berkode L15B7 ini menggunakan sistem induksi udara paksa guna mendongkrak performanya. Tak heran, tenaga sebesar 173 PS atau sekitar 171,5 Hp serta torsi 220 NM mudah saja dimuntahkan oleh mesin ini. Hebatnya, meski tekanan turbocharged yang mencapai 1,14 bar tergolong tinggi untuk mesin harian, namun mesin ini tetap mampu mengkonsumsi bensin beroktan rendah yang setara premium (RON 88).

>>> Ini pendapat kami mengenai Honda Civic Turbo Hatchback 2017

2. Handling Baik

Gambar menunjukkan ban dan pelek Honda Civic Hatchback 2017

Handling adalah salah satu kelebihan Honda Civic Hatchback Turbo

Jika Anda suka mengemudi dan tak ingin menyerahkan keasyikan mengemudi kepada sopir, maka Anda harus membeli Honda Civic Hatchback Turbo ini. Sebab, pengendalian adalah salah satu kelebihan utama mobil-mobil keluaran Honda tak terkecuali Civic ini. Setir yang tajam akan memudahkan Anda mengendalikan mobil di tikungan, apalagi ia juga didukung dengan ban Bridgestone Turanza berukuran 215/50 R17 yang punya grip dan traksi mumpuni.

>>> Apakah Civic versi sedan lebih baik dari hatchback? Simak ulasannya di sini

3. Bagasi Luas

Gambar menunjukkan Bagasi Honda Civic Hatchback Turbo 2017

Diluar dugaan, ternyata bagasi Honda Civic varian hatchback lebih luas dari sedan

Bagasi Honda Civic Hatchback Turbo 2017 ini punya kapasitas bagasi sebesar 728 liter sehingga fleksibel untuk menaruh barang berukuran besar. Jika kursi baris kedua dilipat maka akan memberikan ruang bagasi yang lebih luas lagi. Makin enak lagi, Honda Civic Hatchback Turbo 2017 ini juga dilengkapi dengan separator bagasi yang terbuat dari kain guna menjaga privasi terhadap barang bawaan Anda. Hebatnya, kapasitas bagasi ini lebih besar dari varian sedan.

>>> Civic Turbonesia memperkuat hubungan alam dengan manusia di hari jadi mereka

4. Desain Agresif

Gambar menunjukkan tampilan depan Honda Civic Hatchback Turbo 2017

Desain Honda Civic Hatchback Turbo lebih agresif dari sedan

Meski secara dimensi hanya berselisih panjang 110 mm alias 11 cm dari varian sedan, namun secara desain Honda Civic Hatchback Turbo ini jauh lebih agresif dari varian sedan yang terkesan kalem. Mulai dari tampilan depan, tampilan samping hingga tampilan belakang Civic hatchback ini tampil lebih agresif. Jika Anda suka modifikasi dan ingin tampil a la Civic Type-R maka belilah versi hatchback ini dan lakukan modifikasi ekstrior seperti Civic Type-R. 

>>> Ini jadinya apabila Honda Civic dibuat penggerak roda belakang dan dipakai drifting

5. Posisi Duduk Ergonomis

Gambar menunjukkan posisi duduk Honda Civic Hatchback Turbo 2017

Posisi duduk yang ergonomis membuat perjalanan jauh menjadi tidak melelahkan

Posisi duduk Honda Civic Turbo adalah salah satu yang terbaik di kelas medium sedan. Dan itu bukan pengecualian di versi hatchback ini. Kursi bisa diatur 8 arah, begitupun setir yang dapat diatur secara teleskopik dan naik turun (tilt), membuat pengemudi dengan postur apapun dapat secara leluasa mengatur posisi duduk. Dengan posisi duduk yang ergonomis, membuat perjalanan jauh menjadi menyenangkan dan tidak melelahkan.

>>> Inilah pesaing Honda Civic Type-R dari Korea

Kekurangan Honda Civic Hatchback Turbo 2017:

1. Suara Ban Masuk Ke Kabin

Gambar menunjukkan Layout dasbor Honda Civic Hatchback Turbo 2017

Salah satu kekurangan Honda Civic Hatchback Turbo 2017 adalah road noise yang menyelinap ke kabin

Kekurangan Honda Civic Hatchback Turbo 2017 ini adalah road noise yang menyelinap ke dalam kabin. Kami sudah mencoba sendiri pada kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi suara ban bergesekan dengan permukaan jalan masuk ke kabin. Jelas ini akan mengganggu, apalagi mobil ini masuk ke kelas medium sedan, yang mana seharusnya untuk di kelas tersebut suara ban sudah sangat minim masuk ke dalam kabin.

>>> Ingin beli Honda Civic bekas? Cek di sini pilihannya

2. Ground Clearance Pendek

Gambar menunjukkan bumper depan Honda Civic Hatchback Turbo 2017

Ground clearance hanya 150 mm membuat Anda harus berhati-hati saat melewati jalan rusak

Karena berbasis dari sedan, maka Honda Civic Hatchback Turbo 2017 ini juga memiliki jarak terendah ke tanah yang pendek seperti versi sedannya. Hal ini membuat Anda harus berhati-hati dan ekstra waspada ketika melewati jalan rusak. Namun, hal positifnya adalah mobil jadi lebih stabil. Karena ground clearance rendah dapat meminimalkan aliran udara di kolong mobil membuat daya angkat akibat terjadinya turbulensi kian minim. 

3. Tidak Tersedia Sunroof

Gambar menunjukkan Tampilan belakang Honda Civic Hatchback Turbo 2017

Dengan harga jual Rp 450 jutaan, ia belum dilengkapi dengan sunroof

Satu lagi kelemahan yang terasa di Honda Civic Hatchback Turbo 2017 adalah ia tidak memiliki sunroof. Kontas dengan pesaing abadinya sesama Jepang yakni Corolla Altis, ia tidak memiliki sunroof. Tentu saja ini merupakan salah satu kelemahan yang sangat terasa, mengingat harga jual barunya kini menyentuh Rp 450 jutaan dan itu bukan harga yang murah untuk sebuah mobil.

4. Tidak Ada Pilihan Mode Berkendara

Gambar menunjukkan Tuas transmisi Honda Civic Hatchback Turbo 2017

Tidak ada pilihan mode berkendara membuat Anda harus pasrah pada mode yang ada

Sayangnya, tidak tersedia mode berkendara pada mobil Honda Civic Hatchback Turbo 2017 ini. Hanya tersedia mode ECON untuk menghemat BBM dan pilihan mode SPORT pada transmisi. Padahal akan lebih baik jika mobil ini dilengkapi dengan pilihan mode berkendara yang lengkap dan dapat mengatur respons setir, respons gas dan juga tingkat kekerasan suspensi.

>>> Temukan tips lain soal jual-beli mobil di sini

5. Suara Mesin Berisik

Gambar menunjukkan mesin L15B7 Honda Civic Hatchback Turbo 2017
Suara mesin terdengar berisik, karena kipas pendingin terus menerus bekerja

Teknologi tinggi yang diusung mobil ini bukan tanpa efek samping .Panas mesin yang dihasilkan akibat mesin hanya mengkompres udara di ruang bakar membuat engineer Honda sangat memperhatikan engine cooling system. Karena salah satu fungsi BBM di ruang bakar juga sebagai pendingin mesin. Artinya, pemilik mobil sangat perlu memperhatikan area ini agar mesin dapat selalu bekerja optimal. Dan tak heran, karena panas mesin, kipas pendingin terus menerus bekerja dan membuat suara terdengar berisik.

>>> Tips otomotif terbaru ada di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain