Ingin Membeli Mobil Baru, Pahami Dulu Perbedaan DP dan TDP

17/01/2019

Jual beli

4 menit

Ingin Membeli Mobil Baru, Pahami Dulu Perbedaan DP dan TDP
Sebagian besar dari kita hanya mengetahui DP yang dibayarkan ketika membeli mobil dengan sistem cicilan. Namun ternyata masih ada TDP. Lalu, apa sebenarnya perbedaan DP dan TDP?

Dengan model baru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia diperkenalkan beberapa waktu lalu, mungkin Anda berniat untuk membeli mobil baru. Nah, ketika membeli mobil, Anda mungkin akan berkenalan dengan DP dan TDP. Keduanya merupakan salah satu hal yang akan Anda temui ketika membeli mobil dengan menggunakan sistem cicilan. Lalu, apa perbedaan keduanya?

Apa itu Down Payment?

Bagi Anda yang sudah lama berkeinginan untuk membeli mobil baru, Anda tentu pernah membaca tentang DP atau Down Payment. Jika diartikan, maka DP bisa disamakan dengan uang uang. Istilah ini merujuk pada sejumlah uang yang harus Anda bayarkan ketika ingin membeli kendaraan bermotor, tidak hanya mobil, dengan sistem kredit.

mobil mainan berwarna mewah dengan pena dan kertas

DP biasanya merujuk pada uang muka kendaraan bermotor

>>> Ingin Mobil Bekas Incaran Anda Lebih Murah Hingga Nyaris Rp 20 Juta? Ikuti Tips Ini

Umumnya, DP berkisar antara 20% hingga 30% dari harga kendaraan bermotor secara keseluruhan. Jadi misalnya Anda ingin membeli mobil seharga Rp 100 juta dengan DP 20%, berarti Anda harus menyiapkan uang Rp 20 juta terlebih dahulu untuk bisa membawa pulang mobil tersebut.

Memang, saat ini pemerintah sedang menargetkan tentang DP 0% untuk pembelian kendaraan bermotor. Jika sistem ini diaplikasikan, besar kemungkinan Anda tidak membutuhkan uang muka ketika membeli kendaraan. Namun masalah DP 0% masih simpang siur.

>>> Dapatkan tips jual beli lainnya hanya di sini

Apa perbedaannya dengan Total Down Payment (TDP)?

Setelah mengenal DP atau Down Payment, ternyata tidak banyak perbedaan dari DP dengan TDP. Dilansir dari berbagai sumber, jika DP dari leasing, berupa uang muka murni, maka TDP adalah total keseluruhan dari DP murni. Berapa harga yang Anda bayarkan untuk TDP adalah DP murni yang sudah ditambahkan dengan angsuran, administrasi, serta pembayaran asuransi.

konsumen pembeli kendaraan yang sedang duduk di dalam diler

Perhatikan kembali TDP sebelum membeli mobil

Sebagian besar konsumen di Indonesia sayangnya hanya memahami istilah DP saja. Padahal jika dilihat dari besaran DP dan TDP, total pembayaran tentu saja lebih besar dibandingkan DP. Meskipun begitu, biasanya konsumen juga sudah dimudahkan dengan perhitungan TDP yang diberikan oleh diler dalam tabel cicilan brosur penjualan mobil. Dengan tabel tersebut, sudah dijelaskan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk setiap bulannya.

>>> Simak info tips dan trik lainnya tentang mobil hanya di situs Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top