Hanya Jadi Kembaran Mitsubishi Xpander, Ternyata Inilah Kelebihan Dan Kekurangan All New Nissan Livina VE 2019

20/06/2019

Jual beli

7 menit

Share this post:
Hanya Jadi Kembaran Mitsubishi Xpander, Ternyata Inilah Kelebihan Dan Kekurangan All New Nissan  Livina VE 2019
Mobil ini disebut-sebut hanya menjadi bayang-bayang dari sang kakak yakni Mitsubishi Xpander, namun jangan salah ternyata ia juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dibanding saudaranya berlogo tiga berlian itu. Inilah rangkuman kelebihan dan kekurangan All New Nissan Livina VE 2019 versi tim Cintamobil.com

Salah satu mobil yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia pada semester pertama tahun 2019 ini adalah All New Nissan Livina. Sebab, lebih dari satu dekade lalu, mobil bernama Nissan Livina dan Nissan Grand Livina ini sempat menghebohkan khalayak umum dan cukup 'memukul' raja penjualan kelas people carrier saat itu atau yang kini lebih populer disebut LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). Setelah kami mencoba All New Nissan Livina VE 2019 dalam jarak yang lumayan panjang, inilah hasil kesimpulan kami mengenai kelebihan dan kekurangan jagoan PT Nissan Motor Indonesia ini menurut tim Cintamobil.com.

Tampak tampilan belakang All New Nissan Livina VW 2019

Benarkah All New Nissan Livina VE 2019 hanya Xpander yang di 'operasi plastik'?

Kelebihan All New Nissan Livina VE 2019 :

1. Tampilan Lebih Elegan

Tampak tampilan depan All New Nissan Livina VE 2019

Coba Anda lihat, pasti Anda akan sependapat dengan kami kalau tampilan mobil ini lebih elegan dari saudaranya

Salah satu kelebihan All New Nissan Livina VE 2019 bila dibandingkan dengan LMPV lainnya bahkan saudara kembarnya sekalipun adalah tampilannya. Ia hadir dengan tampilan yang lebih elegan dan enak untuk dipandang mata. Bagi kami ini adalah salah satu desain LMPV terbaik saat ini.

2. Desain Total Baru

Tampak tampilan samping All New Nissan Livina VE 2019

Tampilan baru mobil ini cenderung gagah, berbeda dengan generasi sebelumnya yang agak melankolis

Kelebihan kedua dari All New Nissan Livina VE 2019 adalah desainnya yang total baru. Kini tak ada lagi sosok pendek laksana Sedan yang diberi tambahan overhang. Sosoknya kini jangkung dan cukup macho namun tetap terlihat manis, tak heran karena ia mengambil basis dari kakaknya Mitsubishi Xpander.

3. Bantingan Lebih Empuk

Tampak Kaki-kaki All New Nissan Livina VE 2019

Kaki-kaki racikan Mitsubishi terbukti ampuh meredam berbagai kondisi jalan di Indonesia

Meski ia mengambil basis dari Mitsubishi Xpander, namun ternyata bantingan mobil ini lebih empuk dari saudaranya yang berlogo tiga berlian itu. Hal ini lantaran ban standar yang digunakan All New Nissan Livina VE 2019 ini adalah Dunlop yang terkenal memiliki dinding ban empuk sedari dulu dibandingkan Bridgestone.

>>> Banyak Dicari Orang, Inilah Harga Mobil Hyundai Getz Bekas

4. Desain Stoplamp Lebih Cantik  

Tampak Stoplamp All New Nissan Livina VE 2019

Ketika menyala, desain lampu All New Nissan Livina VE 2019 ini jauh lebih cantik dari saudaranya 

Poin keempat yang menjadi kelebihan All New Nissan Livina VE 2019 adalah desain stoplampnya yang lebih cantik bahkan bila dibandinhkan dengan saudara kembarnya tersebut. Kami pribadi lebih menyukai desain stoplamp All New Nissan Livina VE 2019 ini saat menyala dibandingkan dengan kepunyaan Xpander.

5. Kekedapan Kabin Baik

Tampak tim Tester Cintamobil.com

Kami sangat terkesan dengan kekedapan kabin di mobil yang masuk kelas LMPV ini

Salah satu kelebihan All New Nissan Livina VE 2019 lainnya adalah kekedapan kabinnya yang baik. Saat kami melaju di kecepatan 120 km/jam, putaran mesin menunjukkan angka 3500 rpm, minim sekali terdengar suara ban maupun angin yang menyusup ke kabin. 

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini 

Kekurangan All New Nissan Livina VE 2019:

1. Kurang Berkarakter Nissan

Tampak Grill All New Nissan Livina VE 2019

Sayang mobil ini masih kurang punya karakter Nissan yang kuat

Yang jadi kelemahan utama dari All New Nissan Livina VE 2019 ini adalah mobil ini kurang berkarakter Nissan. Meski Nissan sudah melakukan penyegaran dengan melakukan ubahan muka namun tetap saja secara keseluruhan mobil ini masih Xpander banget.

2. Transmisi Belum XTronic CVT

Tampak tuas transmisi All New Nissan Livina VE 2019

Kenapa Nissan tidak menggunakan transmisi CVT kebanggan mereka? 

Sayang sekali, transmisi kebanggaan Nissan yakni XTronic CVT tidak disematkan pada mobil terbaru mereka ini. Menurut kami ini menjadi salah satu kekurangan All New Nissan Livina VE 2019, karena kami cukup yakin jika All New Nissan Livina VE 2019 pakai CVT, maka kehematannya akan lebih baik.

>>> Harga Nissan Livina Maret 2019: Tukar Mobil Lama Anda Dengan Nissan Livina Baru

3. Spesifikasi Terlalu Mirip Mitsubishi Xpander

Tampak Spidometer All New Nissan Livina VE 2019

Karena sebuah produk aliansi, maka tak heran part yang digunakan pun serupa

Meski ini bukanlah sesuatu yang buruk, namun kami menilai spesifikasi yang terlalu mirip dengan Mitsubishi Xpander ini menjadi sedikit bumerang bagi Nissan. Karena para loyalis Nissan sejati akan lebih menuntut mobil yang jauh lebih nyaman khas mobil-mobil keluaran Nissan dahulu kala.

>>> 5 Kelebihan Daihatsu Sigra yang Layak Dipertimbangan untuk Dipakai Mudik

4. Sinar Lampu Utama Kurang Terang

Tampak lampu utama All New Nissan Livina VE 2019

Pancaran cahaya lampu pada mobil ini terasa kurang terang

Satu hal lagi yang jadi kekurangan dari All New Nissan Livina VE 2019 adalah pancaran sinar lampu utama mobil ini yang kurang terang. Kami menduga hal ini lantaran posisi rumah lampu mobil ini sama seperti Xpander yakni dibawah. Namun, kelemahan ini juga kami temui pada saudaranya satu basis tersebut.

5. Tarikan Atas Kurang Galak

Tampak Mesin 4A91 All New Nissan Livina VE 2019

Mesin 4A91 ini memang tenaganya oke di putaran rendah, namun kurang galak saat diajak berkitir di putaran tinggi

Terakhir yang menjadi kekurangan All New Nissan Livina VE 2019 adalah tarikan atas mobil ini yang terasa kurang galak. Hal ini terasa sekali ketika kami membawa mobil ini dijalan tol dan hendak mendahului kendaraan lain yang kecepatannya juga tinggi, lewat rpm 3600 agak kurang tarikannya.

>>> Tips dan trik lainnya bisa Anda dapatkan hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

All New Nissan Livina Terima Penghargaan Visitor Choice Selama Telkomsel IIMS 2019

09/05/2019

Pasar mobil

Perhelatan Telkomsel IIMS 2019 baru saja usai. Namun Nissan mampu membuktikan bahwa All New Livina mampu menarik perhatian pengunjung dengan berhasil menyabet gelar ‘Visitor Choice’.

Lihat juga

Berkat Livina, Nissan Masuk Lagi Di 10 Merek Mobil Terlaris Di Indonesia

17/04/2019

Pasar mobil

Ada yang berubah dari posisi 10 merek mobil terlaris di Indonesia bulan Maret 2019. Nissan yang sebelumnya terlempar dari posisi 10 besar kini kembali lagi. Nissan bahkan menggeser posisi Wuling yang pada bulan sebelumnya membuat Nissan terdepak.

Lihat juga

Keren, Penjualan All Nissan Livina Satu Bulan Samai Penjualan Grand Livina Setahun

13/04/2019

Mobil baru

Belum genap dua bulan mengaspal di Indonesia, All New Nissan Livina telah membuat Nissan Motor Indonesia (NMI) bahagia. Penjualan di bulan pertamanya telah mampu menyamai penjualan Nissan model lama sepanjang tahun 2018.

Lihat juga

Dinantikan Konsumen, All New Nissan Livina dan All New Nissan Serena Resmi Dijual di Makassar

21/03/2019

Pasar mobil

Tren mobil MPV yang tinggi menjadikan All New Nissan Livina dan All New Nissan Serena sebagai kendaraan yang dinanti masyarakat Makassar.

Lihat juga

All New Nissan Livina Dan All New Nissan Serena Menyapa Calon Konsumen Di Yogyakarta Dan Palembang

15/03/2019

Mobil baru

Setelah Kota Jakarta, Bandung, Surabaya dan Pekanbaru. Kini All New Nissan Livina dan All New Nissan Serena hadir di Yogyakarta dan Palembang

Lihat juga
 
back to top