Murah Meriah, Intip Kelebihan Honda Brio Tipe S dan Kekurangannya

24/07/2021

Jual beli

4 menit

Sebagai salah satu model Low Cost Green Car (LCGC) yang hemat bahan bakar dan harga terjangkau, intip berbagai kelebihan Honda Brio tipe S serta kekurangannya.

Pemberian PPnBM 0% (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) yang diberikan kepada Honda Brio membuat mobil ini menjadi mobil terlaris di Indonesia selama beberapa bulan ke belakang. Sebagai varian terendah, Honda Brio tipe S juga menarik berkat harganya yang terjangkau. Nah bagi Anda yang masih penasaran dengan mobil ini, intip kelebihan dan kekurangan Brio tipe S di bawah ini.

Kelebihan Honda Brio Tipe S

Tetap menjadi mobil yang patut dimiliki walaupun merupakan varian terendah dari keluarga Brio yang ada di Indonesia. Apalagi bukan karena kenyamanan yang ditawarkan serta berbagai kelengkapan fitur yang diberikan kepada mobil ini. Untuk lebih lengkapnya, simak kelebihan mobil ini.

1. Tampilan sporty

Masalah tampilan dan desain memang tergantung selera. Tapi Brio memang menghadirkan kesan sporty berkat grille depan dengan style Solid Wing khas Honda dan lampu depan yang menyipit. Walaupun lampu depannya tak menggunakan LED, namun mobil ini sudah mendapatkan high mount stop lamp serta velg berukuran 14 inci yang dibuat proporsional dengan dimensinya yang mungil.

2. Kabin lega

bagasi Honda Brio yang dipenuhi barang
Ruang kabin terbilang lega dengan bagasi yang lapang

Brio memang dikenal berkat ruang kabin yang terbilang lega meskipun memiliki dimensi kompak. Semua ini berkat pengaturan Ultra-Seat dari Honda yang memberikan ruang kaki yang cukup lapang bagi penumpang dewasa di bangku baris kedua. Kepraktisannya pun semakin dengan bangku yang bisa dilipat untuk memberikan ruang bagasi yang lebih lega.

>>> Pilihan Warna Mobil Brio, Mana yang Jadi Favorit?

3. Fitur modern

Honda Brio termurah ini juga tak ragu-ragu dalam menawarkan kelengkapan fitur di dalam kabin. Brio tipe terendah ini menawarkan beragam fitur dengan fungsionalitas yang tinggi. Beberapa diantaranya seperti pengaturan spion elektrik, spion dengan model day/night, serta pengaturan setir tilt untuk mempermudah Anda mendapatkan posisi berkendara terbaik.

AC Digital yang ditemukan pada Honda Brio
Brio tipe terendah ini bahkan sudah mendapatkan AC Digital

Tak jauh berbeda dengan Honda Brio tipe S 2020, ada power outlet 12 volt untuk mengecas baterai smartphone Anda, fitur yang tentu sangat berguna ketika Anda berkendara dalam waktu lama. Dan salah satu yang menarik dari mobil ini yaitu fitur AC Digital yang lebih modern, meninggalkan kesan jadul dari knop putar yang ditemukan pada pesaingnya.

4. Fun to Drive

Mobil Honda yang dipasarkan di Indonesia memang dikenal mampu menawarkan rasa berkendara yang menyenangkan, bahkan bagi Honda Brio sekalipun. Mobil termurah dari Honda ini mengandalkan mesin 1.2 liter yang meskipun tak terlalu bertenaga, tapi sudah cukup baik ketika diajak berkendara di jalanan perkotaan.

mesin Honda Brio berwarna hitam
Mobil ini mampu menghadirkan tenaga hingga 90 PS

Menghadirkan tenaga hingga 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada putaran 4.800 rpm, Brio tipe S menghadirkan akselerasi yang tak kalah responsif dibandingkan varian lainnya yang lebih tinggi. Sayangnya, tipe terendah ini hanya dipasarkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Transmisi CVT baru bisa ditemukan pada Brio tipe E yang lebih tinggi.

5. Konsumsi BBM Irit

Bobotnya yang kecil disandingkan dengan teknologi SOHC dan i-VTEC dari Honda memberikan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit untuk sebuah mobil perkotaan. Dalam beberapa pengujian. konsumsi BBM Honda Brio mampu mencapai 20 km/liter untuk perjalanan di dalam kota dan bahkan 30 km/liter di luar kota.

6. Sistem keselamatan yang mumpuni

sistem pengereman Honda Brio berupa ABS dan EBD 
Tipe terendah ini bahkan sudah mendapatkan sistem pengereman ABS+EBD

Sama seperti fitur yang diberikan kepada model yang lebih besar, varian terendah ini bahkan sudah mendapatkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) yang membantu Anda berkendara di jalanan yang licin.

>>> Harga Honda Brio Bekas 70 Juta, Ini Spesifikasinya!

Kekurangan Honda Brio Tipe S

Mengingat mobil ini ditawarkan dengan banderol yang sangat terjangkau, tentu saja ada beberapa bagian yang ditinggalkan untuk mengerek harga yang diberikan. Perhatikan beberapa kekurangan Honda Brio tipe S berikut untuk menjadi pertimbangan ketika Anda akan membeli mobil ini.

1. Ruang Kabin terkesan murah

Tak banyak berbeda jika dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya, material plastik menghiasi dashboard dan trim pintu mobil ini. Seringkali menghadirkan kesan murah, apalagi varian tipe S masih belum mendapatkan pengaturan kursi berlapis kulit, masih mengandalkan pelapis kain. Walaupun masalah nyamannya tak begitu jauh berbeda.

interior Honda Brio S berwarna hitam
Ruang kabin dipenuhi material plastik

2. Road noise masih terasa

Kualitas material interior yang tak terlalu kedap berpengaruh pada road noise yang masih terasa pada mobil ini. Sehingga ketika Anda berkendara dalam kecepatan yang cukup tinggi, suara dari luar dan getaran ban sedikit terasa. Meski Brio sudah tak lagi menggunakan mesin berkapasitas 1.0 liter 3 silinder yang memang dikenal memiliki getaran yang cukup mengganggu.

3. Kapasitas bagasi terbatas

Dimensinya yang mungil tentu saja berkontribusi terhadap ruang bagasi yang terbatas. Hanya saja untuk menanggulangi hal ini, Brio sendiri sudah memberikan pengaturan bangku belakang yang bisa dilipat. Sudah cukup untuk pengendaraan perkotaan, tapi sayangnya tak bisa mengalahkan mobil keluarga yang lebih besar.

>>> Pilihan Honda Brio Bekas Dibawah Rp 100 Juta

Perbandingan harga dengan rival

Ada banyak pilihan mobil hatchback sebagai city car yang menjadi pesaing Brio. Namun jika dilihat dari segi harga, mobil ini memang tak begitu jauh berbeda, meski bukan menjadi yang termurah. Masih ada hatchback lainnya di segmen LCGC yang bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah.

mobil baru Toyota Agya berwarna abu-abu
Toyota Agya yang menjadi rival dari Honda Brio

Harga Honda Brio tipe S yang dibanderol mulai dari Rp 151 jutaan ini memang cukup terjangkau. Sedangkan harga Toyota Agya varian terendah mulai dari Rp 144 jutaan, sedang pilihan mobil Suzuki Karimun Wagon R yang lebih kompak dibanderol Rp 122 jutaan.

Hanya saja harga yang terbilang cukup tinggi. Tapi dengan semua kelebihan yang diberikan, tak heran jika Brio digemari di pasar otomotif Tanah Air dan mampu menggaet banyak pembeli baru di masa pandemi ini, maupun di masa-masa berikutnya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah Honda Brio tipe S sama dengan Honda Brio Satya
Ya, Honda Brio tipe S merupakan nama lain dari Honda Brio Satya
Apakah Honda Brio merupakan mobil terlaris?
Berdasarkan cacatan dari Gaikindo, Honda Brio merupakan mobil terlaris tahun 2020 dan mobil terlaris di Indonesia di semeter I 2021
Apa saja varian Honda Brio?
Honda Brio memiliki empat model barian, yaitu Brio tipe S, tipe E, tipe RS, dan tipe RS Urbanite.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top