Pilihan Warna Mobil Brio, Mana yang Jadi Favorit?

04/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Pilihan Warna Mobil Brio, Mana yang Jadi Favorit?
Warna mobil Brio yang disediakan Honda memang beragam, semuanya tentu memiliki penggemar masing-masing. Uniknya, selain warna, ternyata tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan disemua tipe Honda Brio. Lalu mana yang akan beli?

Brio merupakan mobil kecil dari Honda di Indonesia yang mulai diperkenalkan Agustus 2012. Awalnya Honda Brio dirakit di Thailand, namun setahun kemudian, barulah Brio diproduksi di Indonesia. Momentum ini ditandai dengan munculnya varian Brio Satya yang masuk kategori mobil murah ramah lingkungan alias Low Cost Green Car (LCGC). Kala itu Brio Satya hadir dengan tipe A, S, dan E, yang semuanya menggunakan transmisi manual 5 percepatan.

Sebenarnya hampir tak ada perbedaan spesifikasi teknik yang signifikan antara Honda Brio dan Honda Brio Satya. Diferensiasinya cuma pada perbedaan lambang yang melekat di mobil ini, serta kelengkapan aksesoris dan fitur dari kedua tipe tersebut. Tetapi seakan tak puas dengan dua tipe Brio, mulai April 2016 PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merk (APM) dari mobil Honda, menambah lagi satu varian dari Brio, yakni Brio RS. Kemudian di Agustus 2018, HPM resmi memperkenalkan generasi kedua dari Honda Brio. Bahkan Indonesia jadi tempat debut global mobil mungil ini.

Sekarang Honda Brio terdiri dari 4 varian, yakni Brio Satya S M/T, Brio Satya E M/T, Brio Satya E CVT, Brio RS M/T, serta Brio RS CVT. Pilihan warna mobil Brio terbaru pun amat variatif yang semuanya mewakili selera dari kaula muda di Indonesia yang memang menjadi target pasar Honda untuk Brio. Kalau Anda juga tengah menimbang untuk meminang satu unit Honda Brio untuk kebutuhan sehari-hari, baca tulisan Cintamobil.com berikut ini sampai habis ya! Karena selalu ada hal menarik dari setiap artikel kami.

>>> Berkat Brio, Penjualan Honda Meningkat 3 Bulan Berturut-turut

Pilihan Warna Mobil Brio Terbaru

Honda Brio 2013

Honda Brio generasi pertama

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, Honda Brio terbaru terdiri atas dua tipe, Brio Satya dan Brio RS. Untuk Brio Satya masuk kategori LCGC, sementara Brio RS dikategorikan sebagai city car atau small hatchback. Meski begitu, spesifikasi teknis dari kedua tipe Honda Brio ini identik.

Mesinnya sama-sama berkapasitas 1.200 cc 4 silinder dengan 16 katup. Mesin ini kemudian dikombinasikan dengan teknologi SOHC i-VTEC PGM-FI dan Drive by Wire. Dengan kompresi 10,1:1, mesin tersbeut mampu menghasilkan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dnegan torsi puncak 110 Nm di 4.800 rpm.

Kemudian terkait dengan dimensi, ternyata ukuran bodi antara Honda Brio Satya dengan Brio RS juga amat identik. Perbedananya Brio RS hanya lebih panjang 15 mm dibanding Brio Satya yang punya panjang 2.800 mm. Sementara tinggi, lebar, dan jarak sumbu roda kedua tipe Honda Brio ini sama, yaitu 1.485 mm, 1.680 mm, dan 2.405 mm.

Lalu untuk pilihan warna mobil Brio 2020 tersedia dalam delapan varian. Ada warna Crystal Black Pearl (hitam), mobil Brio warna putih (Taffeta White), warna Modern Steel Metallic (abu-abu), warna perak (Lunar Silver Metallic), warna Carnival Yellow (kuning), Rallye Red yang merupakan warna mobil Brio Satya, warna Phoenix Orange Pearl (oranye) yang merupakan warna khusus untuk tipe RS, serta warna Coffe Charry Red yakni jenis warna merah khusus untuk tipe RS.

>>> Baca juga:

Fitur Honda Brio di Indonesia

Honda Brio Satya 2020

Tak ada perbedaan spesifikasi teknis antara Brio Satya dan Brio RS

Jika mesin dan tipe transmisi yang digunakan antara Honda Brio RS dan Brio Satya serupa, namun kelengkapan fitur dari kedua tipe mobil Honda Brio ini berbeda. Ada beberapa fitur yang sedianya sudah ada di tipe RS tapi belum terpasang untuk Brio Satya. Misalnya pelipat spion luar otomatis, headunit layar sentuh 6,1 inci, tweeter di ruang kabin bagian depan, headrest untuk jok penumpang belakang, serta pemakaian sideskirt pada bagain sisi bodi.

Namun untuk fitur-fitur lainnya, sudah tersedia di kedua tipe Honda Brio ini. Seperti lampu depan halogen, foglamp, wiper di kaca belakang, high mount stop lamp, audio steering switch di setir, ECO mode indicator, AC Digital, sabuk keselamatan untuk setiap penumpang, seatbelt reminder, kunci dengan immobilizer, keyless entry, auto door lock by speed, sampai bodi dengan struktur G-CON + ACE.

Modifikasi Warna Mobil Honda Brio

Cutting Stiker Honda Brio

Aplikasikan cutting stiker jika ingin penampilan mobil Anda terlihat berbeda

Kalau Anda tipikal orang yang bosan atau tidak puas dengan tampilan mobil yang standar meskipun warna mobil Brio baik yang tipe RS atau warna mobil Brio Satya milik Anda sudah sesuai selera dan kepribadian, maka langkah modifikasi adalah solusinya. Tentunya tahapan modifikasi ini amatlah beragam, mulai dari yang sederhana, sampai yang ekstrim pun bisa.

Namun kalau ingin modifikasi yang sederhana tanpa merubah struktur mobil termasuk warna mobil Brio aslinya, tetapi tetap memberikan efek menarik dan membuat mobil terlihat berbeda, coba aplikasikan teknik cutting stiker. Penggunakan stiker pada mobil tidak perlu yang ukurannya besar dan harganya mahal. Jika penempatannya pas, maka menutup bagian bodi tertentu dengan stiker akan memberikan efek yang berbeda pada mobil tersebut.

>>> Review All New Honda Brio Satya S M/T 2019, Mobil Baru Honda Termurah di Indonesia

Mulailah dengan menutup bagian bodi yang berfinishng chrome dengan stiker. Misalnya pada gril depan, logo H atau emblem mobil, maka mobil Anda bisa langsung terlihat berbeda. Warnanya bisa disesuaikan dengan selera, namun menggunakan warna-warna dof (matte) akan membuat bagian ini lebih menonjol. Contohnya hitam dof (black matte), merah dof (red matte) atau warna lainnya.

Bisa juga Anda aplikasikan cutting stiker desain yang sederhana di bagian sisi pintu. Langkah ini juga bisa membuat penampilan Honda Brio Anda berbeda dari Brio kebanyakan. Desainnya cukup garis-garis memanjang dari bagian pintu depan hingga ke pintu belakang. Penempatannya bisa di bawah kaca jendela, atau di bagian bawah pintu antara fender roda depan dan rod abelakang.

Namun saat menerapkan cutting stiker ini, lakukanlah permainan warna yang kontras antara warna mobil Brio Anda dengan warna stiker. Kalau mobil berwarna gelap seperti hitam atau abu-abu, maka pilih stiker berwarna cerah, misalnya putih, silver, atau warna cerah lainnya. Tapi kalau warna mobil Brio Anda berwarna cerah seperti putih, maka pilih stiker berwarna gelap misalnya hitam. Lihat saja bagaimana langkah modifikasi sederhana ini bisa mengubah penampilan mobil Anda menjadi lebih keren.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mengenal Honda Amaze, Kembaran Honda Brio untuk Pasar India

19/02/2018

Mobil baru

2 menit

Honda Cars India baru-baru ini meluncurkan Amaze generasi terbaru di Auto Expo 2018. Dengan gaya yang baru dan berani, sedan subkompak Honda Amaze baru akan mulai dijual di India pada pertengahan tahun mendatang.

Lihat juga

Ini Dia 20 Karya Terbaik Di Ajang Brio Virtual Modification

10/08/2020

Event - Promosi

3 menit

PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia mengumumkan 20 karya terbaik dari total 789 desain di ajang Brio Virtual Modification

Lihat juga

Masih Bingung Perbedaan Brio Satya dan RS? Ini Penjelasan Lengkapnya

13/06/2020

Jual beli

8 menit

Jika Anda masih bingung tentang perbedaan Brio Satya dan RS? Kali ini Cintamobil.com akan menjelaskan secara lengkap apa saja yang berbeda dari kedua model Honda Brio itu.

Lihat juga

Pilih Mobil Bekas LCGC: Toyota Agya vs Honda Brio Satya

02/04/2019

Jual beli

2 menit

Toyota Agya vs Honda Brio Satya manakah dari dua mobil kecil yang masuk dalam kategori LCGC ini yang layak untuk Anda miliki dalam keadaan bekasnya. Apalagi jika dana Anda untuk membeli mobil hanya maksimal Rp150 juta.

Lihat juga

TIPS BELI MOBIL BEKAS: Honda Brio 1st Gen 2012-2017, Si Hatchback Kompak Yang Diganduringi Millenials

28/11/2018

Jual beli

10 menit

Honda Brio begitu digandrungi oleh para millenials serta keluarga muda di Indonesia, apa yang menyebabkan ia begitu diminati?

Lihat juga