Biar Tak Jadi Masalah, Simak 7 Tips Aman Take Over Kredit Mobil

16/09/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Biar Tak Jadi Masalah, Simak 7 Tips Aman Take Over Kredit Mobil
Mendapatkan harga yang lebih murah dengan kondisi mobil yang sebagian besar masih bagus, simak 7 tips penting melakukan take over kredit mobil di bawah ini.

Di tengah kondisi ekonomi yang sedang lesu, Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga yang lebih murah dengan mencari mobil over kredit. Meskipun banyak calon pembeli yang kurang mengetahui cara aman dalam memilih mobil yang over kredit. Dilansir dari Lifepal Indonesia, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar take over kredit mobil bisa dilakukan dengan aman.

1. Semua proses diketahui kreditur

proses take over mobil dengan menjual mobil
Pastikan semua proses diketahui oleh kreditur

Jangan melakukan transaksi hanya dengan penjual. Pastikan transaksi dilakukan melibatkan pihak leasing atau penyedia layanan kredit. Hal ini dimaksudkan agar lembaga keuangan bisa menganalisis calon pembeli mobil. Pembelian mobil bahkan bisa ditolak jika calon pembeli tidak layak dalam segi finansial guna menghindari terjadinya kredit macet.

>>> Sudah Tidak Sanggup Bayar Kredit Mobil? Ini Solusinya

2. Cek kondisi kendaraan

Sebelum membeli mobil yang mengalami over kredit, inspeksi terlebih dahulu kondisi kendaraan yang ingin Anda beli. Sebagian besar kendaraan yang over kredit berusia muda dan terlihat bagus. Namun tak menutup kemungkinan pemilik sebelumnya tidak memberikan perawatan terhadap mobil atau menggunakan mobil untuk kebutuhan ojek online.

3. Periksa kelengkapan dan dokumen

BPKB dan STNK kendaraan berwarna hitam
Pastikan kelengkapan dan dokumen kendaraan yang diperlukan

Setelah memastikan kendaraan berada dalam kondisi yang baik, pastikan semua kelengkapan mobil tersedia. Mulai dari dokumen administrasi, seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (PBKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), hingga dokumen lainnya yang menyangkut kredit mobil yang dibutuhkan.

>>> Dapatkan mobil baru dan bekas terbaik hanya di sini

4. Hindari over kredit mobil di bawah tangan

Jangan lupa untuk selalu mematuhi ketentuan hukum yang berlaku, apalagi dalam proses pengalihan utang. Hindari melakukan take over kredit mobil di bawah tangan karena tidak memiliki kekuatan hukum. Bahkan perbuatan ini bisa dianggap melanggar hukum dan bisa digugat oleh pihak pertama atas ganti rugi.

5. Pastikan penjual tidak terkena denda

denda over kredit dengan mobil mainan berwarna kuning
Periksa kembali jika ada denda yang harus dibayarkan

Sebagian pemilik kendaraan over kredit berhubungan dengan masalah lain sebelum menjual mobilnya. Untuk itu, pastikan mobil yang diperjualbelikan bebas dari masalah, seperti cicilan yang belum dibayar atau denda atas keterlambatan pembayaran. Jika tidak dilunasi, nebitur baru akan terkena dampak dan harus melunasi denda yang tersedia.

>>> 5 Faktor Penting ketika Menghitung Simulasi Kredit Mobil

6. Transparansi pembiayaan

Pihak pertama yang ingin menjual mobil sebaiknya menyediakan informasi pembayaran cicilan sejak bulan pertama. Mulai dari Down Payment (DP), dan pembayaran lainnya yang sudah dilakukan. Hal ini bisa memberikan transparansi bagi kedua belah pihak agar terhindar dari kerugian finansial yang bisa terjadi.

7. Pahami aturan over kredit

tangan yang sedang memberikan kunci mobil
Jangan langsung tergiur dengan harga murah yang ditawarkan

Ada badan hukum yang menaungi pembelian mobil over kredit. Salah satunya Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia atau dikenal dengan nama UU Fidusia yang menjelaskan perjanjian jaminan fidusia yang menjadi landasan dari hubungan jual beli untuk mobil over kredit.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik terbaik lainnya

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Begini Cara Biar Asuransi Mobil Over Kredit Tak Hangus

30/07/2020

Jual beli

3 menit

Membeli mobil over kredit bisa menjadi salah satu pilihan ketikan ingin memiliki sebuah mobil. Lalu bagaimana dengan asuransi mobil over kredit? Masih amankah?

Lihat juga

Over Kredit Jangan Diam-diam, Ini Risikonya!

26/02/2020

Jual beli

3 menit

Over kredit bukan cara yang dilarang saat sulit membayar angsuran. Namun ada risiko besar jika dilakukan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pihak leasing.

Lihat juga

Laporkanlah Ke Pihak Asuransi Jika Mau Over Kredit

09/10/2017

Jual beli

Saat ini, membeli mobil dengan menggunakan sistem kredit biasanya sudah diasuransikan. Jadi kerusakan atau kehilangan kendaraan bisa di-cover oleh asuransi. Namun kalau pemilik mau over kredit, Anda harus melaporkan ke pihak Asuransi

Lihat juga

5 Faktor Penting ketika Menghitung Simulasi Kredit Mobil

10/09/2020

Jual beli

2 menit

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil secara kredit, perhatikan 5 faktor penting yang mempengaruhi sebagian besar perhitungan simulasi kredit mobil di Indonesia.

Lihat juga

Sudah Tidak Sanggup Bayar Kredit Mobil? Ini Solusinya

21/08/2020

Jual beli

5 menit

Ketika keuangan keluarga semakin menipis sehingga Anda sudah tidak sanggup bayar kredit mobil, maka ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Ini caranya.

Lihat juga