7 Cara Menabung untuk Beli Mobil Tanpa Kredit

18/06/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
7 Cara Menabung untuk Beli Mobil Tanpa Kredit
Berikut ini Cintamobil.com akan berikan tips bagaimana cara menabung untuk beli mobil sendiri. Syukur-syukur dengan cara ini Anda bisa membeli mobil tanpa harus kredit.

Siapa sih yang tidak mau punya mobil sendiri. Naik mobil itu panas tidak kepanasan, hujan tidak kehujanan. Tapi masalahnya terkadang impian itu ambyar, mengingat Anda merasa selalu tak punya cukup uang untuk membawa pulang satu unit mobil ke rumah.

Beberapa pihak memberikan solusi kepemilikan kendaraan dengan cara kredit mobil. Tidak salah memang, tapi tentu akan lebih baik jika Anda membeli mobil secara tunai. Karena Anda pasti tidak akan dipusingkan kembali dengan angsuran yang harus dibayar tiap bulan sampai waktu tempo kredit mobil tersebut usai.

>>> Ini Keuntungan Beli Mobil Secara Tunai, Bisa Bikin Lebih Kaya Lho!

Lalu bisa kah beli mobil tanpa kredit? Bisa! Berikut Cintamobil.com akan berikan tips cara menabung untuk beli mobil.

1. Tentukan Mobilnya Sebagai Tujuan Utama Menabung

Menabung beli mobil

Tentukan apa mobil yang diincar untuk dibeli

Ketika ingin memutuskan menabung untuk membeli sebuah kendaraan pribadi, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tujuan utamanya lebih dulu. Pilihlah mobil apa yang kira-kira dapat Anda capai dengan mengumpulkan uang pribadi. Tak perlu mobil mewah dan harus mobil baru, namun sesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang dapat Anda kumpulkan. Banyak kok mobil bekas yang kondisinya masih amat berkualitas. Fokuskan mobil tersebut sebagai tujuan Anda menabung dalam jangka waktu dekat.

2. Pasang Target Jangka Waktu Menabung

Ketika sudah menentukan tujuan akhir yang hendak dicapai, cara menabung supaya bisa beli mobil selanjutnya adalah menentukan target jangka waktu untuk menggapai tujuan tersebut. Misalnya menabung selama 2 tahun atau 3 tahun. Dengan begini Anda akan termotivasi untuk bisa giat menabung.

>>> Cari mobil baru tapi mau yang ada promo dan diskonnya? Klik disini aja

3. Menabung Pada Awal Gajian

Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, cara menabung untuk membeli mobil yang tepat adalah di awal gajian. Misalnya Anda seorang karyawan bergaji Rp5 jutaan, Anda harus menentukan kira-kira 20 persen dari gaji yang akan disisihkan untuk tabungan. Dengan begitu, sisa gaji Anda yang lain masih bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Hindari Beli Barang Tak Berguna Walaupun Murah

Cafe ramai pengunjung

Kurangi juga kebiasaan makan-makan mewah di restoran mahal

Seringkali tabungan Anda habis untuk membeli barang-barang tak berguna yang sebetulnya kurang diperlukan. Apalagi Anda berpikir barang tersebut harganya cukup murah atau kala itu sedang ada potongan harga dari toko yang menjual berang tersebut. Menganggap sepele hal-hal seperti ini lama kelamaan akan membuat tabungan tergerus.

5. Ubah Gaya Hidup

Ketika Anda sedang menabung untuk membeli sesuatu yang harganya tidak murah, maka sebaiknya ubah pola gaya hidup Anda untuk sementara waktu. Kurangi gaya hidup foya-foya seperti sering berbelanja di mal, kerap makan di restoran mahal, atau setiap hari nongkrong di coffee shop terkemuka. Berhematlah sedikit supaya tujuan Anda cepat tercapai.

>>> Pilihan paling lengkap mobil bekas berkualitas dengan harga termurah ada disini

6. Kurangi Merokok

Stop merokok

Hentikan atau minimal kurangi konsumsi rokok Anda mulai sekarang!

Tanpa disadari, merokok sebenarnya adalah perbuatan yang menghambur-hamburkan uang. Jadi jika saat ini Anda sedang menjalani cara menabung untuk beli mobil tanpa kredit, maka mulailah untuk berhenti merokok. Tidak bsia berhenti merokok? Ya minimal kurangi separuhnya. Misalnya sehari Anda biasa menghabiskan 1 bungkus rokok, maka selama Anda menabung cukup habiskan setengah bungkus saja. Setengah isinya lagi Anda simpan di dalam lemari untuk dikonsumsi esok hari.

7. Langsung Tabung Jika Ada Pendapatan Sampingan

Selain dari gaji bulanan, Anda mungkin pernah mendapatkan income tambahan. Misalnya bonus dari kantor, uang arisan, atau hibah dari orang lain atas jasa-jasa yang telah Anda lakukan. Nah pendapatan tambahan itu sebaiknya langsung Anda tabung. Sehingga dengan demikian waktu untuk mencapai target tujuan membeli mobil bisa tercapai lebih cepat.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top