Pompa Bensin Bermasalah, Mitsubishi dan Nissan Recall Xpander-Livina

22/06/2020

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Pompa Bensin Bermasalah, Mitsubishi dan Nissan Recall Xpander-Livina
PT MMKSI melalui keterangan tertulisnya mengumumkan recall Mitsubishi Xpander tahu produksi 2017-2019 sehubungan dengan masalah pada komponen pompa mesin.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengeluarkan imbauan bagi pemilik Mitsubishi melalui program Field Fix Campaign atau Kampanye perbaikan. Sebanyak 139.111 unit Mitsubishi Xpander yang diproduksi dari 2017 hingga 2019 akan mendapatkan pemeriksaan dan perbaikan terkain komponen pompa bensin atau fuel pump.

Kesalahan fuel pump

Pernyataan resmi PT MMKSI menjelaskan tentang hasil investigasi terhadap komponen pompa bensin Mitsubishi Xpander. Impeller pompa bensin yang memuai dan berubah bentuk sehingga membuat impeller berhenti berputar. Kerusakan ini berpotensi menyebabkan mesin tidak bisa dinyalakan atau berhenti bekerja.

MMKSI akan menghubungi pelangan Xpander yang terkena dampak recall ini dengan mengganti unit fuel pump yang sudah disempurnakan. Pemeriksaan dan perbaikan akan memakan waktu sekitar 1 jam/unit dengan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar 2 jam/unit.

fuel pump Mitsubishi Xpander berwarna hitam
Recall Mitsubishi Xpander terjadi karena kesalahan fuel pump

Kampanye ini akan dilakukan mulai Senin, 22 Juni, dengan dua pilihan metode. Yang pertama, konsumen diminta datang ke dealer resmi Mitsubishi Motors untuk memeriksakan kendaraannya. Penggantian dilakukan jika ID produk fuel pump sesuai dengan daftar komponen yang terlibat masalah. Konsumen bisa mengatur jadwal pemeriksaan melalui fasilitas booking dari Mitsubishi Motors Customer Care atau aplikasi My Mitsubishi ID.

>>> Promo Mitsubishi Juni 2020, Beli Xpander dan Pajero Sport Bunga 0 Persen

Dan yang kedua, ada fasilias Home Service guna memudahkan konsumen di masa pandemik Covid-19. Perbaikan bisa dilakukan di rumah konsumen. Konsumen bisa mendapatkan fasilitas booking yang sama menggunakan Mitsubishi Motors Costumer Care melalui nomor 0804-1-300-300, aplikasi My Mitsubishi ID. 

“Program kampanye perbaikan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan guna memastikan keamanan dan kenyamanan serta menjamin layanan purna jual berkualitas bagi para pengguna kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia,” jelas Naoya Nakamura selaku President Director of MMKSI.

>>> Baca ulasan mobil Mitsubishi pilihanmu di sini!

Nissan Livina mengikuti

Recall Mitsubishi Xpander juga berdampak pada All New Nissan Livina yang diproduksi dengan platform yang sama. Permasalahan yang dialami Livina pun sama yakni seputar pompa bensin. Setidaknya ada 9.314 unit Livina yang diproduksi pada periode 22 Februari 2019 hingga 24 Agustus 2019 yang terkena dampak recall penggantian pompa bensin ini. 

"Sudu dengan material resin di dalam pompa bensin dapat membesar dan membuat pompa bensin berhenti berhenti berputar, hal tersebut akan mengakibatkan mesin tidak dapat hidup atau mesin berhenti," begitu bunyi keterangan resmi dari Nissan Indonesia. 

All New Nissan Livina berwarna cokelat 

Nissan Livina yang menggunakan platform Xpander turut menerima recall

Pihak Nissan sendiri akan menghubungi pemilik kendaraan yang terdampak mulai Senin (22/6/2020). Penggantian pompa bensin ini bisa dilakukan di seluruh diler resmi Nissan tanpa dipungut biaya. Ini merupakan komitmen dari Nissan agar konsumennya tetap aman selama berkendara. Hingga saat ini belum ada laporan fatal yang diakibatkan malfungsi dari komponen pompa bensin tersebut.

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top