Test Drive Wuling Confero S 1.5L 2018 MT

19/07/2018

Share this post:

Wuling Confero 2018

Editor rate:

Lihat promo

Dijual dengan harga lebih murah dibandingkan dengan rival sekelasnya asal Jepang, membuat kehadiran Wuling Confero S 1. L MT 2018 patut diwaspadai. Dan inilah alasan mengapa kompetitor Jepang harus sangat mewaspadai kehadirannya.

Test Drive Wuling Confero S 1.5L 2018 MT
Test Drive Wuling Confero S 1.5L 2018 MT
0 Gambar

Pengantar Wuling Confero 2018

Mari kita simak spesifikasi Wuling Confero 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur lengkap dikelasnya

Ruang kabin luas

Harga jual rationable

Kekurangan

Konsumsi BBM boros dan harusnya bisa lebih irit lagi

Jaringan servis belum memadai dan mumpuni di semua daerah

Handling mobil terasa hambar alias no feeling

Test Drive Wuling Confero S 1.5L 2018 MT - Efek stereotype kendaraan asal China memang sangat mengganggu di mata konsumen. Ya maklum saja, di medio awal tahun 2000-an Indonesia pernah mendapat serangan motor china atau yang akrab disapa mocin. Saat itu mocin yang produksi tiongkok dijual dengan harga jauh lebih murah bila dibandingkan dengan varian serupa buatan Jepang. Namun sayangnya hegemoni motor asal negeri tirai bambu tersebut tidak bertahan lama, karena isu krusial yaitu kualitas buatan yang buruk. Apakah mobil China akan menghadapi kenyataan yang serupa? Kami mengumpulkan faktanya. Inilah alasan mengapa kompetitor asal Jepang harus mewaspadai kehadirannya.

Terlihat mobil asal China yaitu Wuling Confero S 1.5L MT 2018 berwarna hitam

Wuling Confero S 1.5L MT 2018 merupakan salah satu produk yang wajib diwaspadai Jepang

Eksterior Wuling Confero 2018

Oke kita mulai dari alasan pertama, yaitu desain eksteriornya. Bisa dibilang salah satu suguhan mobil buatan negeri tiongkok ini ada pada desain bodi luarnya. Kalau Anda melihatnya dari kejauhan, sosoknya nampak besar, kokoh namun juga macho. Mari kita ulas satu per satu :

Review Wuling Confero S 1.5L MT 2018 : Tampilan Depan

Pada bagian depan mobil yang kami test drive langsung ini, Anda akan langsung disuguhi aura modern. Dari desain grill-nya yang bermotif sarang lebah dan tertempel logo lima berlian khas Wuling. Tak hanya sampai disitu, garis horizontal tipis tiga bilah berwarna krom juga turut mempercantik desain grill-nya. Lalu tengok ke bagian bumpernya. Khusus Wuling Confero S tipe 1.5L ini sudah dilengkapi dengan foglamp dan lampu daytime running light yang mampu memberi dua efek pada mobil ini, yaitu mempercantik tampilan luar dan juga memberi rasa aman karena menambah visibilitas untuk pengendara lain. Tak lupa headlampnya yang sudah dilengkapi dengan proyektor menambah aura modern dari mobil ini.

Tampak depan dan samping Wuling Confero S 1.5L MT 2018

Mau dilihat dari depan maupun samping, tetap saja tampilan Wuling Confero S 1.5L MT ini modern

Review Wuling Confero S 1.5L MT 2018 : Tampilan Samping

Nah, tampilan samping mobil yang dijual dengan harga di bawah Rp 170 juta untuk varian tertinggi ini merupakan salah satu yang menjadi favorit kami dari tim Cintamobil.com. Coba Anda menebak mengapa kami begitu suka tampilan sampingnya? Kalau menurut kami tampilan sampingnya sepintas mengingatkan kepada MPV lansiran Jerman yaitu VW Touran dan salah satu MPV terlaris di Amerika dan Eropa yaitu Ford S-Max. Tentunya hal ini bukanlah berita buruk, jika kami berani menyamakan produk China ini dengan produk berkelas asal Jerman dan Amerika berarti MPV ini memiliki keindahan desain tersendiri. Jendela dari masing-masing pintunya juga besar, tentunya ini akan menyenangkan bagi pengemudi maupun penumpang. Yang notice, adalah bobot pintunya yang cukup berat. Ini sedikit mengganggu.

Beginilah tampak belakang Wuling Confero S 1.5L Mt 2018 berwarna hitam

Tampilan belakang Wuling Confero S 1.5L MT 2018 cukup elegan dan lumayan mewah

Review Wuling Confero S 1.5L MT 2018 : Tampilan Belakang

Inilah salah satu bagian yang menurut kami rivalnya asal Jepang harus berhati-hati dengan kehadiran mobil ini. bagian buritan mobil ini begitu menarik, bentuknya mengkotak memancarkan kesan macho, dan juga elegan serta mewah.Belum lagi desain lampu belakang yang memanjang kesamping membuat kesan modern. Inilah alasan mengapa kompetitor asal Jepang harus mewaspadai kehadirannya. Oh ya, desain lampu belakang ini berbeda dengan mobil contoh awalnya ketika dipajang di event Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 yang punya desain lampu belakang memanjang vertikal.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

    Untuk tahu harga mobil Wuling Confero, silakan klik sini Anda mau beli mobil Wuling Confero baru, jangan lupa cek harga dulu sebelum ke dealer Berapa harga mobil Toyota Avanza, klik sini untuk cek

Interior Wuling Confero 2018

Berlanjut ke bagian dalam, mobil ini kembali memberikan pengalaman yang berbeda. Aura mewah, modern, serta fungsional menjadi satu. Pun begitu jika kita menilik harga yang ditawarkan dan melihat apa yang akan didapatkan dari mobil ini is very value for money. Juga inilah alasan mengapa kompetitor asal Jepang harus mewaspadai kehadirannya.

Inilah kemewahan layout interior Wuling Confero S 1.5L MT 2018

Layout interior Wuling Confero S 1.5L MT 2018 tampil mewah, modern, juga elegan

Review Wuling Confero S 1.5L MT 2018 : Layout Interior

Kesan pertama kami dari tim Cintamobil.com ketika memasuki interior atau bagian dalam dari Wuling Confero S 1.5L MT 2018 yang kami tes ini adalah mewah, modern, dan juga elegan. Sekali lagi kami bilang inilah alasan mengapa kompetitor Jepang harus sangat mewaspadai kehadirannya. Bagaimana tidak? Lihat saja setirnya sudah dilengkapi dengan tombol multifungsi yang dapat mengatur berbagai fungsi maupun mode di head unit terintegrasi juga multi information display yang tertera pada bagian tengah takometer dan spidometernya. Lalu kehadiran jam model analog di bagian tengah atas yang diapit kisi AC semakin menambah kesan mewah mobil asal negeri tirai bambu ini.

Tombol setir Wuling Confero S 1.5L MT 2018

Tombol audio di Wuling Confero S 1.5L MT 2018

Review Wuling Confero S 1.5L MT 2018 : Tombol Audio Multifungsi

Kehadiran tombol multifungsi pada lingkar kemudi Wuling Confero S 1.5L MT 2018 juga semakin memudahkan driver ketika ingin melakukan interaksi dengan head unit bermonitor terintegrasinya. Tombol ini dapat digunakan untuk mengatur volume audio, memindahkan channel stasiun radio, mengganti sumber pemutar suara dari mulai CD, DVD, Aux, hingga MP3, juga mengatur sambungan telepon yang terkoneksi bluetooth. Sangat banyak yang didapat dengan mobil yang dibanderol hanya Rp 160 jutaan untuk varian tertinggi seperti yang kami tes ini. Bandingkan dengan rival sekelasnya yang hanya mampu mengatur volume dan memindahkan channel radio dan sumber pemutar suara.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Wuling Confero 2018

Untuk dapat menyaingi rival berat lainnya asal negara lain terutama Jepang, tentu saja Wuling Confero S 1.5L MT 2018 yang kami tes langsung ini memiliki beberapa fitur unggulan. Bahkan beberapa fitur di antaranya tidak dimiliki oleh rival-rival sekelasnya. Sekali lagi kami bilang, Inilah alasan mengapa kompetitor Jepang harus sangat mewaspadai kehadirannya. 

TPMS Wuling Confero S bekerja sempurna

Fitur Tyre Pressure Monitoring System pada Wuling Confero S 1.5L MT 2018 bekerja sempurna

Review Wuling Confero S 1.5L MT 2018 : Indikator Tekanan Angin Ban

Salah satu fitur yang membuat Wuling Confero S 1.5L MT 2018 ini terasa begitu istimewa bila dibandingkan dengan pesaing lainnya adalah fitur Tyre Pressure Monitorng System yang bekerja begitu sempurna di mobil tes kami ini. Inilah salah satu alasan mengapa kompetitor Jepang harus mewaspadai kehadirannya. Kami mengatakan begitu sempurna karena kami membuktikan sendiri keakuratannya saat ban sengaja kami kempiskan sekitar 1 psi. Indikator langsung memberi peringatan seperti di gambar. Fitur ini biasa ditemukan pada mobil mewah dengan harga jual diatas Rp 400 jutaan. Dan Wuling memasukkan fitur ini di salah satu lini jagoan mereka. Welldone Wuling!

Panel pengatur ketinggian lampu, katup bahan bakar, dan sensor parkir pada Wuling Confero S 1.5L Mt 2018

Tombol pengatur tertata rapi dan tidak terkesan murahan

Review Wuling Confero S 1.5L MT 2018 : Tombol Pengatur Tertata Rapi

Satu lagi hal menarik bagi kami tim Cintamobil.com ketika mengetes jalan mobil ini. Yaitu tombol pengatur fitur tertata rapih dan tidak terkesan murahan. Ini merupakan attention to detail yang apik bagi mobil di kelas ini. Bagi sebagian besar pabrikan mobil di Indonesia bahkan hal seperti ini luput dari perhatian. Padahal pengaturan tata letak tombol dapat menjadi salah satu poin penting pada mobil sekelas ini. Itu artinya mobil ini well build dan tidak asal-asalan. Sebagai perbandingan saja, kami pernah mengetes jalan mobil dengan harga di atas Rp 300 juta namun masih banyak terdapat dummy tombol alias tombol palsu. Sekali lagi, kami tidak bosan bilang bawaha inilah alasan mengapa kompetitor Jepang harus sangat mewaspadai kehadirannya.

>>> Klik sini untuk simak review mobil MPV lainnya

Operasi Wuling Confero 2018

Ini dia mesin andalan Confero S 1.5L MT 2018

Mesin berteknologi P-TEC DVVT andalan Wuling Confero S 1.5L MT 2018

Kalau boleh jujur, kami tidak begitu kaget ataupun terkesan dengan performa Wuling Confero S 1.5L MT 2018 yang kami tes jalan kali ini. Akselerasinya biasa saja untuk mobil berkapasitas 1500 cc dengan teknologi katup variabel. Malah sorry to say, agak mirip Toyota Kijang kapsul yang hadir di akhir medio tahun 1990-an yang terasa agak boyo (lambat, red). Bila dibandingkan dengan rival terdekatnya yang sama-sama menganut penggerak roda belakang yaitu Toyota Avanza, kami lebih memilih Avanza. Memang sih, pedal koplingnya terasa ringan begitu dioperasikan tapi feel tuas transmisinya agak terasa 'cranky' alias tidak terasa mantab ketika digerakan. Begitupun dengan bobot setirnya yang terasa terlalu ringan hingga memberi kesan hambar alias tanpa feel sama sekali, meski putaran setir yang ringan akan sangat membantu ketika parkir terlebih enggak jarang juga kami melihat emak-emak (ibu-ibu, red) yang mengendarai sendiri mobil ini. Ya menurut kami, Wuling harus lebih memperbaiki karakter mesin dan pengendaraannya.

Review Wuling Confero S 1.5L MT 2018: Test Drive

Oke test drive enggak melulu harus berbicara mengenai performa namun juga kenyamanannya. Dan kenyamanan merupakan salah satu kartu truff Wuling untuk menghadapi lawan-lawannya asal Jepang. Peredaman kabin begitu baik untuk mobil di kelasnya. Ditambah lagi dengan kelegaan kabinnya yang seolah tanpa lawan jika kembali dibandingkan rivalnya asal Jepang. Lompat ke jok baris kedua, kami langsung takjub dengan luasnya ruang kaki, tangan, hingga kepala. Tentu saja ini berkat desain Wuling Confero S 1.5L MT 2018 yang kami tes ini mengandalkan atap tinggi dan bagian belakang mengkotak. Nuansa luas terus berlanjut hingga baris ketiga. Oh ya, mobil tes yang kami coba ini adalah versi 7 seat alias dapat menampung tujuh penumpang. Satu yang patut disayangkan adalah mekanisme pelipatan bangku di versi ini tidak menggunakan mekanisme one touch tumble seperti versi 8 penumpang.

Review Wuling Confero S 1.5L MT 2018: Komsumsi Bahan Bakar

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakaranya? Well... seperti yang kami bilang di awal performa mesinnya yang terasa agak "ngepas" sedikit menghambat performanya. Kami hanya mendapatkan konsumsi bahan bakar dalam kota 10,7 km untuk setiap 1 liter bahan bakarnya dengan kecepatan rata-rata 22,1 km/jam. Untuk konsumsi bahan bakar di jalan bebas hambatan kami mendapatkan angka yang lagi-lagi normal, yakni 15,9 km/l dengan speed average 81 km/jam. Yang agak unik dari karakter mesin mobil ini adalah rentang torsinya yang agak panjang dari 3800 - 4400 rpm yang dapat mencapai 142 nm. Padahal mobil ini tanpa turbo alias normaly aspirated. Namun yang kami rasakan mobil ini karakternya malah kuat diatas 4500 rpm. Andai benar torsi maksimal diraih pada 3800 rpm, pasti akan mengoreksi konsumsi bahan bakar dalam kotanya.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil lainnya, silakan klik sini

Spesifikasi Wuling Confero 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Wuling Confero S 1.5L MT 2018.

Mesin Wuling Confero S 1.5L MT 2018

Seri mesin

4 Cylinder in-Line DOHC, P-TEC DVVT

Jumlah Silinder

4 Silinder

Tenaga Maksimum

107 Hp @ 5,800 rpm

Torsi Maksimum

142 Nm @ 3,800~4,400 rpm

Bahan Bakar

Bensin

Kubikasi

1,485 cc

Transmisi Tipe

5 Speed Manual

Dimensi Wuling Confero S 1.5L MT 2018

Panjang Keseluruhan

4.530 mm

Lebar Keseluruhan

1.691 mm

Tinggi Keseluruhan

1.730 mm

Jarak Poros Roda

2.720 mm

Kapasitas Tangki

42 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Wuling Confero S 1.5L MT 2018

Suspensi Depan

McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension

Suspensi Belakang

Coil Spring, Semi Independent Suspension

Ukuran Ban

195/60 R15

Daftar Harga Wuling Confero 2018

Inilah daftar harga Wuling Confero S 1.5L MT 2018.

Tipe mobil

Harga Wuling Confero

Wuling Confero Standar MT 2018

Rp 128.800.000

Wuling Confero S 1.5 C MT 2018

Rp 150.900.000

Wuling Confero S 1.5 L MT 2018

Rp 162.900.000

Kesimpulan Wuling Confero 2018

Jadi apakah mobil ini layak untuk Anda? Tentu saja ya! Kami berani bilang demikian karena melihat price to feature and price to value mobil ini sangat baik. Dengan mengeluarkan uang yang tidak seberapa alias tidak semahal rivalnya Anda akan mendapatkan mobil dengan fitur banyak, kualitas memadai, dan nyaman karena berkabin luas.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

FF Mobilindo Yk

DI Yogyakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

back to top