Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Mobil Keluarga Berturbo Termurah

01/08/2020

Share this post:

Wuling Cortez 2020

Editor rate:

Rp. 209.000.000

Harga Wuling Cortez Terbaru Lihat promo

Inilah mobil keluarga berturbo termurah se-Indonesia Raya, seberapa menarik Wuling Cortez paling terjangkau ini? Mari simak review Wuling Cortez CT Type S 2020

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Mobil Keluarga Berturbo Termurah
Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Mobil Keluarga Berturbo Termurah
0 Gambar

Pengantar Wuling Cortez 2020

Mari kita simak spesifikasi Wuling Cortez 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Value for money

Kenyamanan kabin

Fitur lengkap

Kekurangan

Disinyalir boros BBM

Belum tersedia foglamp

Setir belum bisa telescopic

Foto emblem Wuling Cortez Turbo

Cortez termurah kini sudah pakai mesin turbo

Cintamobil.com hampir selalu terkesan dengan produsen asal Tiongkok yang satu ini, sebab PT SGMW Motor Indonesia selaku pemegang merek Wuling di Indonesia tak henti-hentinya mendobrak pasar Tanah Air dengan meluncurkan produk yang memiliki value for money tinggi. Salah satunya adalah Wuling Cortez CT Type S 2020 yang akan kita ulas kali ini. Ia merupakan mobil keluarga berturbo termurah se-Indonesia Raya.

Gambar launching Wuling Cortez CT Type S 2020

Kehadirannya seharusnya membuat LMPV Jepang patut waspada

Wuling Cortez CT Type S ini dibanderol dengan harga Rp 209 juta untuk varian bertransmisi manual 8-seater dan Rp 233 juta untuk varian bertransmisi CVT dengan 7-seater berformat captain seat. Jelas ini sudah masuk ke ranah LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) yang dihuni oleh Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga. Lantas, seberapa istimewa mobil ini? Mari simak review Wuling Cortez CT Type S 2020 hingga tuntas.

Eksterior Wuling Cortez 2020

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Wuling Cortez CT Type S 2020

Foglamp absen di tipe ini

Sepintas, Wuling Cortez CT Type S terlihat sama saja dengan Cortez CT tipe lainnya. Hal pertama yang langsung dapat terlihat adalah absennya aksen chrome pada bilah grille-nya. Meski bentuknya masih sama saja dengan Cortez trim di atasnya, namun tanpa adanya chrome tersebut mengurangi efek mewah di Cortez CT Type S. Lantas, tidak tersedia lampu kabut pada bumper bagian bawah, namun lampu DRL (Daytime Running Light) tetap tersedia.

Gambar headlamp Wuling Cortez CT Type S 2020

Headlamp sudah projector tapi masih menganut halogen biasa

Headlamp juga tidak mengusung LED (Light Emitting Diode) seperti Cortez CT tipe C (Comfort) maupun L (Luxury). Sebagai gantinya dipasang headlamp projector dengan lampu halogen biasa baik untuk low beam maupun high beam-nya. Meski tak terlihat modern, namun sebenarnya penggunaan lampu halogen dengan cahaya kekuningan sangat membantu ketika berjalan di kondisi hujan lebat maupun berkabut.

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Wuling Cortez CT Type S 2020

Cukup banyak detail menarik yang hilang di Cortez paket hemat ini

Meski sekilas sama dengan Cortez CT tipe lainnya, Namun jika diperhatikan seksama, Wuling Cortez CT Type S 2020 ini tetap memiliki detail yang berbeda. Antara lain gagang pintu yang warnanya senada kelir bodi bukan chrome. Aksen chrome yang mengelilingi kaca jendela juga tidak ditemukan pada Type S. Lalu model ini, selain belum dilengkapi foglamp, juga tak mendapatkan shark fin antenna, serta kaca spion yang belum bisa melipat elektrik.

Gambar ban dan pelek Wuling Cortez CT Type S 2020

Motif velg berbeda tapi ban yang digunakan sama dengan tipe yang lebih mahal

Kendati velg yang digunakan sama-sama menggunakan ring 16, namun motifnya berbeda dengan Cortez CT trim C maupun S. Pada tipe S ini menggunakan satu warna yakni silver, ukuran ban yang digunakan juga sama, yakni 205/55R16. Ban yang digunakan pada Wuling Cortez CT Type S, C Type dan L Type juga sama, yakni menggunakan ban Goodyear Assurance yang punya grip serta traksi yang baik.

>>> Apakah Anda sudah tahu perbedaan antara Wuling Cortez CT Type S, Type C dan Type L? Jika belum tahu, jangan tinggalkan artikel Perbedaan Wuling Cortez CT Type S dengan Type C dan Type L ini

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Wuling Cortez CT Type S 2020

Tampilan belakang mirip trim lainnya yang lebih mahal

Lanjut ke bagian buritan Wuling Cortez CT Type S 2020 ini, untuk bagian ini tak ada perbedaan dengan Cortez CT trim di atasnya. Tetap tersedia wiper belakang beserta washernya, sayangnya ia tidak dilengkapi dengan pemanas kaca belakang yang dapat digunakan untuk mengusir embun, untunglah ia tetap tersedia kamera parkir yang guideline-nya mampu mengikuti gerakan setir.

Gambar kamera mundur Wuling Cortez CT Type S 2020

Parkir lebih mudah dengan adanya kamera parkir


Interior Wuling Cortez 2020

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Wuling Cortez CT Type S 2020

Layout dashboard mirip tipe di atasnya

Masuk ke dalam kabin Wuling Cortez CT Type S 2020 ini layout dashboardnya masih serupa dengan trim di atasnya. Namun, tetap ada beberapa perbedaan yang akan Anda temui. Misalnya Anda akan menemukan material plastik keras bukan soft touch panel seperti halnya yang ada pada Type C dan Type L, serta absennya corak wood panel sedikit mengurangi aura mewah dari kabin. Pun begitu dengan tombol AC-nya yang full putar bukan digital seperti di tipe yang lebih tinggi.

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Kursi

Gambar kursi depan Wuling Cortez CT Type S 2020

Kursi Wuling terasa empuk saat diduduki

Lanjut ke kursi yang digunakan oleh Wuling Cortez CT Type S 2020 ini. Terdapat dua pilihan jok mobil ini yang dibedakan dari jenis transmisi yang diusungnya. Untuk Cortez CT tipe S yang menggunakan transmisi manual 5-percepatan mendapat jok 8-seater yang nyaman. Sehingga 8 penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman. Meskipun seluruh pengaturan jok, baik jok pengemudi atau seluruh penumpang masih secara manual.

Gambar kursi tengah captain seat Wuling Cortez CT Type S 2020

Jok model captain seat hanya tersedia di varian bertransmisi CVT

Sementara untuk Wuling Cortez CT Type S dengan transmisi CVT mendapat pilihan 7 tempat duduk dengan format captain seat di kursi baris kedua. Corak pelapis kursinya juga tidak semewah Cortez CT tipe C maupun L. Tapi kendati demikian duduk di kursi ini cukup nyaman, sebab busanya empuk dan cukup menopang badan dengan baik, sehingga untuk digunakan perjalanan jauh tidak begitu melelahkan.

Gambar kursi baris ketiga Wuling Cortez CT Type S 2020

Kursi proper untuk tiga penumpang dewasa di belakang

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: AC Dual Blower

Gambar AC Dual Blower Wuling Cortez CT Type S 2020

Kabin dingin hingga baris ketiga

Berbeda dengan Cortez CT tipe C dan L yang sudah mengusung format digital pada sistem pengaturan AC-nya, untuk Wuling Cortez CT Type S 2020 ini masih mengandalkan kenop putar biasa. Meski demikian, delapan maupun tujuh penumpang di dalam kabin MPV asal Tiongkok ini tidak akan kepanasan, sebab ia sudah dilengkapi dengan AC dual blower yang mampu menyalurkan hawa dingin hingga baris ketiga.

Fitur Wuling Cortez 2020

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar In Car Entertaiment System Wuling Cortez CT Type S 2020

Head unit sudah layar sentuh

Wuling Cortez CT Type S 2020 ini dilengkapi dengan head unit touchscreen 8 inci yang mampu terintegrasi dengan kamera mundur di belakang untuk varian bertransmisi CVT. Meski modelnya kekinian dengan desain layar di tengah dashboard, namun kualitas suaranya biasa saja, sebab ia hanya dilengkapi dengan empat buah speaker tanpa adanya tweeter. O ya pada tipe ini juga belum tersedia koneksi Bluetooth dan Mirrorlink.

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Start Stop Engine Button

Gambar start stop engine button Wuling Cortez CT Type S 2020

Cukup tekan tombol ini saat hendak menyalakan mesin

Khusus untuk Wuling Cortez CT Type S 2020 dengan pilihan transmisi CVT, sudah dilengkapi dengan fitur smart entry plus start stop engine button. Jadi, saat hendak masuk ke mobil, kunci hanya perlu dikantongi saja, dan ketika mau menyalakan mesin, tinggal injak pedal rem dan tekan tombol yang terletak di balik setir sebelah kiri. Untuk mobil di kelasnya, jelas ini merupakan fitur yang sangat valuable.

Review Wuling Cortez CT Type S 2020: Multi Information Display

Gambar multi Information Display Wuling Cortez CT Type S 2020

MID cukup lengkap sayang tidak ada TPMS

Berbeda dengan saudaranya di trim tertinggi yang memiliki Multi Information Display (MID) lengkap. Pada Cortez CT paket hemat ini, hanya tersedia beberapa informasi saja, hanya ada odometer digital, trip meter digital, konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, spidometer format digital, indikator suhu, dan indikator bensin. Tidak tersedia Tire Pressure Monitoring System (TPMS) seperti pada tipe di atasnya.

Operasi Wuling Cortez 2020

Wuling Cortez CT Type S 2020 ini menggendong mesin yang serupa dengan kakak-kakaknya yang dijual lebih mahal, bahkan Wuling Almaz yang bermodel SUV. Ia dipersenjatai dengan mesin berkode LL5 4-silinder dengan kubikasi 1.500 cc plus turbocharger. Meski pasokan bahan bakarnya belum direct injection, tetapi output tenaga mesin yang dihasilkan mencapai 140 Hp pada putaran mesin 5.200 rpm, serta torsi 250 Nm di rentang rotasi mesin 1.600 - 3.600 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke dua roda depan melalui pilihan transmisi CVT dan manual 6-percepatan.

Gambar mesin LL5 Wuling Cortez CT Type S 2020

Mesin berkode LL5 ini mirip dengan kepunyaan Wuling Almaz

Cintamobil.com sudah pernah mencoba sendiri betapa nikmatnya mesin ini, spooling dari turbocharger system yang dianut oleh Cortez CT ini sudah terasa sejak putaran 1600 rpm. Hal ini jelas membantu mobil saat hendak melakukan aksi overtaking. Meski turbo buatan Honeywell yang asli Amerika Serikat ini belum dilengkapi dengan fitur variable geometry, namun bilah yang rapat serta serta sudutnya yang lebih rebah membuat pemampat udara paksa milik Wuling Cortez CT Type S 2020 ini mampu untuk meniupkan udara lebih cepat kedalam mesin.

Gambar tuas transmisi Wuling Cortez CT Type S 2020

Transmisi otomatisnya sudah mengusung CVT

Tetapi berbeda dengan saudara-saudara lainnya yang dijual lebih mahal, untuk Wuling Cortez termurah ini suspensi belakangnya masih menganut semi-independent. Berbeda dengan Wuling Cortez CT Type L misalnya yang sudah mengusung full Independent Suspension untuk suspensi buritan. Untuk mengetahui rasa berkendara mobil ini, jelas kami harus mencoba sendiri mobil ini, dan akan kami ulas secara mendalam test drivenya setelah ada mobil tes Cortez tipe ini dari Wuling Motors Indonesia.

>>> Viral Knalpot Wuling Cortez Copot, Ini Tanggapan PT SGMW Indonesia

Spesifikasi Wuling Cortez 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Wuling Cortez CT Type S 2020.

Mesin Wuling Cortez CT Type S 2020

Seri mesin

LL5, 4-silinder, Turbocharger, DOHC, DVVT

Pasokan Bahan Bakar

Indirect Injection

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

140 Hp @ 5.200 rpm

Torsi Maksimum

250 Nm @ 1.600 - 3.600 rpm

Kapasitas Silinder

1,451 cc

Bore X Stroke

73,85 mm X 84,70 mm

Tipe Transmisi

CVT & Manual 6-percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Wuling Cortez CT Type S 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

4.780 mm X 1.816 mm X 1.755 (with Roof Rail)

Jarak Sumbu Roda

2.750 mm

Jarak Pijak (Depan / Belakang)

1.546 mm / 1.541 mm

Kapasitas Tangki

52 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Wuling Cortez CT Type S 2020

Suspensi Depan & Belakang

Depan: McPherson strut, Coil spring

Belakang: Coil spring, semi-independent

Sistem Kemudi

Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD

Teknologi Safety Sasis

Side Impact Beam, Crumple Zone

Struktur Sasis

Monokok, MPV B-Segment

Pelek

Alloy, 16 inch

Jenis Ban

Radial, 205/55 R16

Daftar Harga Wuling Cortez 2020

Gambar harga Wuling Cortez CT Type S 2020

Harganya cukup menggiurkan bahkan lebih rendah dari LMPV Jepang

Wuling Cortez CT Type S 2020 ini hadir dengan harga yang cukup mengejutkan, karena untuk varian yang bertransmisi manual 8 seater harganya Rp 209 juta. Sementara untuk yang varian transmisi otomatis CVT 7 seater captain seat harganya Rp 233 juta. Jelas ia akan mengancam pesaingnya di kelas yang lebih rendah yakni LMPV.

>>> Punya DP 200 jutaan, pilih Wuling Cortez CT atau Innova Bekas? Klik sini untuk mendapat jawaban sendiri

Kesimpulan Wuling Cortez 2020

Gambar kesimpulan review Wuling Cortez CT Type S 2020

Inilah mobil keluarga berturbo termurah di Tanah Air

Wuling Cortez CT Type S 2020 hadir sebagai mobil keluarga dengan mesin turbo termurah di Indonesia. Kehadirannya jelas mengkhawatirkan pesaing lainnya, mengingat harga jualnya yang terjangkau membuatnya menarik untuk dilirik. Namun, Anda harus ingat, ini adalah mobil Tiongkok, resale value merek China saat ini tidak sekuat mobil Jepang dan jaringan servisnya belum sebanyak mobil buatan Negeri Matahari Terbit tersebut. Apalagi isu konsumsi BBM yang boros menjadi momok bagi calon konsumen Wuling.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikal review mobil lainnya di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019, Si Ganteng Yang Asyik Di Geber

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019, Si Ganteng Yang Asyik Di Geber

23/04/2019

Editor rate:

PT SGMW Motor Indonesia adalah salah satu agen pemegang merek yang senang memberikan kejutan, kejutan apa yang disiapkan? So, kami tak akan panjang lebar lagi simak terus review dan test drive Wuling Cortez CT 2019, si ganteng yang asyik di geber

Lihat juga
Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019, Confero Dengan Semangat MATIC = Macet Tidak Capek

Review Dan Test Drive Wuling Confero S ACT 2019, Confero Dengan Semangat MATIC = Macet Tidak Capek

23/04/2019

Editor rate:

Setelah kami membahas lengkap tentang Wuling Confero S yang merupakan salah satu mobil paling mengejutkan dan membuat rival-rivalnya asal Jepang melirik. Kini kami persembahkan review dan test drive Wuling Confero S ACT 2019 yang mengusung semangat MATIC alias Macet Tidak Capek.

Lihat juga
Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018

Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018

Rp 193.800.000

02/08/2018

Editor rate:

Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT, Apa benar mending Wuling? Mungkin Anda sudah agak bosan bahkan kesal mendengar pertanyaan tersebut apalagi jika Anda termasuk netizen yang kekinian dengan memantau sosial media. Kami persembahkan reviewnya untuk Anda.

Lihat juga
Harga Wuling Confero 2017: MPV Anyar yang Siap Hangatkan Persaingan

Harga Wuling Confero 2017: MPV Anyar yang Siap Hangatkan Persaingan

Rp 128.800.000

31/10/2017

Editor rate:

Maraknya pasar mobil MPV nyatanya tak membuat para pabrikan gentar. Hingga hari ini, masih banyak produsen otomotif yang coba menghangatkan persaingan dengan meluncurkan varian sejenis. Pun demikian dengan Wulling, pemain baru di industri otomotif nasional ini memulai langkah dengan meluncurkan Low MPV dalam wujud Wulling Confero. Apakah mobil ini bisa mencuri perhatian pecinta otomotif nasional? Carilah jawaban di tulisan review Wuling Confero 2017 ini.

Lihat juga
Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Tambahan WIND, Voice Command Berbahasa Indonesia Pertama

Review Wuling Almaz 7-Seater 2019: Tambahan WIND, Voice Command Berbahasa Indonesia Pertama

16/07/2019

Editor rate:

Bertepatan dengan dua tahun perjalanannya di Indonesia, Wuling Motors langsung memperkenalkan varian terbaru Wuling Almaz 7-Seater 2019 dengan kursi baris ketiga serta fitur terbaru yang menggunakan voice command berbahasa Indonesia pertama di dunia.

Lihat juga