Pilihan MPV di Bawah Rp300 Juta, Wuling Cortez CT atau Innova Bekas?

03/06/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Pilihan MPV di Bawah Rp300 Juta, Wuling Cortez CT atau Innova Bekas?
Ketika memilih MPV keluarga di bawah Rp300 juta, ternyata ada Wuling Cortez CT atau Innova bekas. Manakah diantara kedua mobil ini yang layak Anda pilih?

Mencari mobil keluarga tentu harus yang bisa disukai seluruh anggota keluarga. Desain yang stylish, fitur yang lengkap, serta ruang kabin yang lapang, adalah beberapa indikator ketika harus memilih mobil untuk kebutuhan transportasi seluruh keluarga.

Di Indonesia, ragam pilihan mobil keluarga berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah yang paling banyak peminatnya. Alasannya cukup unik, yaitu lantaran mobil seperti ini bisa muat banyak orang dan barang sekaligus. Sehingga efektif kalau dipakai kala berpergian bersama seluruh anggota keluarga.

Nah mengingat varian MPV itu amat banyak, kali ini Cintamobil.com hanya akan membahas MPV di rentang harga kurang dari Rp300 juta. Yang kami ambil adalah Wuling Cortez atau Toyota Kijang Innova bekas produksi 2016-2017. Mengapa demikian? Karena kedua mobil tersebut ternyata cukup identik.

Lalu manakah yang layak untuk dibeli? Wuling Cortez CT atau Innova bekas? Berikut penjelasannya sebagai bahan pertimbangan buat Anda.

1. Eksterior

Wuling Cortez CT

Wuling menyajikan desain elegan pada Cortez

Urusan menilai desain sebenarnya tergantung selera dari masing-masing pribadi. Namun kami akan tetap mencoba menjabarkan sesuai faktanya. Pada Cortez misalnya, Wuling menerapkan tema elegan. Grille depan besar dengan motif sarang lebah, berpadu garis chrome horizontal yang menjulur hingga ke bagian lampu utama.

Bemper depan juga dibuat minim lekukan tegas yang pada bagian bawahnya terdapat foglamp berbentuk memanjang, bukan bulat layaknya foglamp mobil lain. Kemudian bagian sisinya juga tidak ada tambahan bodykit, dan dibelakang lagi-lagi lekuk bumper dibentuk melandai.

>>> Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019, Si Ganteng yang Asyik Di Geber

Toyota Kijang Innova Reborn

Toyota Innova hadir dengan desain yang berkarakter

Sementara itu Toyota menyodorkan Kijang Innova Reborn dengan karakter yang lebih tegas dibanding Innova generasi sebelumnya. Gril depan dibuat lebih besar dan lebih tegas, lampu utama menyipit, serta di belakang juga karakter dari mobil ini menonjol kuat.

2. Interior

Wuling Cortez interior

Cortez coba suguhkan interior ala MPV mewah

Bermain di segmen yang sama, antara Wuling Cortez CT atau Innova bekas mencoba memberikan nuansa kabin mobil keluarga yang mewah. Pada Wuling, nuansa kokpit dibuat sederhana namun syarat tombol dan informasi pada panel cluster.

Bagian tengah dashboard ada headunit model floating dan ada jam analog yang menambah kesan mewah. Kemudian konsol tengahnya juga dibuat bercitarasa mewah padanan warna abu-abu tua dengan black gloss atau black wood.

>>> Review Toyota Kijang Innova 2017

Seluruh joknya sendiri menggunakan warna beige yang memberi kesan menyejukkan sekaligus memuat kabin terasa lebih lapang. Yang membedakan Cortez dengan Innova adalah tersedianya fitur electric sunroof pada bagian atap mobil ini. Sebuah fitur yang biasanya cuma ada pada mobil-mobil mewah berharga Rp400 juta ke atas.

Toyota Kijang Innova interior

Toyota Innova sudah pakai jok kulit

Sementara itu, meskipun Innova tidak memiliki sunroof bukan berarti interiornya kalah mewah. Nuansa jok kulit dengan sajian ruang kokpit yang sederhana namun fungsional, mencirikan mobil ini cocok untuk keluarga yang telah mapan. Selain itu, Toyota juga menyematkan ambient light di bagian plafon Kijang Innova untuk memberikan sentuhan nuansa mewah.

3. Dimensi

Wuling Cortez dimensi

Cortez ternyata lebih panjang dari Innova

>>> Temukan promo mobil baru lainnya dengan diskon menarik disini

Secara dimensi, Wuling Cortez punya panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm, tinggi 1.755 mm, serta jarak sumbu roda 2.750 mm. Sementara Kijang Innova panjangnya 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Dari catatan ini terlihat bahwa Cortez lebih panjang 45 mm, lebih ramping 14 mm, dan lebih rendah 40 mm dibanding Innova. Meski demikian jarak sumbu roda kedua mobil ini sama.

4. Mesin

Wuling Cortez CT mesin

Cortez CT sudah pakai turbo

Ketika memilih Wuling Cortez CT atau Innova bekas, maka hal lainnya yang peru diperbandingkan adalah mesin dari kedua mobil ini. Untuk Cortez menggunakan mesin 1.500 cc 4 silinder DOHC dengan tambahan turbo. Mesin ini mampu menorehkan tenaga puncak 140 hp pada 5.200 rpm dengan torsi puncak 250 Nm di 1.600 - 3.600 rpm.

Toyota Kijang Innova diesel mesin

Innova punya pilihan mesin diesel

>>> Pilihan mobil bekas Toyota Innova yang paling lengkap cuma ada disini

Sementara Toyota memberikan dua opsi mesin pada Innova Reborn, yaitu mesin bensin 2.000 cc dan mesin diesel 2.400 cc. Sayangnya, yang dibekali turbo hanya varian mesin diesel. Sehingga para penyuka mobil-mobil bertenaga lebih banyak yang melirik varian ini. Akibatnya harga mobil Innova diesel bekasnya pun lebih tinggi dibanding Innova bermesin bensin.

5. Fitur

Wuling Cortez sunroof

Cortez sudah dilengkapi sunroof

Urusan fitur, rasa-rasanya Anda wajib mengakui kalau Wuling begitu loyal dalam menjejalkan fitur di tubuh Cortez. Mulai dari lampu depan yang sudah menggunakan LED Projector, lampu belakang juga pakai LED, keberadaan sensor parkir dan kamera mundur, atap dengan sunroof, AC Digital, Tire Pressure Monitoring System (TMPS) untuk memantau tekanan angin keempat ban secara realtime, serta sederet fitur keselamatan lain. Seperti Dual SRS Airbags, pengaturan jok secara elektrik, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Sementara Toyota Innova harus takluk karena fiur yang disematkannya jauh lebih sedikit dibanding Cortez. Walau demikian, selain ABS, EBD, dan BA, mobil ini dilengkapi dengan Airbags yang cukup lengkap untuk melindungi seluruh anggota keluarga. Mulai dari Dual Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, Knee Airbags dibagian kaki pengemudi, Side Airbags untuk menghindari benturan sampig, serta Curtain Shield Airbags untuk melindungi dari benturan samping khususnya di bagian kaca.

>>> Kelebihan Dan Kekurangan Wuling Cortez CT 2019

6. Harga

Wuling Cortes CT

Cortez dan Innova bekas punya rentang harga yang mirip

Terakhir untuk pertimbangan Wuling Cortez CT atau Innova bekas adalah soal harga. Wuling mematok Cortez CT mulai dari Rp 238 juta hingga Rp290 juta. Sedangkan Innova bekas produksi 2016 harganya di rentang Rp254 juta - Rp290 juta. Kemudian untuk yang produksi 2017 harganya Rp265 juta - Rp298 juta.

Namun perlu menjadi pertimbangan pula jika setiap pembelian Wuling Cortez maka akan mendapatkan gratis perawatan berkala hingga 4 tahun atau 50.000 km, serta garansi 5 tahun untuk komponen mesin dan transmisi. Sementara jika membeli unit Innova bekas, pastikan pemilik sebelumnya rutin melakukan perawatan berkala di bengkel resmi guna mendapatkan unit yang berkualitas. Untuk hal yang satu ini dibutuhkan pencarian yang sabar dan teliti.

>>> Bukan Sekedar Bikin Keren, Ini Fungsi Sunroof Mobil Buat Kesehatan

7. Informasi Lain

Logo baru Wuling

Nantinya Wuling akan gunakan logo warna putih

Sebagai informasi tambahan, pada 22 Mei 2020 lalu Wuling memperkenalkan logo baru berwarna silver sebagai perwujudan citra produk di pasar global yang dapat diandalkan serta memiliki durabilitas yang baik. Logo silver ini juga sebagai langkah baru untuk memperkuat strategi SGMW di pasar otomotif dunia.

Perkenalan logo baru ini sekaligus menandai produksi ke 22 juta unit yang terjadi di pabrik Wuling di Liuzhou, Cina. Total produksi tersebut merupakan gabungan dari empat pabrik SGMW yang berada di Liuzhou, Baojun, Qingdao, dan Chongqing, selama 35 tahun sejak 1985 hingga Mei 2020, termasuk volume ekspor yang sudah dilakukan ke 40 negara. Jadi tak perlu diragukan lagi sepak terjang Wuling bukan...

>>> Tips dan trik menarik lainnya tentang mobil baru dan mobil bekas baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top