Review Toyota Voxy 2022: MPV Menengah Bergaya Sultan nan Mewah

24/02/2022

Share this post:
Toyota Voxy CVT 2022
Editor rate:

Rp 558.200.000

Harga Toyota Voxy 2022 Lihat promo

PT Toyota Astra Motor merilis generasi terbaru Toyota Voxy 2022 dengan revisi besar-besaran pada desain dan tambahan teknologi baru yang jauh lebih canggih.

Review Toyota Voxy 2022: MPV Menengah Bergaya Sultan nan Mewah
Review Toyota Voxy 2022: MPV Menengah Bergaya Sultan nan Mewah
0 Gambar

Pengantar Toyota Voxy CVT 2022

Mari kita simak spesifikasi Toyota Voxy CVT 2022 di bawah ini.

Kelebihan

Kesan modern dan futuristik yang tak kalah dibandingkan Alphard

Teknologi TSS 3.0 yang lebih canggih

Peningkatan kepraktisan jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya

Mesin baru yang lebih bertenaga dan irit BBM

Kekurangan

Harga lebih tinggi dibandingkan rival

Hanya ada satu pilihan tipe di Indonesia

Belum ada varian hybrid

Awal tahun 2022 langsung dikebut oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk meluncurkan berbagai model terbarunya di Indonesia. Setelah memperkenalkan generasi terbaru Toyota Land Cruiser dan Toyota Fortuner dengan mesin baru, TAM turut merilis generasi terbaru dari Toyota Voxy 2022 dengan tagline baru bertajuk Pleasant Voyage.

Mulai dari eksterior hingga interior, All New Voxy 2022 mendapatkan beragam ubahan untuk menantang pesaing lain di segmen MPV bergaya boxy ini. Eksterior mengusung desain modern dan premium, sedangkan di dalam ada berbagai teknologi baru yang disematkan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

mobil baru Toyota Voxy 2022 di Indonesia
Edisi terbaru dari generasi ketiga Toyota Voxy 2022

TAM tak lupa meluncurkan upgrade dari sistem keselamatan Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0) yang diklaim lebih canggih. Sistem TSS memang menjadi andalan Toyota dan sudah disematkan pada beberapa model terbarunya, semisal Toyota Raize.

Penasaran dengan apa saja yang ditambahkan pada model baru penantang Nissan Serena ini? Simak informasi lengkap review Toyota Voxy 2022 terbaru di bawah ini.

Toyota Voxy 2.0 A/T 2019 dp ceper siap TT

Rp 369.000.000

Jakarta

51.000 km

Toyota Voxy 2.0 A/T 2019

Rp 352.000.000

Banten

77.544 km

Toyota Voxy 2.0 A/T 2019

Rp 359.000.000

Jakarta

39.473 km

Toyota Voxy 2.0 A/T 2022 nego lemes bs TT

Rp 498.000.000

Jakarta

23.000 km

Toyota Voxy 2.0 A/T 2022 dp ceper bs Tkr tambah

Rp 498.000.000

Jakarta

20.000 km

Toyota Voxy 2.0 A/T 2022 dp ceper bs TT

Rp 498.000.000

Jakarta

20.000 km

JUAL Toyota Voxy 2.0 AT 2019 Hitam

Rp 352.000.000

Jakarta

77.544 km

Toyota Voxy 2.0 A/T 2018

Rp 345.000.000

Jakarta

56.279 km

Eksterior Toyota Voxy CVT 2022

Ubahan paling signifikan terletak pada rangka dengan sasis TNGA yang baru digunakan pada All New Voxy. Toyota menyebutkan bahwa sasis ini membuat Voxy menjadi lebih aerodinamis, nyaman dan lebih kedap, serta meningkatkan visibilitas yang lebih baik bagi pengemudi.

Review Toyota Voxy 2022: Eksterior Depan

Fascia depan yang mengadopsi desain bertujuan untuk membedakannya dibandingkan generasi sebelumnya. Di generasi ketiga ini, Toyota mengungkapkan bahwa All New Voxy mengusung tema futuristis dan agresif, tapi tetap memberikan kesan premium.

Eksterior depan mobil baru Toyota Voxy 2022 di Indonesia
Fascia depan dibuat semakin futuristis dan agresif

Terlihat dari desain grille depan yang lebih lebar dan luas serta dikelilingi oleh bingkai chrome, disandingkan dengan desain bumper depan yang mendapatkan revisi cukup besar. Begitu pula desain anyar pada lampu depan yang berbaur dengan bagian atas grille melengkapi tampilan baru pada mobil ini.

Review Toyota Voxy 2022: Eksterior Samping

Gaya boxy memang membuat desain sampingnya masih membawa berbagai aspek pada mobil sebelumnya. Ground clearance tercatat 150 mm. Memang tak terlalu tinggi, mengingat Voxy dikhususkan untuk perjalanan perkotaan saja. Tapi lantai Voxy yang rendah dan rata dibuat untuk memudahkan akses keluar masuk dan meningkatkan kenyamanan.

bagian samping Toyota Voxy 2022 terbaru di Indonesia
Bagian samping sudah dilengkapi Sliding Door dengan Kick Sensor

Peningkatan lainnya yang diberikan yaitu sistem Dual Sliding Door, yaitu bukaan pintu geser di kedua sisi mobil, lengkap dengan Kick Sensor. Jadi penumpang bisa membuka pintu samping secara otomatis hanya dengan mengayunkan kaki di bagian bawah pintu. Memberikan kemudahan ketika sedang membawa barang bawaan.

Review Toyota Voxy 2022: Eksterior Belakang

Beralih ke belakang, sebenarnya tidak ada perubahan signifikan yang ditemukan. Voxy tetap mengandalkan spoiler yang sudah dilengkapi dengan high mount stop lamp, lampu belakang bergaya vertikal, dua bilah chrome pada di bawah jendela, serta reflektor yang diletakkan pada bumper bawah.

bagian belakang Toyota Voxy 2022 terbaru di Indonesia
Bukaan pintu belakang semakin mudah dengan tombol di sebelah lampu belakang

Bagian belakang sudah dilengkapi dengan power back door with side button. Dimana pengemudi bisa menekan tombol yang terletak pada bagian samping mobil, tepat di sebelah lampu belakang, untuk membuka dan mengatur ketinggian bukaan pintu. Memudahkan akses ketika berkendara di jalanan yang sempit.

>>> Review Toyota Voxy 2017 Indonesia: MPV Boxy Penantang Nissan Serena 


Interior Toyota Voxy CVT 2022

Interior All New Voxy 2022 juga dibuat lebih modern dibandingkan model sebelumnya. Perubahan besar terletak pada dashboard dan pengaturan di konsol tengah. Pengaturan di dalam kabin juga ditingkatkan untuk menunjang kepraktisan berkendara.

Review Toyota Voxy 2022: Dashboard & Setir

Dashboard depan saat ini menggunakan tampilan gaya baru, termasuk perubahan pada konsol tengah yang terlihat jauh lebih modern. Desain layar tengah berukuran 9.0 inci sudah dilengkapi dengan panoramic view monitor. Di depan pengemudi, sudah ada kluster instrument 7.0 inci lengkap dengan head-up display.

interior Toyota Voxy 2022 terbaru di Indonesia
Tampilan dashboard baru yang membawa kesan modern pada Voxy

Setir palang tiga khas Toyota yang sudah dibalut kulit ini juga tak lupa mendapatkan peningkatan, berupa tombol Seamless Steering Switch dengan TSS button. Membuat pengemudi bisa lebih praktis dalam mengakses berbagai fitur sepanjang perjalanan tanpa harus melepas tangan dari setir.

Review Toyota Voxy 2022: Kursi

Voxy menawarkan konfigurasi 7-seater di dalam kabin dengan baris kedua diisi oleh captain seat demi kesan mewah. Sedangkan bangku baris ketiga bisa menampung tiga orang, walaupun headrest di bagian tengah tak bisa diposisikan sesuai kepala. Kursi berlapis fabric yang bertujuan untuk menghemat ongkos produksi tentunya sudah cukup baik, meski memang tak semewah Alphard.

kursi Toyota Voxy 2022 terbaru di Indonesia
Interior Toyota Voxy 2022 dibuat lebih praktis

Pembaruan pada pengaturan kursi membuat Voxy lebih praktis untuk meningkatkan kenyamanan. Bangku baris kedua bisa direbahkan untuk membuat perjalanan panjang menjadi lebih nyaman. Pengaturan kursi juga bisa dikondisikan untuk memberikan posisi tidur yang lebih baik bagi penumpang di belakang.

Review Toyota Voxy 2022: Bagasi

Ditujukan untuk kenyamanan berkendara, ruang bagasi Toyota Voxy memang tak sebaik Toyota Alphard yang lebih besar. Walaupun penyimpanan di belakang sudah bisa menampung beberapa tas berukuran menengah. Tapi bagi pengemudi yang menginginkan tambahan ruang yang lebih besar, bangku baris ketiga bisa dilipat ke samping untuk meningkatkan kapasitas bagasi.

Fitur Toyota Voxy CVT 2022

Selain peningkatan desain yang lebih modern, Toyota tentu saja menghadirkan beragam teknologi baru dalam hal sistem entertainment dan keselamatan berkendara. Sebagai pembuka, All New Voxy 2022 yang dibawa ke Indonesia dipasangkan Air Purifier, fitur yang banyak dicari pada mobil baru guna membersihkan udara yang ada di dalam kabin.

fitur Toyota Voxy 2022 terbaru di Indonesia
Ada wireless charger sebagai tambahan fitur All New Voxy terbaru

Untuk penghibur sepanjang perjalanan, penumpang belakang akan ditemani oleh Roof Rear Seat Entertainment (RSE) berukuran 11.6 inci. Kelengkapan lainnya di dalam kabin seperti wireless charger yang terletak pada konsol tengah di bangku pertama dan 6 practical USB Port yang tersebar di bangku baris pertama hingga ketiga.

Review Toyota Voxy 2022: Fitur Keselamatan

Edisi terbaru Toyota Voxy 2022 membawa sistem keselamatan yang lebih canggih dan tidak banyak dimiliki oleh mobil Toyota terbaru lainnya. TSS 3.0 disebut memberikan teknologi yang lebih canggih dan lengkap, beberapa fitur yang ada di mobil ini yaitu:

  • Pre Collision System (PCS)
  • Lane Tracing Assist (LTA)
  • Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)
  • Automatic High Beam (AHB)

Fitur keselamatan lainnya yang juga masih dipertahankan untuk keselamatan yaitu Blind Spot Monitoring (BSM), SRS Airbag, kamera Parkir dengan Panoramic View Monitor, dan Parking Support Brake. Demi rasa berkendara yang lebih stabil, pengemudi akan dimanjakan dengan sistem Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

>>> Kelebihan dan Kekurangan Toyota Voxy, MPV Premium dengan Sliding Door

Operasi Toyota Voxy CVT 2022

Pergantian generasi tentunya menjadi ajang bagi Toyota menghadirkan mesin baru pada All New Voxy 2022. Kini Voxy berbekal mesin dengan kode M20A-FKS berbekal teknologi Dynamic Force Engine yang sebelumnya sudah digunakan oleh All New Camry. Camry yang dibawa ke Indonesia pada Oktober 2021 silam.

mesin Toyota Voxy 2022 terbaru di Indonesia
Mesin Toyota Voxy terbaru membawa peningkatan performa dan efisiensi

Mesin berkapasitas 2.0 liter baru milik Voxy diklaim membawa peningkatan performa dan efisiensi. Tenaga maksimum tercatat 170 PS pada putaran 6.600 rpm, naik 11,8% dari 152 PS dari Voxy lama. Begitu pula dengan torsi meningkat 4,6% dari 193 Nm menjadi 202 Nm pada putaran 4.900 rpm.

Tenaga lalu disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi CVT, satu-satunya transmisi yang tersisa pada model Voxy yang dipasarkan di Indonesia. Toyota mengungkapkan bahwa dalam pengetesan internal, perpaduan sasis TNGA dan mesin baru membuat konsumsi BBM Toyota Voxy mencapai 15 km/liter.

 

Spesifikasi Toyota Voxy CVT 2022

Mesin Toyota Voxy 2022

Seri Mesin

M20A-FKS In-line DOHC

Jumlah Silinder

4-silinder

Jumlah Katup

16 katup

Tenaga Maksimum

170 PS @ 6.600 rpm

Torsi Maksimum

206 Nm @ 4.900 rpm

Kapasitas Silinder

1.986 cc

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection (EFI)

Tipe Transmisi

CVT

Rangka Toyota Voxy 2022

Panjang x Lebar x Tinggi

4.695 x 1.730 x 1.844 mm

Wheelbase

2.850 mm

Ground Clearance

150 mm

Jumlah Pintu

4

Kapasitas Penumpang

7 orang

Kapasitas Tangki

52 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Voxy 2022

Suspensi Depan

Suspensi Belakang

MacPherson Strut

Torsion Beam

Rem Depan

Rem Belakang

16” Ventilated Disc

16” Ventilated Disc with Electric Parking Brake

Jenis Ban

205/55 R17 6J Alloy Wheel

R-Temporary T125/70D17 (ban cadangan

Daftar Harga Toyota Voxy CVT 2022

Semua penambahan kelengkapan dan teknologi yang diberikan pada edisi terbaru All New Voxy memang membuat harganya jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Harga Toyota Voxy 2022 saat ini tercatat mencapai Rp 558,2 jutaan, atau meningkat Rp 48 juta dibandingkan model sebelumnya.

Kesimpulan Toyota Voxy CVT 2022

Harga lebih dari setengah miliar bisa dibilang sepadan dengan semua kelengkapan fitur maupun kenyamanan yang ditawarkan pada mobil ini. Voxy dinilai masih memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar MPV bergaya boxy yang menginginkan tunggangan mewah dengan segala kelengkapannya, tapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan MPV premium Toyota Alphard.

Padli Nurdin
Share this post:
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top