Review Toyota Sienta 2017

31/12/2017
editor rate: 4,6 user rate: 4,0
Nama Toyota Sienta memang masih awam terdengar di Indonesia. Namun, di negara asalnya, mobil ini menjadi primadona karena berhasil menarik perhatian konsumennya. Toyota baru memperkenalkan Sienta pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Banyak yang memprediksikan Sienta akan menjadi ujung tombak Toyota untuk berkompetisi bersama kompetitornya seperti Honda Freed, Nissan Serena dan lain sebagainya. Lantas, apa keistimewaannya. Simaklah dalam tulisan review Toyota Sienta 2017.

PENGANTAR Toyota Sienta 2017

mobil Toyota Sienta 2017 berwarna merah dengan Kesan Mewah yang Terpancar dari Toyota Sienta

Tampilan baru Toyota Sienta 2017

Review Toyota Sienta 2017 - Sienta merupakan SUV yang sudah eksis di Jepang sejak tahun 2015. Mobil ini memiliki banyak varian, diantaranya Sienta G, Sienta X, Sienta Hybrid G, sampai model khusus seperti Modelista dan TRD Sportivo yang dibuat dalam dua versi yakni standar dan versi hybrid. Sejak memulai debutnya, mobil ini langsung menjadi buah bibir di negeri matahari terbit karena desainnya terbilang cukup elegan.

Sementara untuk pasar Indonesia sendiri, mobil ini siap dipasarkan dengan beberapa seri seperti E,G,V, dan Q. Dengan demikian, konsumen akan memiliki banyak opsi untuk membawa pulang mobil ini. Di samping varian yang cukup beragam, mobil ini juga memiliki ruang yang cukup besar untuk penumpang berjumlah banyak serta mesinnya sendiri sudah didukung dengan mesin yang mumpuni dan irit bahan bakar. Di luar itu semua, apa lagi yang hendak ditawarkan Toyota untuk katalog anyarnya tersebut? Berikut review Toyota Sienta 2017 dari cintamobil.com.

EKSTERIOR Toyota Sienta 2017

Dari sisi eksterior Toyota Sienta 2017 memiliki desain yang begitu boxy dari sisi tengah hingga belakang. Meskipun terkesan boxy, Sienta juga tampil dengan berbagai lekukan di sekujur body sehingga membuat mobil ini menjadi lebih dinamis. Bahkan jika ditegaskan secara keseluruhan, eksterior Sienta memang lekat dengan kesan premium dan elegan serta memperlihatkan sisi ekslusif dan istimewa. Untuk memperjelas setiap sudutna, ada baiknya jika kita membedah satu demi satu sisi luar dari mobil ini.

  • Bagian Depan

Gambar mobil Toyota Sienta 2017 dilihat dari bagian depan masih terkesan mewah

Kesan mewah tersaji dari sisi depan Sienta

Di sisi terdepannya ini, Sienta mengusung kesan ekslusif melalui tampilan grill dan headlampnya yang terliat elegan. Di sisi grill misalnya, Sienta memiliki gril trapesium yang menjorok hingga ke sisi bumper. Sekilas, apa yang ditampilkan sienta pada bagian ini mengingatkan kita akan desain serupa yang mungkin dijumpai pada saudaranya, yakni Yaris. Selain itu, Kesan mewah juga ditampilkan melalui list beraksen chrome yang memanjang ke samping dan di setiap ujung grill memiliki liuk tipis. Cukup elegan. Tak lupa, logo kebesaran Toyota juga disematkan di bagian atas sebagai sarana pengenalan diri kepada konsumen.

Bergeser ke samping grill, tersemat headlamp dengan desain menyipit yang cukup elegan. Lampu utama tersebut juga sudah disematkan dengan lampu LED dengan teknologi levelling. Keduanya siap berkombinasi untuk hasilkan penerangan yang maksimal saat mobil dipacu pada medan medan gelap dan minim pencahayaan.

Sementara pada bagian bumper, kesan dinamis tetap terjaga berkat kehadiran rongga udara di bagian tengah. Selain itu, spoiler yang menjorok hingga ke bagian lampu utama juga menjadi nilai jual Sienta guna terlihat lebih eye catching. Dan untuk mempercantik sisi depan, hadir pula fog lamp yang juga berfungsi sebagai pelengkap sisi depan sekaligus berfungsi sebagai penambah penerangan tambahan apabila dibutuhkan.

  • Bagian Samping

Mobil Toyota Sienta 2017 dilihat dari sisi samping Masih Mengusung Kesan Dinamis

Sisi samping  masih mengusung kesan dinamis

Pada sisi samping, Sienta memiliki lekukan yang cukup elegan. Meski tak menampilkan garis di handle door, mobil ini masih tetap terlihat mahal berkat desain melengkung ke dalam yang disematkan mulai dari sisi depan hingga ke bagian belakang. Sementara pada bagian spion, electric spion sudah disematkan. Dan untuk melengkapi bagian samping, dihadirkan spoiler berwarna hitam dope di bagian bawah. Sebenarnya, ada atau tak adanya spoiler tersebut tak akan berpengaruh banyak terhadap bagian samping.

  • Bagian Belakang

Bagian belakang mobil Toyota Sienta 201 dengan Penuh dengan Citarasa Sporty

Bagian belakang penuh dengan Citarasa Sporty

Bergerak ke sisi belakang, Sienta memiliki desain maskulin berkat spoiler yang hadir mengituli alur body mulai dari sisi samping mount lamp hingga ke bagian bumper bawah. Spoiler ini juga hampir mirip dengan apa yang disajikan di bagian depan. Selain itu, rear combination lamp yang didesain dengan warna dark juga semakin mempertebal sisi sporty dari sisi ini.

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Sienta 2017

Bergerak ke bagian interior Toyota Sienta 2017 memiliki ruang yang cukup luas guna menjaga mobilitas para penggunanya. Selain itu, mobil ini juga tetap mengedepankan kenyamanan dan keamanan para pengguna. Hal tersebut ditandai dengan diberikannya material terbaik di sisi seat maupun kabin hingga berbagai fitur yang disematkan pada bagian dalam mobil. Untuk lebih jelas, kita akan menelisik bagian demi bagian yang tersemat pada sisi dalam Sienta.

  • Bagian Dashboard

bagain dashboard Toyota Sienta Mengusung Konsep Two Tone Colour

Dashboard mengusung konsep 2 tone colour

Di sisi dashboard, Sienta mengusung kesan two tone colour. Apa yang disuguhkan Sienta ini cukup ciamik guna membuat sisi ini terlihat lebih berwarna. Di samping pewarnaan, dashboard mobil ini juga mengusung konsep in-dash-knob-shit yang membuat berbagai panel di sisi ini tertata cukup rapih.

Di bagian depan, tersemat panel multimedia layar sentuh berukuran 4,2 inci yang siap suguhkan berbagai fitur infotaiment mulai dari media player, radio hingga gps. cukup mumpuni bukan panel tersebut? Di samping itu, tersemat juga tombol-tomboladio yang mudah diaplikasikan yang berada satu tempat dengan tuas perseneling. Keberadaan konsep in-dash-knob-shift ini juga mempermudah pengemudi dalam mengganti perseneling sehingga kualitas berkendara bisa tetap terjaga.

  • Bagian Setir

Gambar bagian setir mobil Toyota SIenta 2017 interior ini memakai warna utama yaitu hitam

Sisi Setir Sudah Dilengkapi dengan Steering Switch Control

Di sisi steering, Sienta sudah dilengkapi dengan steering switch control yang siap berikan kemudahan pengemudi mengaplikasikan  berbagai fitur di bagian dashboard. Selain itu, hadir pula panel speedometer dengan tampilan digital yang siap berikan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari penggunaan bahan bakar, jarak tempuh dan lain sebagainya. Di sisi kanan setir juga sudah tersemat fitur untuk mengatur spion guna mendapatkan jarak pandang terbaik.

  • Bagian Kursi

Gambar bagian kursi mobil Toyota Sienta 201 dengan Sisi Kedua masih Mengusung Konsep Captain Seat

Sisi Kedua masih Mengusung Konsep Captain Seat

Pada sisi kursi, pilihan warna ditentukan oleh varian yang hendak dibeli. Varian V dan Q mendapat jatah warna cokelat. Sementara type E dan G memiliki warna hitam. Pada seat baris pertama, jarak antara ruang kaki bisa diatur sesuai selera karena sudah dilengkapi dengan sliding seat di bagian bawah jok. Sementara pada seat baris kedua, konsep captain seat sudah diberikan agar penumpang bisa duduk senyaman mungkin. Sayangnya di seat baris ketiga, penumpang tak bisa leluasa dalam bergerak karena ruang yang disediakan cukup terbatas. Namun, kursi ini sendiri akan sangat nyaman jika dududuki oleh anak-anak. Di samping tu, kursi baris kedua dan ketiga juga sudah dibekali dengan sistem dive-in row yang memberikan keleluasaan saat kursi dilipat.Sementara itu, sisi kargo Sienta terbilang cukup luas dan mumpuni untuk meletakan barang dengan jumlah besar. Berbagai barang seperti koper, tas, hingga sepeda lipat bisa masuk ke dalam. Apabila ruang yang disediakan dirasa kurang, seat baris ketiga juga bisa dilipat sesuai selera. Namun konsekuensinya, jumalh penumpang bisa terkikis.

>>> Mungkin Anda tertarik:

FITUR Toyota Sienta 2017

Gambar fitur Airbag yang Tersemat di sisi depan mobil Toyota Sienta 2017

Toyota Sienta sudah ada airbag di bagian depan

Sebagai SUV yang kental dengan citarasa premium dan mewahnya, rasanya agak mengherankan jika mobil ini tak didukung dengan berbagai fitur yang mumpuni untuk menjaga keamanan dan keselamatan para penggunanya. Untuk mengakomodir hal tersebut, berbagai fitur terbaik sudah dimunculkan seperti kombinasi pengereman terbaik ABS dan EBD. Keduanya bisa saling bersinergi untuk hasilkan pengereman maksimal dan mencegah terjadinya penguncian ban saat mobil diharuskan melakukan pengereman darurat. Di samping itu, sisi pengereman juga akan semakin sempurna berkat kehadiran fitur Selain fitur Pre-Collision System (PCS) yang berguna untuk mengatur sistem pengereman, serta fitur Lane Departure Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB).

Sementara di bagian interior, tersemat 6 buah air bag yang siap mencegah resiko cidera saat mobil mendapatkan benturan hebat maupun kecelakaan. Selain berbagai fotir tersebut tersedia pula fitur stability control, Hill Start Assist (HSA), dan ISOFIX untuk tempat duduk anak pada baris kursi kedua. Cukup lengkap bukan fitur Toyota Sienta 2017?

>>> Bingung dalam memilih mobil Toyota Sienta 2017 klik sini untuk melihat beberapa mobil Sienta dijual di Indonesia

OPERASI Toyota Sienta 2017

Mesin Toyota Sienta Dikenal Bandel Namun Tetap Irit Bahan Bakar

Mesin L4 DOHC 16 katup VVT-iR

Pada bagian sistem operasi Toyota Sienta 2017 sudah dibekali dengan mesin L4 DOHC 16-valve VVT-iE berkubikasi 1.496 cc. Melalui mesin tersebut, Sienta mampu mengeluarkan tenaga hingga 109 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi hingga 136 Nm pada putaran 4.400 rpm. Soal efisiensi bahan bakar, mobil ini diklaim cukup irit. Toyota selaku pabrikan mengungkapkan, setip jarak 20 km yang dilalui Sienta hanya memerlukan 1 liter bahan bakar, Cukup irit bukan?

spesifikasi Toyota Sienta 2017

Bagaimana dengan spesifikasi mobil ini? cintamobil.com telah menyiapkannya untuk anda.

Dimensi Toyota Sienta

Panjang x Lebar x Tinggi

4,235 x 1,695 x 1,675 mm

Transmisi

MT/CVT

Konsumsi BBM

20,2 Km/L

Kapasitas Penumpang

7 Orang

Mesin Toyota Sienta

Tipe

L4 DOHC 16-valve VVT-iE Engine with Start Stop System

Kapasitas Mesin

1.496 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

4 A/T  & 4 speed M/T

Tenaga Maksimum

109 Ps/6000 rpm

Torsi Maksimum

14.6 / 4.400(Kg.m / rpm)

Kaki-Kaki Toyota Sienta

Ban

195/50 R16

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

4 Link

Desain eksterior cukup kokoh

Disc

Rem Belakang

Drum

kelebihan & kekurangan Toyota Sienta 2017

Meski terasa elegan, Sienta memiliki sisi plus dan minus masing-masing. Apa saja itu?

Kelebihan

Kekurangan

Desain elegan

Kursi ketiga terlalu sempit

Irit BBM

Bagi sebagian orang bagasi dirassa kurang luas

Kabin cukup luas

daftar harga Toyota Sienta 2017

Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk membawa pulang Sienta ke garasi rumah?

Tipe Mobil

Harga Toyota Sienta

Toyota Sienta E (MT)

Rp 230 Jutaan

Toyota Sienta E (CVT)

Rp 245 Jutaan

Toyota Sienta G (MT)

Rp 245 Jutaan

Toyota Sienta G (CVT)

Rp 260 Jutaan

Toyota Sienta V (MT)

Rp 260 Jutaan

Toyota Sienta V (CVT)

Rp 275 Jutaan

Toyota Sienta Q (CVT)

Rp 295 Jutaan

Video Toyota Sienta 2017

Anda belum pernah melihat wujud mobil ini? Jangan khawatir karena kami telah mempersiapkan preview viceonya untuk anda. Selamat menyaksikan.

KESIMPULAN Toyota Sienta 2017

Anda penggemar MPV namun ingin tampil beda? Sienta adalah jawabannya. Mobil yang memiliki desain unik nan elegan ini akan sangat cocok bagi anda yang anti mainsterm. Meski demikian, mobil ini sendiri memiliki berbagai fitur yang siap menunjang kemanaan dan keselamatan penggunanya. Bahkan di sisi kabin, fitur yang tersedia juga cukup mumpuni. Dengan harga di bawah 300 jutaan, rasanya Sienta terasa begitu kompetitif mengingat berbagai kelebihan yang ditawarkannya.  Setelah membaca tulisan review Toyota Sienta 2017, apakah Anda tertarik untuk memiliki? Silahkan kunjungi showroom Toyota terdekat di kota anda.

Heri Susannto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil